Hubungan Kepatuhan Minum Obat Dengan Tekanan Darah Pasien Hipertensi Di Puskesmas Ujong Fatihah Kabupaten Nagan Raya

Anggi Maulida Sari, Zakiyah Zakiyah, Riska Maulinda

Abstract


Ketidakpatuhan minum obat adalah penyebab utama kegagalan terapi hipertensi. Hipertensi telah mengakibatkan kematian sekitar 8 juta orang setiap tahun, di dunia 1,5 juta kematian terjadi di Asia Tenggara yang 1/3 populasinya menderita hipertensi. Secara nasional hasil menunjukkan Prevelensi hipertensi di Indonesia melalui pengukuran pada usia 18 tahun sebesar 34,11%. Berdasarkan data provinsi Aceh terdapat 464.839 jiwa penderita hipertensi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kepatuhan minum obat dengan tekanan darah pasien hipertensi di Pukesmas Ujong Fatihah. Metode: Metode penelitian ini adalah analitik korelatif dengan pendekatan cross sectional study dengan jumlah sampel 90 responden dengan teknik accidental sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan uji Chi-Square dengan hasil analisa bivariat pada pasien dengan kepatuhan kepatuhan minum obat terhadap tekanan darah pasien hipertensi dengan kategori rendah terdapat 8 responden dengan prehipertensi, 55 responden dengan stadium I dan 3 responden stadium II. Namun, bila dilihat pada pasien dengan kepatuhan minum obat tinggi terdapat 3 responden normal dan tidak ditemukan responden dengan hasil tekanan darah prehipertensi, hipertensi stadium I dan hipertensi stadium II pada pasien dengan kepatuhan minum obat hipertensi tinggi. Berdasarkan hasil analisis data ada hubungan yang signifikan antara variable kepatuhan minum obat terhadap variabel tekanan darah pada pasien hipertensi di puskesmas Ujong Fatihah Kecamatan, Kuala Kabupaten Nagan Raya dengan p-value 0,000 (p-value<0,05)

Keywords


Kepatuhan minum obat, hipertensi

Full Text:

PDF

References


Andrianto. (2022). Buku Ajar Menangani Hipertensi (M. Ardiana (ed.)). Airlangga University Press.

Anwar, K & Masnina, R. (2019). Hubungan Kepatuhan Minum Obat Antihipertensi Dengan Tekanan Darah Pada Lansia Penderita Hipertensi Di Wilayah Kerja Puskesmas Air Putih Samarinda. Borneo Student Research. 1 (1): pp 494-501.

Ayuchecaria, N., Khairah, S. N., dan Feteriyani, R., 2018. Tingkat Kepatuhan Minum obat Pasien Hipertensi Di Puskesmas Pekauman Banjarmasi. Jurnal Insan Farmasi Indonesia.

Cahyani, F.M. (2018). Hubungan Kepatuhan Minum Obat Antihipertensi Terhadap Tercapainya Target Terapi Pasien Hipertensi Di Puskesmas Wirobrajan Yogyakarta. Journal Of Pharmaceutical Science And Medical Research, 1 (2), 10.

Dinkes Aceh. 2022. Data Hipertensi di Provinsi Aceh. https;// https://www.ajnn.net/news/aceh-singkil-tertinggi-pengidap-hipertensi-sepanjang-2022/index.html

Idawati, Agustina., dan Fikriana, R. 2020. Kepatuhan minum obat dapat mengontrol Tekanan Darah tinggi pada penderita hipertensi: A Literature Review, Jurnal Citra Keperawatan.

Imanda M, Darlina D, Ahyana. Kepatuhan Minum obat Pasien Hipertensi. JIM Fakulitas Keperawatan. 2021; V (1).

Kemenkes, 2018. Hasil Utama Riskesdas. [Internet]. Available at: https://www.depkes.go.id

Liberty, IA., Pariyana., Roflin, E., & Waris, L. (2017). Determinan Kepatuhan Berobat Pasien Hipertensi Pada Fasilitas Kesehatan Tingkat I. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pelayanan Kesehatan 1(1).

Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas). 2018. Data penelitian Kesehatan Dasar Nasional. Jakarta: Kementrian Kesehatan RI

Smeltzer,S (2015) keperawatan medikal medah, jakarta : EKG.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian kuantitatif, kuantitatif, dan R & D, Bandung: CV, Afabeta.

World Health Organozation. Hypertension [Internet]. 2023. Available from: https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/hypertension




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v7i2.9738

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License