Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Dalam Film “Sang Kiai” Karya Rako Prijanto

Anis Lisayanti Mei Anggraini, Imam Muttaqin, Muhammad Hifdil Islam

Abstract


Film merupakan salah satu bentuk komunikasi modern yang efektif, berperan sebagai sarana hiburan sekaligus karya seni audiovisual yang menyajikan cerita, adegan, dan karakter. Selain itu, film juga menjadi alat untuk menyampaikan pesan moral yang mampu mempengaruhi sikap, pemikiran, dan memperluas pengetahuan penonton. Contoh konkretnya adalah film "Sang Kiai" karya Rako Prijanto, yang menyimpan makna dan nilai-nilai pendidikan islam yang relevan dalam film tersebut. Sebagai peneliti, saya ingin mengidentifikasi nilai-nilai pendidikan Islam yang relevan dalam film tersebut. Penonton dapat mengambil hikmah dan pesan moral dari film ini, yang kemudian dapat diterapkan dalam kehidupan nyata. Untuk menyelesaikan penelitian ini, saya melakukan kajian secara manual melalui dokumen, arsip, dan sumber lainnya, dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Berdasarkan fokus penelitian ini, ditemukan hasil yang mencakup nilai-nilai aqidah, ibadah, dan moral. Contoh nilai aqidah dalam film ini terdapat pada adegan ke-7, yang berkaitan dengan kepercayaan kepada Tuhan, serta pada adegan ke-11 tentang ketulusan. Nilai ibadah dicontohkan pada adegan ke-8 yang membahas larangan mencampurkan kebenaran dengan kebohongan. Sementara itu, nilai moral dalam film ini, misalnya, mencakup tindakan membantu sesama yang ditampilkan pada adegan ke-5 tentang pengabdian kepada orang tua

Keywords


Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Dalam Film “Sang Kiai” Karya Rako Prijanto

Full Text:

PDF

References


Abdul Mujib dan Mudzakkir,(2010). Ilmu pendidikan islam, Jakarta : Kencana Prenada Mebeliau.

Abu Ahmadi Dkk. Ilmu Pendidkan (Jakarta. PT RINEKA CIPTA, 2015) Ahmad Tafsir. Ilmu pendidikan dalam perspektif islam.(Bandung PT Remaja Rosdakarya1992)

Afifuddin dan Beni Ahmadi Saebani, (2012). Metode Penelitian Kualitatif, CV. Bandung : Pustaka Setia, Cet II.

Arifin Yanuar. (2018). Pemikiran Pemikiran Emas Para Tokoh Pendidikan Islam dari Klasik Hingga Modern. Yogyakarta : Ircisode.

Hidayah, N. (2019). Penerapan Nilai Dalam Pendidikan Islam. Jurnal Mubtadiin, 5(02), 31-41.

Ishomuddin Hadziq, (2012). K.H. Hasyim Asya’ari Fitur Ulama & Pejuang Sejati, Jombang : Pustaka Warisan Islam Tebuireng.

Moleong, L. J. (2017). Metode penelitian kualitatif, Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 17.

Putri, B. D. D. (2021). DAFTAR PUSTAKA Abdul Mustaqim. Akhlak Tasawuf.(yogyakarta. Kaukaba Dipantara 2013)

Rohimah M.Noor, (2010). K.H. Hasyim Asya’ari Memoderasi NU & Pendidikan Islam. Jakarta : Grafindo Khasanah ilmu.

Syamsyuddin,(2016). Sejarah dakwah, Bandung : Simbosi Rekatama Media.

Binti Maunah. ilmu pendidikan (Yogyakarta: Penerbit Teras. 2009) Binasmaini. peran masyarakat memberikan motivasi remaja dalam melaksanakan kegiatan keagamaan didesa talang padang kabupaten kaur.

Widoyoko, J., Triana, D., & Rouf, A. (2019). Hubungan Antara Perhatian Orang Tua Dengan Disiplin Belajar Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Mojokerto Pada Tahun Pelajaran 2019/2020. Arsy: Jurnal Studi Islam , 3 (2), 145-154.

Mubasyaroh, M. (2017). Strategi Dakwah Persuasif dalam Mengubah Perilaku Masyarakat. Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies, 11(2), 311-324




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v7i2.9623

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License