Penguatan Kompetensi IT Guru TK Bhayangkari 01 Ternate Melalui Program Channel TV Sekolah

Santy Hataul, Sri Watini

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa penguatan kometensi IT guru TK Bhayangkari melalui program channel TV sekolah. Kompetensi menurut kepmendiknas adalah seperangkat tindakan cerdas, penuh tanggung jawab yang dimiliki seseorang sebagai syarat pelaksanaan tugas dibidang pekerjaan tertentu. UNESCO menghimbau terutama negara berkembang untuk mengembangkan kebutuhan dengan beragam resource dalam rangka mendeskripsikan teknologi informasi dan komunikasi pada beragam peraturan. Dengan adanya TV sekolah dapat menjadi media pendidikan bagi anak apabila program tayangan yang disajikan mengandung unsur moral, agama, dan pengetahuan. Peneliti ini menggunakan pendekatan kualitatif, pendekatan ini bermaksud untuk memahami tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif, pendekatan ini bermaksud untuk memahami tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa. Hasil penelitian ini Sesuai dengan pernyataan narasumber, maka peneliti menyimpulkan bahwa pelatihan teknologi informasi guru TK Bhayangkari 01 Ternate melalui program Channel TV Sekolah memberi dampak yang baik bagi guru dan serta memberikan kegiatan yang menarik untuk anak didik. Dan adapun hambatan dan tantangan yang di hadapi oleh guru yaitu keterbatasan waktu dan kurangnya koneksi internet yang mengakibatkan guru terkadang malas untuk mengupload video pebelajaran.Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa penguatan kometensi IT guru TK Bhayangkari melalui program channel TV sekolah. Kompetensi menurut kepmendiknas adalah seperangkat tindakan cerdas, penuh tanggung jawab yang dimiliki seseorang sebagai syarat pelaksanaan tugas dibidang pekerjaan tertentu. UNESCO menghimbau terutama negara berkembang untuk mengembangkan kebutuhan dengan beragam resource dalam rangka mendeskripsikan teknologi informasi dan komunikasi pada beragam peraturan. Dengan adanya TV sekolah dapat menjadi media pendidikan bagi anak apabila program tayangan yang disajikan mengandung unsur moral, agama, dan pengetahuan. Peneliti ini menggunakan pendekatan kualitatif, pendekatan ini bermaksud untuk memahami tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif, pendekatan ini bermaksud untuk memahami tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa. Hasil penelitian ini Sesuai dengan pernyataan narasumber, maka peneliti menyimpulkan bahwa pelatihan teknologi informasi guru TK Bhayangkari 01 Ternate melalui program Channel TV Sekolah memberi dampak yang baik bagi guru dan serta memberikan kegiatan yang menarik untuk anak didik. Dan adapun hambatan dan tantangan yang di hadapi oleh guru yaitu keterbatasan waktu dan kurangnya koneksi internet yang mengakibatkan guru terkadang malas untuk mengupload video pebelajaran.

Keywords


Anak Usia Dini, Kompetensi, TV Sekolah

Full Text:

PDF

References


Amelia, R., Watini, S., Elliza, E., Watini, S., Anggori, Y. A., Watini, S., Supriati, S., & Watini, S. (2022). Implementasi Panggung TV Sekolah Sebagai Media Informasi di TK Islam Rahmaniyah Kota Balikpapan. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 3(3), 353–362.

Annisa Alfath, Fara Nur Azizah, & Dede Indra Setiabudi. (2022). Pengembangan Kompetensi Guru Dalam Menyongsong Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 1(2), 42–50.

Dra. Hasnawati, M. P. . (2020). Kompetensi Guru Dalam Persfektif Perundang - Undangan. Inspiratif Pendidikan, 9(1), 68.

Handayani, D. H., & Watini, S. (2022). Pemanfaatan TV Sekolah Sebagai Media Promosi Rumah Pintar Adiba Palembang. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 1667.

Hani, U.-, & Putro, K. Z. (2022). Peran Pendidik Anak Usia Dini dalam Konsep Pendidikan Ki Hajar Dewantara. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 4(1), 78.

Harahap, E., & Watini, S. (2022). Pengaruh Penggunaan Media TV Sekolah dan Metode Belajar Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Kemampuan Kognitif Anak. Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin, 6(1), 23–35.

Kurniasih, E., & Watini, S. (2022). Implementasi TV Sekolah sebagai Media Pembelajaran di Kelompok Bermain Mutiara Bunda Mertoyudan Magelang. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(8), 2730–2733.

Priyanti, E., & Haryanto, H. (2023). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Menunjang Pembelajaran di PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4585–4598.

Puspitasari, V. I., & Watini, S. (2022). Pemanfaatan Channel Tv Sekolah Dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Anak Usia Dini. Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon, 9(2), 1–11.

Rasmani, U. E. E., Nurjanah, N. E., Jumiatmoko, J., Widiastuti, Y. K. W., Agustina, P., & Nazidah, M. D. P. (2022). Multimedia Interaktif PAUD dalam Perspektif Merdeka Belajar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5397–5405.

Rohmah, S., & Watini, S. (2023). Implementasi channel TV sekolah dalam mengembangkan Literasi Digital Guru PAUD. Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 9(2), 959–970.

Safitri, W., Susiawati, I., Fitriani, R., Nuramalia, S. R., & Fasehah, D. A. (2023). Potensi dan Efektivitas Pemanfatan Smart TV dalam Meningkatkan Minat Belajar Bahasa Arab Siswa. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), 944–952.




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v7i2.9887

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License