Penerapan Augmented Reality (AR) Berbasis Android Dalam Meningkatkan Minat Siswa Pada Materi Bumi Dan Tata Surya Kelas VII SMP Negeri 7 Pematang Siantar

Irwan Lihardo Hulu, Sumarny Tridelpina Purba, Dhika Elfrida Hulu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan teknologi Augmented Reality berbasis android terhadap minat siswa pada materi bumi dan tata surya kelas VII SMP Negeri 7 Pematangsiantar. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan tes dan non tes. Teknik tes nya yaitu pretest dan posttest yang dilaksanakan di awal dan diakhir siklus pembelajaran. Sedangkan teknik non tes nya yaitu berupa observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi selama penelitian berlangsung. Berdasarkan hasil persentase angket menunjukkan bahwa minat belajar siswa selama proses pembelajaran menggunakan media Augmented Reality (AR) pada siklus I dan II mencapai 88,49%. Hal ini menunjukkan bahwa minat belajar siswa sangat kuat. Dapat disimpulkan bahwa penerapan media Augmented Reality sebagai media pembelajaran pada materi bumi dan tata surya dapat meningkatkan minat siswa

Keywords


Augmented Reality, Minat Siswa

Full Text:

PDF

References


Alfitriani, N., Maula, W. A., & Hadiapurwa, A. (2021). Penggunaan Media Augmented Reality dalam Pembelajaran Mengenal Bentuk Rupa Bumi. In JPP (Vol. 38, Issue 1).

Isatunada, A., Indriyani, S., & Dewi, N. R. (n.d.). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Augmented Reality.

Kunda, A., Idham, M., Juliarto, D., Studi Sistem Informasi, P., & Dipanegara, S. (n.d.). Media Pembelajaran Interaktif Sistem Tata Surya Teknologi Augmented Reality.

Muda, O. C., Nyaho, T., Yos Sudarso, J., & Raya, P. (n.d.). Implementasi Augmented Reality (AR) Berbasis Android.

Mustaqim, I. (2016). Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 13(2), 174.

Nistrina, K. (2021). Penerapan Augmented Reality Dalam Media Pembelajaran. In Jurnal Sistem Informasi, J-SIKA (Vol. 03, Issue 01).

Vari, Y., & Bramastia, B. (2021). Pemanfaatan Augmented Reality Untuk Melatih Keterampilan Berpikir Abad 21 Di Pembelajaran Ipa. Inkuiri: Jurnal Pendidikan IPA, 10(2), 132. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v10i2.57256

Zaini, T., Dew, O., Bahri, B., Dwi Endah Wulansari, O., Bahri, B., Sistem Informasi Institute Informatics, J., & Darmajaya Jalan Zainal Abidin Pagar Alam, B. (2013). Penerapan Teknologi Augmented Reality Pada Media Pembelajaran. In Jurnal Informatika (Vol. 13, Issue 1).




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v7i2.9913

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License