Pemanfaatan Kulit Singkong (Manihot utilisima) Sebagai Bahan Pakan Ternak Alternatif Di Desa Tuntungan II

Fazira Rahma, Rahmadina Rahmadina, Elan Hardiansyah, Fanya Audi, Annisa Lubis, Eli Hasriana

Abstract


Kulit singkong termasuk dalam kategori sampah organik karena dapat terurai secara alami (busuk atau remuk). Selama ini limbah singkong hanya diolah menjadi kompos, pakan ternak, dan bioenergi. Kegunaan ini karena kulit singkong banyak mengandung karbohidrat. Namun hasil pengolahan tersebut belum memberikan nilai jual yang ekonomis. Menurut Hersoelistyoroni, kandungan karbohidrat pada kulit singkong sebesar 4,55%. Oleh karena itu kulit singkong dapat dimakan manusia. Salah satu alternatif pemanfaatan kulit singkong untuk mengkonsumsi kulit singkong dan meningkatkan nilai ekonomi produk olahannya adalah melalui pemanfaatan bioteknologi yang dapat diterapkan pada skala industri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kandungan nutrisi apa saja yang terdapat pada kulit singkong, cara mengolah limbah kulit singkong yang benar untuk dijadikan bahan alternatif pakan ternak dan mengetahui pengaruh pemberian limbah kulit singkong terhadap pertumbuhan ternak. Penelitian ini menggunakan metode survei dan observasi langsung di lokasi. Penentuan lokasi sampel menggunakan “Purposive Sampling” terpilih 9 responden. Yang diukur adalah produksi kulit singkong, daya dukung limbah kulit singkong untuk sapi potong dan kandungan gizi kulit singkong hasil olahan opak. Olahan kulit singkong buram digunakan setelah dikupas, dikuliti dan dikeringkan. Hasil penelitian menunjukkan produksi kayu kulit singkong kering dari olahan kayu opak di desa Tuntungan II sebesar 161.260,41 ton/tahun. Jika dihitung berdasarkan daya dukung olahan kulit singkong opak, Desa Tuntungan II mampu menampung kurang lebih 2583 ST (unit ternak) atau 2583 ekor sapi dewasa setiap tahunnya. Oleh karena itu, pengolahan kulit singkong menjadi opak di Desa Tuntungan II dapat memenuhi kebutuhan pakan ternak

Keywords


Kulit singkong, Pakan sapi potong, Productie van cassaveschillen

Full Text:

PDF

References


Hanifah, V.W., D. Yulistiani dan S.A.A Asmarasari. 2010. Optimalisasi pemanfaatan limbah kulit singkong menjadi pakan ternak dalam rangka memberdayakan pelaku usaha enye-enye. Seminar Nasional Teknologi Peternakan dan Veteriner.

Hermanto dan Fitriani. 2018. Pemanfaatan Kulit dan Daun Singkong sebagai Campuran Bahan Pakan Ternak Unggas. Indonesian Journal of Industrial Research. Vol 13(2).

L. Nurlaeni. 2022. Review Potensi Kulit Singkong Sebagai Pakan Ternak Ayam Boiler. Jurnal Nutrisi Ternak Tropis dan Ilmu Pakan. Vol 4(1).

Lestari, Dwi., dkk. 2018. Pengaruh limbah kulit singkong (manihot utilisima) terhadap kualitas nata de cassava. Jurnal Pendidikan dan Riset Biologi. Vol 1 (1).

NRC. 1984. Nutrient Requirement of Beef Cattle, National Academy of Science, Washington, DC.

Olla Ona., dkk. 2018. Rancang Bangun Mesin Pengupas dan Pencuci Singkong Tipe Horizontal. Journal of Applied Agricultural Science and Technology. Vol 2(2).

S.Akhadiarto. 2009. Peningkatan Kualitas Limbah Kulit Singkong melalui Penambahan Asam Propionat sebagai Bahan Baku Pakan Ternak. Jurnal Rekayasa Lingkungan. Vol 2(1).

Samadi, Y. Usman dan M. Delima. 2010. Kajian potensi limbah pertanian sebagai pakan ternak ruminansia di Kabupaten Aceh Besar. Agripet. 10(2):45-53.

Smith, O.B., 1988. A review of ruminant responses to cassava-based diets. In: Hahns, S.K., Reynolds, L., Egbunike, G. N (Eds). Cassava as livestock in Afrika.

Zulfatun Anisa., dkk. 2021. Pendampingan Pengolahan Pakan Ternak Melalui Fermentasi di Desa Sidorejo Kecamatan Kenduruan Kabupaten Tuban: Pengabdian Berbasis Participatory Action Research. I-Com : Indonesian Community Journal. Vol 1(1).




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v7i1.9165

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License