Relevansi Konsep Tarbiyah Menurut Imam Ghazali dalam Pendidikan Agama Islam Kontemporer

Moh. Jupri, Edi Kurniawan Farid, Baharuddin Zaini

Abstract


Studi ini mengulas relevansi konsep tarbiyah menurut Imam Ghazali dalam konteks pendidikan agama Islam kontemporer. Imam Ghazali memandang tarbiyah sebagai proses pengembangan karakter dan keadilan perorangan untuk bertaqarrub kepada Allah SWT. Menurut perspektif pendidikan Imam Ghazali mengingatkan akan pentingnya pendidikan agama dan akhlak untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran spiritual terhadap Allah SWT. Penelitian ini menggunakan riset berbasis pustaka dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan menurut Imam Ghazali fokus pada pengembangan karakter, keadilan, dan pemahaman agama, dengan tujuan utama ber-taqarrub kepada Allah SWT. Pendidikan Islam kontemporer dapat memperoleh panduan berharga dari konsep tarbiyah Imam Ghazali ialah agar dapat menumbuhkan kesadaran spiritual bagi setiap individu dan karakter yang baik dalam kehidupan sehari-hari. Kajian ini dapat memberikan pandangan yang mendalam tentang konsep tarbiyah menurut Imam Ghazali dapat diaplikasikan dalam konteks pendidikan agama Islam saat ini, Sebagai landasan untuk menumbuhkan akhlak terpuji dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menggali implementasi praktis konsep ini dalam sistem pendidikan Islam kontemporer.

Keywords


Pendidikan, Imam Ghazali, Ilmu Pengetahuan, kontemporer

Full Text:

PDF

References


Çaviş, Fatima. 2022. “Islamic Theology of Revelation Read in Terms of Religious Education.” Religionspädagogische Beiträge 45 (1): 33–44. https://doi.org/10.20377/rpb-129.

Fatahillah, Fatahillah, Mustopa Mustopa, Ahmad Hapidin, Hisam Ahyani, and Ahmad Zulfi Fahmi. 2023. “Eksistensi Etika Islam Dalam Bingkai Moderasi Akhlak Berbasis Agama Di Indonesia Perspektif Imam Ghazali.” Empirisma: Jurnal Pemikiran Dan Kebudayaan Islam 32 (1): 109–24. https://doi.org/10.30762/empirisma.v32i1.721.

Fayzulloeva, M. Sh. 2022. “Moral Qualities in the Teachings of Al-Ghazali.” International Journal of Social Science and Economics 2 (1): p3. https://doi.org/10.22158/ijsse.v2n1p3.

Hania, Irfan, and Suteja. 2021. “Pendidikan Perspektif Al-Ghazali Dan Ibn Rusyd Serta Relevansinya Di Abad 21.” HEUTAGOGIA: Journal of Islamic Education 1 (2): 121–30. https://doi.org/10.14421/hjie.2021.12-10.

Lubis, MelliFera. 2023. “Relevansi Konsep Pendidikan Islam Al-Ghazali Terhadap Pendidikan Islam Kontemporer.” Islamijah: Journal of Islamic Social Sciences 4 (3): 226. https://doi.org/10.30821/islamijah.v4i3.12845.

Mariyo, Mariyo. 2023. “Konsep Pemikiran Imam Al Ghazali Dalam Relevansi Pola Pendidikan Islam Indonesia Dalam Era Globalisasi.” Journal on Education 5 (4): 13045–56. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2304.

Nuzulia, Atina. 2020. “KONSEP PENDIDIKAN AL-GHAZALI DAN RELEVANSINYA DALAM SISTEM PENDIDIKAN DI INDONESIA.” Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 5–24.

Putra, Ary Antony. 2017. “Konsep Pendidikan Agama Islam Perspektif Imam Al-Ghazali.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 1 (1): 41–54. https://doi.org/10.25299/althariqah.2016.vol1(1).617.

Rizqi, Imam Hanafi and Hanifatur. 2022. “Al-Ghazali ’ s Educational Thought Model ( Islamic Educational Philosophical Approach ) Pemikiran Pendidikan Model Al-Ghazali ( Pendekatan Filsafat Pendidikan Islam ).” Formosa Journal of Multidisciplinary Research 1 (7): 1435–46.

Salaeh, Arri, Nawawee Saha, Nurul Khair, Djabir Abdoulaye Djabir, and Popoola Kareem Hamed. 2023. “Character Education Concepts Based on Al-Ghazali’s Perspective in Ihya’ Ulumuddin.” Southeast Asian Journal of Islamic Education 5 (2): 231–41. https://doi.org/10.21093/sajie.v5i2.6398.

Tabroni, Imam, Muhammad Naafi’ul, Nur Azizah, and Puja Fauzia Rizqita. 2022. “CONTEMPORARY ISLAMIC EDUCATION: OPPORTUNITIES AND CHALLENGES IN SOCIETY ERA 5.0.” At-Tahsin : Jurnal Manajemen Pendidikan 2 (1): 17–26. https://doi.org/10.59106/attahsin.v2i1.58.

As-Said, Muhammad. Filsafat Pendidikan Islam. Yogyakarta: Mitra Pustaka, 2011

Siti Maryam (2022), Pendidikan agama Islam dalam prespektif psikologi dan tasawuf, Jurnal pendidikan Islam Bahtsuna, Vol 4 No 2

Zuhri, Moh (2011) Terjemahan kitab Ihya’ Ulumuddin (Menghidupkan ilmu-ilmu agama Islam). Semarang: CV Asy-Syifa’, 2011




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v7i1.9253

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License