PENGARUH PEMBERIAN AMPAS TEH TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq) DI MAIN NURSERY

Hari Gunawan, Marzuti Isra, Guntoro Guntoro, Maisarah Maisarah, Mhd. Iqbal Aulia

Abstract


Indonesia merupakan produsen minyak kelapa sawit terbesar didunia serta industrinya telah menjadi andalan. Ampas teh memiliki kandungan senyawa-senyawa bermanfaat seperti polifenol, tehofilin, flavonoid, tanin, vitamin C dan vitamin E serta sejumlah mineral Zn, Se, Mo, Ge, dan Mg. Kandungan ampas teh yang berupa mineral tersebut merupakan unsur-unsur esensial yang sangat dibutuhkan oleh tanaman. Limbah ampas teh mengandung serat kasar, selulosa dan lignin, berbagai macam mineral seperti karbon organik, Tembaga (Cu) 20%, Magnesium (Mg) 10%, dan Kalsium (Ca) 13%. Kandungan tersebut dapat membantu pertumbuhan tanaman. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh pemberian ampas teh terhdap pertumbuhan tanaman kelapa sawit (Elaesgiuneensis jacq) di main nursery. Penelitian ini dilaksanakan di kebun percobaan ITSI Medan. Penelitian ini menggunakan metode Rancangan Acak Kelompok Non Faktorial (RAK Non Faktorial) terdiri dari 4 perlakuan dengan 6 ulangan sehingga total sampel keseluruhan 24 bibit. Parameter yang diamati adalah tinggi bibit, diamter batang, jumlah daun, berat basah akar, berat kering akar, analisa tanah awal dan analisa tanah akhir. Data yang diperoleh dianalisis secara statistik dengan uji DMRT (Duncan’s Multiple Range Test) dan analysis of variance (ANOVA) dengan uji beda nyata 5% dan 1%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemberian aplikasi ampas teh berpengaruh nyata pada pertumbuhan tanaman tinggi tanaman dengan nilai rataan tertinggi di minggu 24 MST, sedangkan pada diameter batang, jumlah daun, berat basah akar dan berat kering akar menunjukkan hasil tidak nyata terhadap bibit kelapa sawit.

Keywords


Kelapa Sawit;Perkebunan;Ampas Teh;Tanaman

Full Text:

PDF

References


Afrizal Hasibuan, P. B. (2022) Pengaruh Macam Bahan dan Konsentrasi Compost Tea terhadap Pertumbuhan Bibit Kelapa Sawit di Pre Nursery.

Agusti D. A. (2017) Studi pertumbuhan dan produksi jamur tiram putih (pleurotus ostreatus) pada formulasi media tumbuh serbuk ampas tebu dan ampas teh.

Alvi, B. A. (2018). Pemanfaatan Beberapa Jenis Urin Ternak Sebagai Pupuk Organik Cair Dengan Konsentrasi Yang Berbeda Pada Tanaman Kelapa Sawit (Elaeis Guineensis Jacq.) Di Pembibitan Utama.

Darmosarkoro, A. S. S. 2008. Pembibitan Kelapa Sawit. Pusat Penelitian Kelapa Sawit. Medan.

Fajar R. A. (2013). Pemanfaatan ampas tebu dan ampas teh sebagai media tanam terhadap pertumbuhan tanaman cabai merah keriting (capsicum annum l.) ditinjau dari intensitas penyiraman air teh.

Gultom, A. G. (2019). Pengaruh Pemberian Ampas Teh Terhadap Pertumbuhan Dan Hasil Tanaman Kacang Panjang (Vigna sinensis L.). Journal of Chemical Information and Modeling, 1689–1699.

Halisah S. (2023) pengaruh pemberian ampas teh terhadap pertumbuhan tinggi tanaman hias sri rejeki (aglaonema royal ripple.

Hardiatmi, C. S. (2017). Pengaruh Macam Limbah Minuman dan Komposisi Media. Universitas Slamet Riyadi Surakarta. Agroteknologi.

Herman, F. A. (2009). Analisis Finansial dan Keuntungan Yang Hilang Dari Pengurangan Emisi Karbon Dioksida Pada Perkebunan Kelapa Sawit.

Ir. Novizan ,2002.pertunjuk pempukan yang efektif penerbit pt agromedia pustaka.

Ir. Sunarko, M. S. (2014). Budidaya kelapa Sawit di Berbagai Jenis Lahan. PT AgroMedia Pustaka Jakarta Selatan.

Mega Hariani, H. A. (2013). Pengaruh Ampas Teh Tjap Daun Terhadap Produksi Tanaman Kacang Tanah (Arachis Hypogaea L.) dan Pengembangan Sebagai Media Pembelajaran.

Miranti Sari Fitriani, J. E. (2018). Ibm Dasa Wisma Budidaya Stroberi Lokal. Jurnal Karya Abdi Mastarakat , Volume 2,, 76-81.

Monika Markus, A. A. (2019) pengaruh ampas teh dan air kelapa muda terhadap pertumbuhan dan produktivitas tanaman sawit (Brassica juncea L).

Muhammad H. A. (2020) pengaruh kombinasi ampas teh dan leri pada sifat kimia ultisol terhadap produksi tanaman cabai rawit.

Rahma Z. F. (2020) Pengaruh pemberian ampas teh dan MSG terhadap pertumbuhan tanaman cabai (Capsicum sp.).

Ramli, T. S. (2013). Analisis Dampak Konversi Tanaman Teh Ke Tanaman Kelapa Sawit Pada PT. Perkebunan Nusantara Iv Marjandi Terhadap Tingkat Kesejateraan Masyarakat.

Sundari, D. B. (2009). Toksisitas Akut (Ld50) dan Uji Gelagat Ekstrak Daun Teh Hijau (Camellia Sinensis, (Linn) Kunze) Pada Mencit. Media Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan.

Suriana, N. (2019). Budidaya Tanaman Kelapa Sawit . Bhuana Ilmu Populer .

Widodoro, A. A. (2013). Berkebun Kelapa Sawit si Emas Cair. PT Agromedia Pustaka Jakarta Selatan.

Yan Fauzi, Y. E. (2012). Kelapa Sawit. Penerbit Penebar Swadaya jl.. Raya Bogor Km 30 Depok Kelapa Sawit.




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v7i2.9488

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License