Analisis Minat Dan Hasil Belajar Peserta Didik Dengan Menggunakan Video Pembelajaran di UPTD SMP Negeri 3 Gunungsitoli Selatan

Enjel Otniat Putri Harefa, Angel Renostini Harefa, Toroziduhu Waruwu, Novelina Andriani Zega

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan awal yang dilakukan peneliti di UPTD SMP Negeri 3 Gunungsitoli, di mana ditemukan bahwa minat belajar peserta didik masih rendah dan rata-rata nilai hasil belajar berada di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikam minat dan hasil belajar siswa dengan menggunakan video pembelajaran di UPTD SMP Negeri 3 Gunungsitoli Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini mencakup seluruh peserta didik di UPTD SMP Negeri 3 Gunungsitoli Selatan, yang berjumlah 107 orang. Sampel penelitian diambil dari siswa kelas VIII, sebanyak 27 orang. Intstrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu : (1) Angket minat belajar peserta didik, (2) Tes hasil belajar peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan video pembelajaran di UPTD SMP Negeri 3 Gunungsitoli Selatan terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan minat belajar peserta didik. Media pembelajaran ini berpotensi untuk dipertahankan dan dikembangkan lebih lanjut guna mendukung proses pembelajaran yang lebih baik.


Keywords


Minat, Hasil Belajar, Video Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Achru, A. (2019). Pengembangan Minat Belajar Dalam Pembelajaran. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(2), 205. https://doi.org/10.24252/idaarah.v3i2.10012

Aghfironindra, D., Castyana, B., Rahayu, T., Anggita, G. M., & Ali, M. A. (2021). Pengaruh penggunaan video pembelajaran pada pendidikan jasmani terhadap hasil pembelajaran siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Olahraga Pendidikan Indonesia (JOPI), 1(1), 1–10. https://doi.org/10.54284/jopi.v1i1.1

Ardiansah, F. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Video Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Pada Pelajaran Pai Di Sma Ypi Tunas Bangsa Palembang. 5(1), 56–70.

Devi, B. S., & Subali, B. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Fisika Berbasis STEM untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa Berliana. 10(2).

Harsiwi, U. B., & Arini, L. D. D. (2020). Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Pembelajaran Interaktif terhadap Hasil Belajar siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1104–1113. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.505

Korompot, S., Rahim, M., & Pakaya, R. (2020). Persepsi Siswa Tentang Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar. JAMBURA Guidance and Counseling Journal, 1(1), 40–48. https://doi.org/10.37411/jgcj.v1i1.136

Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2019). Faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa. 659–663.

Nugroho, M. A., Muhajang, T., & Budiana, S. (2020). Pengaruh Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika. JPPGuseda | Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar, 3(1), 42–46. https://doi.org/10.33751/jppguseda.v3i1.2014

Pagarra, H., Idrus, N. A., Pendidikan, F. I., Makassar, U. N., Pelajaran, M., & Pengetahuan, I. (2018). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran IPA Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas III SD Inpres Lanraki 2 Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar.

Pratiwi, E. M., Gunawan, G., & Ermiana, I. (2022). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2), 381–386. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2.466

Rahmi, L., & Alfurqan. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Education and Development, 9(3), 580–589. http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/2671

Risa sulistyaningsih, Anggit Grahito Wicaksono, M. M. (2023). Journal of Educational Learning and Innovation. Educational Learning and Innovation, 1(2), 98–116. https://doi.org/10.46229/elia.v3i1

Sofiarini Andriana, & S. A. (2020). Peran Guru Sejarah dalam Pemanfaatan Inovasi Media Pembelajaran The Role of History Teachers in Utilizing Learning Media Innovations. Pendidikan, Jurnal Komunikasi, 4(2), 79–93.

Somayana, W. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Metode PAKEM. Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(3), 350–361. https://doi.org/10.36418/japendi.v1i3.33

Sumarni, R. A., Bhakti, Y. B., Astuti, I. A. D., Sulisworo, D., & Toifur, M. (2020). Analisis Kebutuhan Guru Smp Mengenai Metode Pembelajaran Flipped Classroom. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 6(2), 236. https://doi.org/10.31764/orbita.v6i2.3168

Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928–3936. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074

Yendrita, Y., & Syafitri, Y. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Biologi. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 2(1), 26–32. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v2i1.620




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v7i2.9882

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License