EFEKTIVITAS MULTIMEDIA INTERAKTIF ARTICULATE STORYLINE TERHADAP HASIL DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA

Sri Hadi Ningsih, Ari Sunandar, Hanum Mukti Rahayu

Abstract


Salah satu upaya yang dapat meningkatkan hasil dan aktivitas belajar siswa adalah dengan menggunakan media pembelajaran yang interaktif yaitu multimedia interaktif articulate storyline . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas multimedia interaktif mengartikulasikan alur cerita terhadap hasil dan aktivitas belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu Quasy Experimental Design dengan rancangan Nonequivalent Control Grup Design . Perlakuan dikelas eksperimen (IX A) menggunakan multimedia interaktif articulate storyline dan dikelas kontrol (IX B) menggunakan Power Point . Pengumpulan data menggunakan tes berupa butir soal dan observasi aktivitas belajar. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh menggunakan Uji-t bahwa hasil belajar memiliki perbedaan yang signifikan sebesar 0,000 dan aktivitas belajar menggunakan Uji- U Mann-Whitney terdapat perbedaan yang signifikan sebesar 0,030. Berdasarkan hasil Effect Size diperoleh hasil belajar siswa sebesar 58,9% (nilai Effect Size 1,1) dan belajar aktivitas siswa sebesar 38,2% (nilai Effect Size 0,63).


Keywords


Aktivitas belajar; Articulate storyline; Hasil belajar; Multimedia interaktif

Full Text:

PDF

References


Adisti, M., Qurbaniah, M., & Rahayu, H. M. (2023). Efektivitas Media Articulate Storyline terhadap Minat dan Retensi Siswa pada Materi Biologi SMA Taman Mulia. 12(2), 23–32.

Audina, M., Setiadi, A. E., & Kahar, A. P. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Flash Materi Sel Kelas XI Di SMAS Kemala Bhayangkari. Bioeducation, 6(2), 30–36.

Chatarina Eka Berliyanti Putri, Sunaryo, & Sonny Kristianto. (2022). Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif Articulate Storyline dengan Media Powerpoint Terhadap Hasil Belajar Materi Substansi Genetika Siswa Kelas XII. Journal of Natural Sciences and Learning, 1(1), 30–39.

Csikar, E., & Stefaniak, J. E. (2018). The utility of storytelling strategies in the biology classroom. Contemporary Educational Technology, 9(1), 42–60.

Darnawati, D., Jamiludin, J., Batia, L., Irawaty, I., & Salim, S. (2019). Pemberdayaan Guru Melalui Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Dengan Aplikasi Articulate Storyline. Amal Ilmiah : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 8.

Durrotunnisa, & Nur, H. R. (2020). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu,. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532.

Education, I. L. (2020). Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline 3. 6(1), 84–92.

Fatmala, D., & Yelianti, U. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Berbasis Android Pada Materi Plantae Untuk Siswa Sma Menggunakan Eclipse Galileo. Biodik, 2(1).

Hafiedz, R., & Nurhamidah, D. (2023). MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF ARTICULATE STORYLINE. 54–64.

Hayati, N., Istyadji, M., & Putri, R. F. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Articulate Storyline pada Materi Kalor dan Perpindahannya untuk SMP/MTs Kelas VII. Indonesian Journal of Science Education and Applied Science, 2(2), 43.

Hendri, N., & Anugrah, S. (2019). Development of Web-Based Materials Using Moodle Applications in E-learning System. Atlantis-Press.Com, 372(ICoET), 272–275.

Kiptiyah, M., Munoto, M., Basuki, I., & Ismayati, E. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Articulate Storyline 3 Pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Teknik Ketenagalistrikan Di Smkn 1 Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 11(03), 389–397.

Modern, P. (2021). Pembelajaran Modern : Membekali Peserta Didik Keterampilan Abad Ke-21. 4(1), 93–114.

Novianto, L. A., Degeng, I. N. S., & Wedi, A. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Sistem Peredaran Darah Manusia Untuk Kelas VIII SMP Wahid Hasyim Malang Lukman Arief Novianto, I Nyoman Sudana Degeng, Agus wedi. JKTP: Jurnal Kajian Tekonologi Pendidikan, 1(3), 257–263.

Pratama, R. A. (2019). Media Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline 2 Pada Materi Menggambar Grafik Fungsi Di Smp Patra Dharma 2 Balikpapan. Jurnal Dimensi, 7(1), 19–35.

Rahayu, H. M., Setadi, A. E., Studi, P., Biologi, P., Keguruan, F., Pendidikan, I., & Pontianak, U. M. (2024). Uji Kevalidan Media Edugame Berbasis Android sebagai Penunjang Pembelajaran Materi Virus Kelas X SMAS Mujahidin Pontianak. Bioed: Jurnal Pendidikan Biologi, 12(1), 57–63.

Rahayu, N., Mulyono, H., & Mary, T. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Animasi Menggunakan Articulate Storyline. Jurnal Pendidikan Tambusa, 7(1), 1764–1770.

Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 Dan Penerapannya Di Indonesia Restu Rahayu 1  , Sofyan Iskandar 2 , Yunus Abidin 3. 6(2), 2099–2104.

Rohman, Z. F., Sofyaningsih, V., & Azis, D. K. (2023). Peningkatan hasil belajar siswa sekolah dasar menggunakan media articulate storyline 3. Educational Technology for Elementary School, 1(1), 25–46.

Safira, A. D., Sarifah, I., & Sekaringtyas, T. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Articulate Storyline Pada Pembelajaran Ipa Di Kelas V Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2), 237–253.

Sari, R. K., & Harjono, N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Tematik Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(1), 122.

Setyaningsih, S., Rusijono, R., & Wahyudi, A. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kerajaan Hindu Budha di Indonesia. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 20(2), 144–156.

Topano, A., Asiyah, A., & Revola, Y. (2022). Peningkatan Aktivitas Belajar Mahasiswa Melalui Media Pembelajaran IPA Berbasis Multimedia Interaktif. Jurnal Basicedu, 6(3), 5423–5434.

Yasin, A. N., & Ducha, N. (2017). Kelayakan Teoritis Multimedia Interaktif Berbasis Articulate Storyline Materi Sistem Reproduksi Manusia Kelas Xi Sma. BioEdu, 6(2), 169–174.




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v7i2.9411

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License