Pengembangan E-Modul Menggunakan Flip PDF Professional Untuk Adaptasi Pembelajaran Biologi Berbasis Digital di SMA Negeri 1 Lotu

Alirwan Forniat Harefa, Agnes Renostini Harefa, Novelina Andriani Zega, Toroziduhu Waruwu

Abstract


Bahan ajar merupakan seperangkat materi tertulis maupun tidak tertulis yang disusun secara sistematis dan menampilkan kompetensi yang akan dikuasai peserta didik untuk membantu guru dan peserta didik dalam melaksanakan proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, mengetahui kelayakan, praktikalitas dan efektivitas e-modul berbasis Flip PDF Professional pada materi sistem ekskresi kelas IX SMA. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengadopsi model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian adalah validator ahli materi, bahasa dan desain serta peserta didik kelas XI-MIPA SMA Negeri 1 Lotu. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket validasi ahli, angket respon peserta didik, dan tes hasil belajar. Kelayakan materi e-modul berbasis Flip PDF Professional mencapai rata-rata persentase 86,87% (sangat layak), kelayakan bahasa mencapai persentase 85,55% (sangat layak), dan kelayakan desain memperoleh persentase 96% (sangat layak). Praktikalitas dan efektivitas e-modul berbasis Flip PDF Professional mencapai persentase berturut-turut adalah 88% (sangat tinggi) dan 93,32 (sangat tinggi). Sehingga secara spesifik disimpulkan bahwa e-modul berbasis Flip PDF Professional yang dikembangkan berhasil mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran, mendapat penilaian positif dari para ahli, dan terbukti praktis dan efektif berturut-turut melalui hasil respon peserta didik dan peningkatan hasil belajar peserta didik. Dengan demikian, e-modul berbasis Flip PDF Professional yang dikembangkan ini dapat direkomendasikan sebagai bahan ajar yang valid, praktis, dan efektif untuk adaptasi pembelajaran digital.


Keywords


E-modul, Flip PDF Professional, Digital

Full Text:

PDF

References


Afriza, A. (2024). Andragogi: Adaptasi Pembelajaran Orang Dewasa Pada Era Digitalisasi. Saputra, Ade Mardhiyah, Mardhiyah Fahrezi, Dewi Wulandari Afriza, Afriza, 4(02), 501–513.

Andarwati, M. (2019). Pembelajaran Sejarah Kontekstual, Kreatif, Menyenangkan di Kelas Dengan “Power Director” bagi Generasi Z. Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia, 2(1), 64–81. https://doi.org/10.17977/um033v2i12019p064

Bowo Sugiharto. (2019). Konsepsi Guru IPA Biologi SMP Se-Surakarta Tentang Hakikat Biologi Sebagai Sains. Seminar Nasional VIII Pendidikan Biologi 15, 2011, 406–411. http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/prosbio/article/download/748/416

Darwanto, D., Khasanah, M., & Putri, A. M. (2022). Penguatan Literasi, Numerasi, Dan Adaptasi Teknologi Pada Pembelajaran Di Sekolah. Eksponen, 11(2), 25–35. https://doi.org/10.47637/eksponen.v11i2.381

Fitriyani, Sholeh Hidayat, I. R. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Digital Flipbook Pada Materi Siklus Air Di Kelas V. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 05(2), 116–124. http://journal.unismuh.ac.id/index.php/jrpd

H.B.A Jayawardana, R. S. D. G. (2020). Inovasi Pembelajaran Kearsipan Digital di Era Revolusi Industri 4 . 0. Prosiding Seminar Nasional Biologi Di Era Pandemi COVID-19, September, 59–66. https://doi.org/http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/psb/

Harefa, M., Lase, N. K., & Zega, N. A. (2022). Deskripsi Minat Dan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Biologi. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(2), 381–389. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i2.65

Herwina, R., Husnita, L., & Junaidi, J. K. (2023). Pengembangan E-Modul Berbantuan Sigil Software Pada Mata Pelajaran Sejarah di Tingkat SMA. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 20292–20300.

Hidayat, R., Dyah M, V., & Ulya, H. (2019). Kompetensi Kepala Sekolah Abad 21: Sebuah Tinjauan Teoretis. Jurnal Kepemimpinan Dan Pengurusan Sekolah, 4(1), 61–68. https://doi.org/10.34125/kp.v4i1.394

Ismawati, N. A., & Ramadhanti, S. (2022). Penerapan Artifical Intelligence dalam Mendukung Pembelajaran di Era Digital. Prosiding Seminar Nasional Batch I: Nasib Pendidikan Karakter Di Masa Pembelajaran Daring Dalam Bingkai Merdeka Belajar, 158–166. https://prosiding.amalinsani.org/index.php/semnas

Lestari, E., Nulhakim, L., & Indah Suryani, D. (2022). Pengembangan E-modul Berbasis Flip Pdf Professional Tema Global Warming Sebagai Sumber Belajar Mandiri Siswa Kelas VII. PENDIPA Journal of Science Education, 6(2), 338–345. https://doi.org/10.33369/pendipa.6.2.338-345

Magdalena, I., Sundari, T., Nurkamilah, S., Ayu Amalia, D., & Muhammadiyah Tangerang, U. (2020). Analisis Bahan Ajar. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 311–326. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara

Nurtjahyani, S. D., & Tutut, T. (2021). Uji Validitas Pengembangan E-Modul Bahan Ajar Biologi Pokok Bahasan Interaksi Makhluk Hidup Dengan Lingkungan Berbasis …. Prosiding SNasPPM, 5(2), 309–313. https://pmat.unirow.ac.id/prosiding/index.php/SNasPPM/article/view/423

Prismanata, Y., & Sari, D. T. (2022). Formulasi Media Pembelajaran untuk Peserta Didik Generasi Z dan Generasi Alfapada Era Society 5.0. Proceeding of Integrative Science Education Seminar, 2(April 2011), 44–58. https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/pisces/article/view/697/427

Pujiono, A. (2021). Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Bagi Generasi Z. Didache: Journal of Christian Education, 2(1), 1. https://doi.org/10.46445/djce.v2i1.396

R.Roro Rastrani Rahada Putri, Kaspul, K., & Arsyad, M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Modul Elektronik (E-Modul) Berbasis Flip Pdf Professional Pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Kelas XI SMA. JUPEIS : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(2), 93–104. https://doi.org/10.55784/jupeis.vol1.iss2.46

Sari, M., Murti, S. R., Habibi, M., Laswadi, L., & Rusliah, N. (2021). Pengembangan Bahan Ajar E-Book Interaktif Berbantuan 3D Pageflip Profesional Pada Materi Aritmetika Sosial. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 789–802. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.490

Yulia Aftiani, R., Khairinal, K., & Suratno, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran E-Book Berbasis Flip Pdf Professional Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Dan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X Iis 1 Sma Negeri 2 Kota Sungai Penuh. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 458–470. https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i1.583




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v7i2.9879

Refbacks



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License