Penerapan Laporan Keuangan Pada UKM Di Kecamatan Patumbak Kabupaten Deli Serdang

Muhammad Rizaldy Wibowo, Nova Azahra, Nicky Astria Hutapea

Abstract


Laporan Keuangan menyajikan informasi  tentang posisi keuangan suatu perusahaan. Informasi akuntansi ini mempunyai pengaruh yang sangat penting  bagi Usaha mikro, kecil dan menengah ( UKM ) dalam pencapaian keberhasilan usaha. Namun sebagian besar  usaha mikro dan usaha  kecil  tidak memiliki pengetahuan  akuntansi  dan tidak memahami pentingnya pencatatan dan pembukuan bagi kelangsungan usaha. Pengusaha Mikro dan  kecil beranggapan bahwa akuntansi tidak terlalu penting untuk diterapkan, untuk itu perlu diadakan penelitian untuk dapat mengungkapkan pemahaman dan penerapan pencatatan keuangan bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UKM). Model penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, dimana yang menjadi  subjek penelitiannya adalah pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UKM) yang ada di kecamatan Patumbak. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengabsahan data menggunakan triangulasi sumber dengan mengumpulkan data menggunakan data dan informasi sejenis dari berbagai sumber yang berbeda. Hasil  penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman pelaku usaha UKM terhadap pencatatan laporan keuangan di Kecamatan Patumbak terbilang masih rendah hal ini dikarenakan oleh keterbatasan skill Sumber Daya Manusia (SDM) nya, keterbatasan waktu  dan kurangnya pengetahuan yang dimiliki pelaku usaha. Pengelolaan pencatatan laporan keuangan yang diterapkan pelaku usaha juga masih belum optimal, karena tidak semua  pelaku usaha menerapkan pencatatan dan membuat laporan keuangan.Luaran penelitian ini  adalah (1) artikel ilmiah dan (2) publikasi pada jurnal nasional dengan Tingkat Kesiapan Tekhnologi (TKT) level tiga

Keywords


Penerapan ; Laporan Keuangan ; UKM

Full Text:

PDF

References


Diyana, Ita Yustian Free., Analisis Pengelolaan Keuangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) studi Kasus Pada Asosiasi Batik Mukti Manunggal Kabupaten Sleman. Skripsi: Universitas Santa Dharma Yogyakarta, 2017.

Effendi, Rizal., Accounting Principles Prinsip-Prinsip Akuntansi Berbasis SAK ETAP. Depok: PT Rajagrafindo Persada, 2014.

Herdiansyah, Haris., Wawancara, Observasi, Dan Focus Groups Sebagai Instrumen Panggilan Data Kualitatif. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada, 2013.

Indriani, Epi., Akuntansi Untuk Orang Awam dan Pemula. Jakarta: Perpustakaan Nasional RI: Katalog Dalam Terbitan (KDT).

Kasmir., Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2013.

Litfiaazahra, Alifa., Implementasi Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa AKuntabilitas Publik (SAK ETAP) Pada UMKM Pengrajin Batik di Kampoeng Batik Laweyan Surakarta. Skripsi: Universitas Sebelas Maret Surakarta, 2015.

Miles, Matthew B., A. Michaeal Huberman., Analisis Data Kualitatif terjemah Tjejep Rohendi Rihindi. Jakarta: Universitas Indonesia, 1992.

Mulyawan, Setia., Manajemen Keuangan. Bandung: CV Pustaka Setia, 2015. Priyati, Novi., Pengantar Akuntansi. Jakarta: Permata Putri Media,2013.

Rianti, Ayu Agus., Doni, Swadarma., Pembukuan Sederhana Usaha Dagang dan Jasa (untuk perusahaan kecil dan menengah). Jakarta: Laskar Aksara, 2012.

Rukmini,Rizaldy., Model recruitmen Karyawan Pada Bisnis Ritel di Kota Medan, 2021

Rukmini, Rizaldy., Kebijakan Pemberdayaan UKM Wisata Kuliner Di Desa Sigara Gara Kabupaten Deli Serdang,2023

Sugiyono.2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v7i1.9665

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License