Sosialisasi Dampak Limbah Rumah Tangga Sebagai Bentuk Implementasi Dari Pendidikan Lingkungan Hidup Di Desa Tuntungan II

Rahmadina Rahmadina, Della Alfira, Dinda Dian Tiwi, Garibaldi Triyudha, Hidayah Wirdani, Nurharija Awaliah Sifa

Abstract


Sampah singkong yang berasal dari limbah rumah tangga dapat mempengaruhi kualitas air sehingga menyebabkan air tercemar, misalnya air bekas cucian yang mengandung bahan kimia. Eco Enzyme merupakan cairan multifungsi yang dihasilkan dari proses fermentasi selama 3 bulan dengan menggunakan bahan sederhana yaitu gula merah/tetes tebu, limbah atau sampah organik dengan komposisi 1:3:10. Beberapa manfaat Eco Enzyme adalah dapat membersihkan sungai yang tercemar, bersifat antiseptik, menyuburkan tanah dan sebagai pengganti produk kimia rumah tangga sehari-hari. Berdasarkan gambar 4, air saluran pembuangan yang telah diolah dengan ecoenzyme terlihat berwarna kuning cerah, hal ini dikarenakan ecoenzyme terbuat dari gula merah. Ecoenzyme dapat digunakan sebagai bahan antijamur, antibakteri, insektisida dan bahan pembersih. Manfaat ecoenzyme sebagai desinfektan dimungkinkan karena adanya kandungan alkohol dan asam asetat dalam cairannya

Keywords


Sampah Rumah Tangga, Eco Enzyme

Full Text:

PDF

References


Dewi, P. A. V. H., & Sutama, I. W. (2022).

Hasibuan. R, (2016). Analisis dampak limbah/sampah rumah tangga terhadap pencemaran lingkungan. Jurnal ilmiah advokasi, 4 (1), 42-45.

Pengolahan Sampah Organik melalui Konsep Eco Enzyme bagi Rumah Tangga di Desa Dalung Masa Pandemi. Empowerment: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(01), 93-100.

Permatananda, P. A. N. K., Pandit, I. G. S., Cahyawati, P. N., & Lestarini, A. (2023). STUDI LITERATURE POTENSI PENGGUNAAN ECO ENZYME SEBAGAI ALTERNATIF TATA LAKSANA KIMIAWI PADA LIMBAH PEMINDANGAN JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, 11(2), 8-12.

Rahmadani, L., & Sianturi, RL (2021). Dampak limbah rumah tangga terhadap pencemaran lingkungan dikecamatan tanjung morawa. Dalam Seminar nasional peningkatan mutu pendidikan (Vol. 2, No. 1, hlm, 97-100).

Viza, R. Y. (2022). Uji organoleptik eco- enzyme dari limbah kulit buah. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains, 5(1), 24-30.

Zultaqawa dkk. (2023). Manfaat eco enzym pada lingkungan. Journal CRANE, vol 4, No 2 , 10-11.




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v7i1.9169

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License