Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran STAD Berbantuan LKS Word Square di SMP Negeri 1 Kambera

Ferdi Umbu Hoki Hamataku, Anita Tamu Ina, Audrey Luoise Makatita

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperbaiki prestasi belajar siswa dengan menerapkan model kooperatif STAD bersama dengan LKS Word Square. Penelitian ini dilakukan dalam tiga tahap siklus: pra siklus, siklus I, dan siklus II, dengan melibatkan total 32 siswa di kelas VIII C SMP Negeri 1 Kambera. Metode pengumpulan data mencakup tes pilihan ganda (posttest), observasi, dan dokumentasi. Pada tahap awal sebelum penerapan model pembelajaran STAD, rata-rata nilai kognitif siswa adalah 61,25, dimana hanya 19% siswa yang mencapai KKM, sementara 81% siswa tidak mencapainya, yang menandakan hasil yang rendah. Selain itu, pada tahap pra siklus, hasil belajar afektif memiliki rata-rata skor sebesar 54,95, dengan hanya 12,5% siswa yang berhasil mencapai nilai tuntas dan 87,5% siswa yang belum mencapainya. Siklus I menunjukkan peningkatan, dengan rata-rata nilai kognitif 77,5 dan 56% siswa yang mencapai KKM dan 44% siswa yang belum mencapainya. Selain itu, hasil belajar afektif rata-rata mencapai 80,21, dengan 81,25% siswa yang berhasil mencapai nilai tuntas dan 18,75% siswa yang belum mencapai KKM. Pada siklus II, ada peningkatan lagi, dengan rata-rata nilai kognitif 90, di mana 93% siswa mencapai KKM dan 7% siswa yang belum mencapai KKM. Dengan demikian, secara keseluruhan, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model kooperatif STAD bersama dengan LKS Word Square telah berhasil meningkatkan prestasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Kambera dalam pembelajaran materi sistem pernapasan manusia

Keywords


Model Kooperatif STAD, LKS Word Square, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Agustina, D. K., Zen, S., Dede Cahyati Sahrir, S. P. I., Fadhila, F., AK, A., Vertygo, S., ... & Arianto, S. (2021). Teori Biologi Sel. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

ANISA, M. R. (2021). Rencana Pembelajaran Semester (Rps) Buku Ajar Dan Penuntun Praktikum Mata Kuliah Fisiologi Tumbuhan (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung).

Bakhtiar, N. (2018). Biologi Dasar Terintegrasi. Fakhriyah, F., Rusilowati, A.,Nugroho, S. E., & Saptono, S. (2023). Bahan Ajar Biofisika Berbasis Literasi Sains. Penerbit NEM.

Febriani, H., & Rahmadina, R. (2017). Buku Biologi Sel Unit Terkecil Penyusun Tubuh Makhluk Hidup.

Harry Murti, dkk.2007. Regulasi Siklus Sel: Kunci Sukses Somatic Cell Nuclear Transfer. cdk vol. 34 no. 6/159 Nov - Des.

Muslim, C. (2003). Biologi Molekuler Sel. Bengkulu : Jurusan Biologi Universitas Bengkulu.

Oppenheimer, S.B. (1980). Introduction to Embryone Development, Boston: Allyn and Baccon, Inc.

Shahib, M. (2000). Molekul Seluler Bertasbih. Bandung : PT. Al Ma’arif.

Silbernagl, Stefan. 2000. Atlas Berwarna dan Teks Fisiologi. Edisi pertama. Stuttgat, Germany. Hal: 1-21.

Silbernagl, Stefan. 2007. Atlas Berwarna dan Teks Patofisiologi. Edisi pertama. Stuttgat, Germany. Hal: 1-19.

Soerodikoesoemo, Wibisono dan Sri Woelaningsih Sentosa (1987). Anatomi Tumbuhan, Jakarta : Karunika,

Subowo (1995). Biologi Sel. Bandung : Angkasa.

Sudarwati , S. (1993). Biologi Perkembangan, Bandung : PAU Bidang Ilmu Hayati ITB




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v7i2.9649

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License