Penerapan Model SSCS Berpendekatan ESD (Education Sustainable Development) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Pencemaran Lingkungan Di SMP

Siti Rahmi Afwa, Evi Suryawati, Yennita Yennita

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data empiris dengan mengimplementasikan model pembelajaran SSCS berpendekatan ESD agar dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik SMP. Penelitian ini menggunakan model kuasi eksperimen dilaksanakan di SMPN 1 Koto Gasib, Kabupaten Siak. Populasi pada penelitian adalah seluruh peserta didik kelas VII berjumlah 119 siswa. Kelas eksperimen diberikan treatment model pembelajaran SSCS berpendekatan ESD dan kelas kontrol dengan pendekatan saintifik. Instrumen pengumpulan data menggunakan soal berpikir kritis Watson-Glaser indikatornya meliputi: Penarikan Kesimpulan, Asumsi, Deduksi, Menafsirkan Informasi, Menganalisis Argumen.  Dari penelitian diperoleh kemampuan berpikir kritis pada kelas eksperimen 79,5 yang berada pada kategori kritis dan kelas kontrol 65 pada kategori cukup kritis. Pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran SSCS berpendekatan ESD merupakan pembelajaran dengan pendekatan pemecahan masalah untuk dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Kemampuan berpikir kritis diharapkan dapat membantu peserta didik untuk menyelesaikan masalah yang nyata melalui pembuatan produk dengan memperhatikan dampak lingkungan yang berkelanjutan melalui pendekatan ESD


Keywords


Model SSCS, ESD, Berpikir kritis

Full Text:

PDF

References


Anies. 2005. Penyakit Akibat Kerja. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Brooker, C. 2008. Ensiklopedia Keperawatan. EGC : Jakarta

Brunner & suddarth. 2001. Medical Surginal Nurgical Philadelphia Lippincot Communicable Disease

Dona R, 2012. Faktor-faktor yang merpengaruhi penggunaan alat pelindung diri (APD) pada bidan saat melakukan pertolongan persalinan di RSUD Bengkalis, Skripsi.

Ganezak M, Szych Z. Surgical nurse and compliance with personal protective equifment. Journal of hospital infection. 2008; 66: 346-51.

Idayanti. 2008. Hubungan Pengetahnan Dan Sikap Perawat Terhadap Penerapan Standard Operational Procedure (SOP) Teknik Menyuntik Dalam Upaya Pencegahan Infeksi Di Rsud Arifin Achmad Pekanbaru. Tesis. Medan: USU Medan; 2008

Jannah N. 2009. Beberapa Faktor yang Berhubungan dengan Pemakaian APD Padab Pekerja Laboratorium Patologi Klinik RSUD Sidoarjo. skripsi. Surabaya: FKM Universitas Airlangga.

Kemenkes RI. 2010. KMK NO 1087/MENKES/SK/VIII/2010. Standar Kesehatan dan Keselamatan Kerja Di Rumah Sakit . Jakarta: Menteri Kesehatan.

Kemernakertrans RI. 2010. Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Indonesia tentang Alat Pelindung Diri

Kepmenkes, RI .2007. No. 432 tentang Pedoman Manajemen Keselamatan Kerja di Rumah sakit. Tahun

Kepmenkes, RI .2010. No. 432 tentang Pedoman Manajemen Keselamatan Kerja di Rumah sakit Tahun

Kusnanto. 2004. Pengantar Profesi dan Praktik Keperawatan Profesional. EGC: Jakarta

Linggasari. 2008. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku terhadap Penggunaan Alat Pelindung Diri di Departemen Engineering PT. Indah Kiat Pulp & Paper Tbk. Skripsi. Jakarta: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia

Notoatmodjo S. 2007. Pendidikan dan perilaku kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Notoatmodjo, S. 2010. Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

Notoatmodjo, S. 2012. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

Permenakertrans. 2010. Alat Pelindung Diri. Peraturan Menteri Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Republik Indonesia: Jakarta

Priharjo, Robert. 2008. Konsep & Perspektif Praktik Keperawatan Profesional EdisiJakarta: EGC

Sudarma, Momon. 2008. Sosiologi Untuk Kesehatan. Salemba Medika, Jakarta.

Tyson, Jackson. 2001. Perilaku organisasi. Jogjakarta

Vitriyansyah P. 2012. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Pekerja Pengelasan Industri Informal dalam Penggunaan APD di Jalan Raya Bogor- Dermaga tahun 2011. Depok. Skripsi. FKM Universitas Indonesia




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v7i2.9903

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License