Sosialisasi Perbanyakan Jamur Trichoderma Pada Lahan Kelapa Sawit Di Desa Kwala Pesilam, Kabupaten Langkat

Robi Alisyahbana Sinuraya, Reza Ashari, Surya Achmad Rambe, Fadhillah Martua Lubis, Moreno Fransaro Mendrofa, Albertus Halawa, Habib Handoko, Ananda Apri Anata, Musdalifah Kherunnisa, Nurliana Nurliana, Maisarah Maisarah

Abstract


Kelapa sawit, sejenis tanaman tropis, diyakini berasal dari Nigeria (Afrika Barat) karena awalnya ditemukan di hutan belantara negara tersebut. Pada tahun 1848, kelapa sawit pertama kali diperkenalkan di Indonesia oleh seorang warga Belanda yang membawanya dari Mauritius Amsterdam. Tanaman kelapa sawit memiliki penyakit yang bernama ganoderma yang telah banyak membunuhnya. Untuk mencegah masalah ini, salah satu langkah preventif yang dapat diterapkan adalah mengintroduksi jamur trichodema sp ke dalam lubang tanam kelapa sawit. Mahasiswa ITSI melakukan sosialisasi di aula kantor Desa Kwala Pesilam, Kabupaten Langkat mengenai cara perbanyakan jamur trichoderma dan pengaplikasiannya. Dengan adanya sosialisasi yang dilakukan oleh mahasiswa ITSI. Masyarakat yang sebelumnya belum mengetahui cara sederhana mengatasi penyakit ganoderma menjadi tahu dengan penerapan dan praktek yang telah disosialisasikan oleh mahasiswa ITSI


Keywords


Ganoderma, kelapa sawit, trichoderma sp

Full Text:

PDF

References


Denada, V. and Kristanti, I. 2013, Studi Potensi Bioherbisida Ekstrak Daun Ketapang ( Terminalia catappa) Terhadap Gulma Rumput Teki (Cyperus rotundus L.). Institut Teknologi Sepuluh November.

Fauzi, Y. 2012. Kelapa Sawit. Penebar Swadaya. Jakarta

Khairunnisa. 2018. Uji Efektivitas Bioherbisida Ekstrak Daun Ketapang, Mahoni, Dan Kerai Payung Terhadap Cyperus Rotundus L. Fakultas Pertanian. Universitas Lampung. Lampung

Kusnendar, D. A., Sembodo, D.R.J. dan Susanto, H. 2013 Respons Gulma Terhadap Lama Fermentasi Cairan Pulp Kakao Sebagai Bioherbisida. Fakultas Pertanian. Universitas Lampung. Lampung.

Kusuma, A.V.C., Chozin, M.A., dan Guntoro, D. 2016. Senyawa Fenol dari Tajuk dan Umbi Teki (Cyperus rotundus L.) pada Berbagai Umur Pertumbuhan serta Pengaruhnya terhadap Perkecambahan Gulma Berdaun Lebar. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Pahan, I. 2006. Panduan Lengkap Kelapa Sawit : Manajemen Agribisnis Dari Hulu Hingga Hilir, Penebar Swadaya. Jakarta.

Pebriani, Linda, R. Dan Mukarlina. 2013. Potensi Ekstrak Daun Sembung Rambat (Mikania micrantha H.B.K) Sebagai Bioherbisida terhadap Gulma Maman Ungu (Cleome rutidosperma D.C) dan Rumput Bahia (Paspalum notatum Flugge). Fakultas MIPA. Universitas Tanjungpura. Pontianak.

Prasetyo, H dan Zaman, S. 2016. Pengendalian Gulma Perkebunan Kelapa Sawit (Elaeis guineensis Jacq.) di Perkebunan Padang Halaban, Sumatera Utara. Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Yulifrianti, E., Linda, R,. Dan Lovandi, I. 2015. Potensi Alelopati Ekstrak Serasah Daun Mangga (M. indica L.) Terhadap Pertumbuhan Gulma Rumput Grinting (C. dactylon L.) Press. Fakultas MIPA. Universitas Tanjungpura.




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v6i2.9309

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License