Upaya Mengembangkan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Kegiatan Tari Glipang Pada Anak Kelompok B Di TK PKK Tunas Bangsa

Dhea Amelia Az-zahro, Terza Travelancya D,P, Ivonne Hafidlatil Kiromi

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data yang kami gunakan yaitu dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di TK PKK Tunas Bangsa yang merupakan salah satu lembaga di Kecamatan Maron. Adapun penelitian ini dilakukan selama satu bulan. Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana Upaya Mengembangkan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Tari Glipang Pada Anak Kelompok B di TK PKK Tunas Bangsa. Hasil yang kami dapatkan dari penelitian ini, ternyata dengan kegiatan tari glipang mampu mengembangkan motorik kasar anak Kelompok B di TK PKK Tunas Bangsa. Anak sudah mampu melakukan kemampuan gerak lakomotor dan non lakomotor, terampil menggunakan tangan kanan dan kiri, mampu melakukan kegiatan kebersihan diri. Langkah-langkah yang dilakukan pada kegiatan tari glipang yaitu guru menyiapkan media pembelajaran atau bahan ajar yang akan disampaikan atau dilatih, guru mengatur barisan anak sesuai dengan jumlahnya (depan dan belakang), demonstrasi meniru gerakan tari glipang (jalan kekanan dan kekiri, jalan ditempat, dan mengayunkan tangan), melakukan observasi terhadap anak

Keywords


Motorik Kasar, Tari Glipang, Anak Usia Dini

Full Text:

PDF

References


Anggraini, D. D. (2022). Perkembangan Fisik Motorik Kasar Anak Usia Dini. Kediri: CV Kreator Cerdas Indonesia.

Arifudin, O., Hasbi, I., Setiawati, E., Ma’sumah, Supeningsih, Lestariningrum, A., et al. (2021). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Bandung: Widina Bhakti Persada.

Arisanti, K. (2017). Al-Qur'an : Telaah Tujuan Pendidikan. Jurnal Keislaman , 3 (1), 61-82.

Ernawati, E., Kurniati, A., & Saleh, R. (2021). Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini Melalui Permainan Kreasi Boi Di Desa Batubanawa Kecamatan Mawasangka Timur Kabupaten Buton Tengah. Jurnal Lentera Anak , 02 (01), 17-30.

Febidyahwati, R. (2021). Kajian Estetika Visual Tari Kiprah Glipang Probolinggo. Judul Kusa Lawa , 1 (1), 1-17.

Fiantika, F. R., Wasil, M., Jumiyati, S., Honesti, L., Wahyuni, S., Mouw, E., et al. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. Padang: PT. Global Eksekutif Teknologi.

Mirantika, D. (2017). Mengembangkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini Melalui Seni Tari Bedana di Taman Kanak-kanak Melati Puspa Tanjung Senang Bandar Lampung. Skripsi. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Nasution, A. F. (2023). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Harfa Creative.

Sa'diyah, H., Wisudaningsih, E. T., & Travelancya, T. (2023). Implementasi Kegiatan Senam Sehat Gembira Dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini di RA Sirajut Thalibin Racek Tiris Probolinggo. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini , 05 (01), 32-38.

Sulistyarini, I. R., & Novianti, N. P. (2012). Wawancara : Sebuah Metode Efektif untuk Memahami Perilaku Manusia. Bandung: CV. Karya Putra Darwati.

Susanti, S. E. (2021). Pembelajaran Anak Usia Dini Dalam Kajian Neurosains. Jurnal Ilmu Teknologi, Kesehatan, dan Humaniora , 2 (1), 53-60.

Susanti, S. E. (2021). Urgensi Pendidikan Karakter Bagi Perkembangan Anak Usia Dini Dalam Pandangan Islam. Jurnal Islam Nusantara , 05 (02), 90-102.

Travelancya, T. (2022). Penerapan Seni Tari Dalam Mengembangkan Motorik Kasar Anak Usia 3-4 Tahun di KB Zainul Hasan Tambelang Krucil Probolinggo. Jurnal Pendidikan Islam , 4 (1), 205-216




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v7i1.9067

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License