Dampak Penggunaan Gawai Dalam Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini (AUD) Di TK Dharma Wanita Maospati Magetan

Sary Rina Naruvita, Imamah Imamah

Abstract


Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif untuk mengumpulkan data melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisisnya menggunakan tiga alur kegiatan, yaitu reduksi data dengan triangulasi sumber dan triangulasi metode, penyajian data, dan validasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak-anak di TK Dharma Wanita Maospati Magetan sudah merasakan dampak dari gawai, tentunya ada sisi positifnya juga. Beberapa anak mempunyai masalah sosial emosional yang terganggu, namun perkembangan kognitifnya disebabkan oleh teknologi. Selain itu, ada anak yang fasih berbahasa Inggris melalui gawai tanpa bantuan orang tuanya, mereka hanya mengamati dan mendengar dari gawainya, selain itu ada juga anak yang sudah mahir menulis dan mengenal huruf dari teknologi melalui bantuan gawai, orang tua mereka atau melalui gawai itu sendiri. Selain itu, ada juga yang terkena dampak negatif seperti insomnia, emosi atau agresi yang tidak terduga, mudah tersinggung, paparan radiasi atau kepekaan. Solusi bagi anak-anak yang sudah bergantung pada gawai adalah: memilih berdasarkan usia, selektif dalam memilih permainan yang menggunakan gawai, mendampingi anak bermain dengan gawai, membatasi jumlah permainan yang boleh dimainkan oleh anak, dan mendorong tindakan positif. Temuan penelitian menunjukkan bahwa kurangnya pengawasan, konsistensi, dan keteladanan orang tua menjadi penyebab anak kecanduan gawai.

Keywords


Gawai, Sosio Emosional, Anak Usia Dini (AUD).

Full Text:

PDF

References


Belinda, N. R., & Surya, L. S. (2021). Media Edukasi Dalam Pendidikan Kesehatan Gigi dan Mulut Pada Anak-Anak. Jurnal Riset Intervensi Pendidikan Vol 3 No 1 Januari 2021, 3(1), 58.

Derry, I. B. A. (2014). Bila Si Kecil Bermain Gadget. Bisakimia.

Elvera dan Astarina, Y. (2021). Metodologi Penelitian. CV Andi Offset.

Ganders, R. (1986). Bercocok Tanam Jamur Merang. CV Pioner Jaya.

Garini. (2017). Pengertian Smartphone. Smartphone For the Smart People. Rohman, 27.

Herdiansyah, H. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif. Humanika.

Huberman, & Milles. (1992). Analisis Data Kualitatif. Universitas Indonesia Press.

Ikatan Dokter Anak Indonesia. (2017). Pedoman Imunisasi Di Indonesia (6th ed.).

Imtihan, M., Habibi, M. M., & Nurhasanah, N. (2022). Studi Kasus Anak-Anak Usia 5-6 Tahun yang Mengalami Gangguan Sosial Emosional Akibat Menggunakan Gadget di Desa Jero Gunung Kecamatan Sakra Barat Tahun 2021. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan.

Jati dan Herawati. (2014). Segmentasi Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi UAJY dalam Menggunakan Gadget.

Jean Piaget. (2002). Tingkat Perkembangan Kognitif. Gramedia.

Muslim, A. (2022). Manfaat Gadget bagi Kehidupan Masyarakat Modern. Guru Binar.

Nashrullah, R. Y. (2023). Perkembangan Gadget dari Awal Hingga Masa Kini. Kompasiana.

Neviyarni, A. (2020). Perkembangan Kognitif, Bahasa, Perkembangan Sosio-Emosional, Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. Inovasi Pendidikan, 7(2), 1–13.

Nuraini, F., & Wardhani, J. D. (2023). Hubungan Durasi Bermain Gadget dengan Perkembangan Sosial Emosional Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.

Rahmawati, A. N., Sitoresmi, D., Azisi, F., & Hudha, K. M. (2019). Pengaruh User Education Terhadap Promosi Koleksi. Jurnal Kajian Perpustakaan Dan Informasi, 3, 131–142.

Semiawan, C. R. (2010). Penelitian Kualitatif : Metode Penelitian Kualitatif. In Jurnal EQUILIBRIUM (Vol. 5, Issue January). Grasindo.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Suwendra, I. W. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Journal Equilibrium.

Ulya, H., & Saridewi. (2022). Dampak Gadget Terhadap Perkembangan Emosional pada Anak Usia 6-7 Tahun di Ujung Gading Jalan Jawa Jorong Brastagi Pasaman Barat. Jurnal Pendidikan Tambusai.

Widiawati, I, Sugiman, H. & E. (2014). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Daya Kembang Anak. E-Journal Keperawatan, 6, 1–6




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v7i1.9120

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License