Pengembangan E-Modul Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Ekosistem Kelas X SMA Kartika I-4 Pematangsiantar.

Thiur Dianti Siboro, Dian Perayanti Sinaga

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan dan pengaruh e-modul berbasis inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa dan keterampilan inkuiri siswa pada materi ekosistem. Penelitian ini mengacu pada model 4D (Define, Design, Development, Dissemination) dikembangkan oleh S. Thiagarajan, Dorothy S. Semmel, dan Melvyn I yang diuji cobakan secara terbatas di SMA Swasta Kartika I-4 Pematangsiantar. Untuk mengolah data menggunakan bantuan dari SPSS 21 yaitu uji prasyarat dan uji hipotesis. Hasil penelitian pengembangan tahap 4D dengan menggunakan Heyzine Flipbook, menghasilkan e-modul biologi yang kreatif inovatif. Kelayakan e-modul menurut ahli materi sebesar 97% dan ahli media sebesar 92,5% dikategorikan sangat layak. Peningkatan hasil belajar siswa menggunakan e-modul berbasis inkuiri terbimbing memproleh rata-rata nilai posttest 88.57. Dan kiusioner keterampilan inkuiri siswa yang positif dengan rata-rata persentase 83% dikategorikan ˝Tinggi˝. Hasil uji hipotesis hasil belajar diperoleh thitung (7.676) > ttabel (1,995) pada taraf signifikan α = 0,05 dengan df = 69 maka Ha diterima dan H0 ditolak dan hasil pengujian hipotesis keterampilan inkuiri siswa diperoleh thitung (14.027) > ttabel (1,995) pada taraf signifikan α < 0,05 dengan df = 69 maka Ha diterima dan H0 ditolak artinya terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan inkuiri siswa di kelas X SMA pada materi Ekosistem di SMA Swasta Kartika I-4 Pematangsiantar Tahun Pelajaran 2023/2024.. Hal ini menunjukkan bahwa e-modul biologi berbasis inkuiri terbimbing pada materi ekosistem dapat meningkatkan hasil belajar dan  keterampilan inkuiri siswa

Keywords


Pengembangan, E-modul, Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar, Ekosistem

Full Text:

PDF

References


Amran et al. (2019). Pengaruh Pelatihan Manajemen Nyeri terhadap Peningkatan Kompetensi Perawat. Jurnal Keperawatan Silampari, 2(2)

Ayuningtyas, 2019. Pengaruh Teknik Relaksasi Genggam Jari Terhadap Penurunan Tingkat Nyeri Pada Pasien Post Operasi Sectio Caesarea. Jurnal Bidan Komunitas Vol. III No. 2

International Association for the Study of Pain (IASP). 2017. Pain Terms. IASP.

Nasriani, 2021. Penerapan Asuhan Keperawatan Pada Pasien Pasca Operasi Seksio Sesarea Dalam Pemenuhan Kebutuhan Aktivitas. Alauddin Scientific Journal of Nursing, 2021, 2(1)

Nikmathul, Rizky. (2020). Pengaruh Tehnik Relaksasi Genggam Jari Terhadap Perubahan Skala Nyeri Pada Ibu Post Seksio Sesarea di RSUD DR.M.M Dunda Limboto. Jurnal Ilmiah Media Publikasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Volume 9 nomor 2 tahun 2020.

Novita, Nesi. 2022. Pengaruh Teknik Benson Relaxation Terhadapintensitas Nyeri Pada Ibu Post Sectio Caesareadi RSUD Dr. H.M. Rabain Muara Enim. (JPP) Jurnal Kesehatan Poltekkes Palembang Vol. 17, No. 1

Perry, P. &., 2010. Fundamental Of Nursing: Consep, Proses and Practice Edisi 7. Vol. 3. Jakarta: EGC.

Rekam Medis RS Sundari Tahun 2022-2023

Riset Kesehatan Dasar. (2018). Persalinan Bedah Sectio Caesarea. Badan Badan Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan Kemetrian Kesehatan.

Wijayanti, 2020. Effektifitas Teknik Relaksasi Genggam Jari (Finger Hold) Terhadap Penurunan Intensitas Nyeripada Pasien 6 Jam Postoperasi Sectio Caesaria Di Rsud Dr Kanujoso Djatiwibowo Balikpapan Tahun 2020. Journal Of Midwifery Vol. 10 No. 1




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v7i2.9914

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License