Pola Pembinaan Dan Pengembangan Kinerja Guru Di SMK Negeri 2 Tebing Tinggi

Lesmana Ginting, Elfrianto Elfrianto, Amiruddin Amiruddin

Abstract


Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui pola pembinaan kinerja guru di SMK Negeri 2 Tebing Tinggi. Untuk mengetahui proses pengembangan kinerja guru di SMK Negeri 2 Tebing Tinggi Untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung proses pola pembinaan dan pengembangan kinerja guru di SMK Negeri 2 Tebing Tinggi. Dengan menggunakan tekhnik analisis data observasi wawancara dan dokumentasi. Hasil Penelitian ini menunjukkan pola pembinaan Dalam kinerja guru Kepala Sekolah SMK Negeri 2 Tebing Tinggi kegiatannya meliputi strategi kepala sekolah melaksanakan peningkatan mutu guru adalah dengan mengikutkan guru-guru dalam program pendidikan latihan dan bahkan menyelenggarakan pendidikan dan latihan yang dilaksanakan secara mandiri oleh guru SMK Negeri 2 Tebing Tinggi melalui organisasi MGMP, revitalisasi MGMP dan metode supervisi yang digunakan ada tiga yaitu: teknik kunjungan kelas; pembicaraan pribadi dan diskusi kelompok. Proses pengembangan kinerja guru SMK Negeri 2 Tebing Tinggi dapat dikembangkan melalui studi lanjutan yakni melakukan kegiatan yang berkesinambungan yang memiliki dampak terhadap kinerja guru seperti lanjutan pendidikan, penyediaan fasilitas penunjang seperti pengadaan bahan bacaan baru seperti buku, majalah kependidikan, jurnal kependidikan, dan akses internet sebagai tambahan sumber belajar juga menunjang terhadap peningkatan kinerja guru. dan yang terakhir adalah pembinaan kinerja guru dengan mengikutkan guru dalam program sertifikasi guru yang di adakan oleh pemerintah

Keywords


Pola, Pembinaan, Pengembangan, Kinerja Guru

Full Text:

PDF

References


Abuddin Nata. (2019). Akhlak Tasawuf. (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada).

Alifah. (2021). Peningkatan Kualitas Pendidikan Di Indonesia Untuk Mengejar Ketertinggalan Dari Negara Lain. Cermin Jurnal Penelitian

Amini, Siti Netti Kwinni, Akrim,. (2022). Analisis Model Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Pemberdaya Sumberdaya Manusia dalam Meningkatkan Kompetensi Guru. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan vol 13 (1)

Ayuningtyas, 2019. Pengaruh Teknik Relaksasi Genggam Jari Terhadap Penurunan Tingkat Nyeri Pada Pasien Post Operasi Sectio Caesarea. Jurnal Bidan Komunitas Vol. III No. 2

Busni, Rajeti. (2022). Pola Manajemen Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru (StudiKasus Pada SMP Swasta Pondok Pesantren Al-Husna DesaMarindal I Kecamatan Patumbak Kabupaten Deli Serdang). Jurnal Education Achievement vol 3 (1)

Celia Tri Pristya Devitha (2021) Analisis Pengaruh Masa Kerja Dan Sertifikasi Terhadap Kompetensi Dan Kinerja Guru Produktif Smk Negeri Di Kota Kendari. Jurnal nalar pendidikan vol 9 (1)

De Amrina ( 2019). Analisis Pengembangan Diri Pada Kompetensi Pedagogik Guru Sma Model Di Kota Palembang. Jurnal Profit volume 6 (1)

Depag Republik Indonesia, 2010. Bina Muda. Jakarta: Balai Pustaka

Desi Marlina. (2022). Pengaruh Pola Pembinaan Dan Pengawasan Kepala Sekolah Terhadap Disiplin Dan Kinerja Guru. Jurnal Ilmu Pendidikan vol 3 (4)

Elfrianto (2017). Sistem pengendalian manajemen dalam meningkatkan mutu perguruan tinggi. Jurnal Hijir vol 6 (1).

Elfrianto, Netti Erni, Ernita Sibuea, Dedi Ahmad Yani, Zilfaizah Nasution, (2023). Pengaruh Kemampuan Akademik dan Beban Kerja Terhadap Disiplin Kerja Guru di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang. Journal Of Administration and Educational Management (ALIGNMENT). Vol 6 (1)

Intan, Rafika. (2021). Pola Pembinaan Dan Pengawasan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di Mas Binaul Iman PematangSiantar. Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah Dan Tinggi.

Jusman Nainggolan. (2021). Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Pengembangan silabus dan RPP Melalui Pola Pembinaan Profesional dengan pendekataan kooperatif di SMAN 9 kec. Medan Labuhan Semester 2 Tahun Pelajaran2017/2018. Jurnal pendidikan dan Teologi vol 4 (1 )

Khalid Abd, Hs. Pandipa. (2019). Kinerja Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Sma Negeri 1 Lore Utara. Jurnal ilmiah administratie vol 12 (1)

Mutia, Nur Abu Bakar, Nurbaity Bustamam. (2021). Pengembangan Diri Guru Bimbingan Dan Konseling SMA Negeri Di Kota Banda Aceh. Jurnal Bimbingan dan Konseling. Universitas Syiah Kuala vol 3 (2)

Nasriani, 2021. Penerapan Asuhan Keperawatan Pada Pasien Pasca Operasi Seksio Sesarea Dalam Pemenuhan Kebutuhan Aktivitas. Alauddin Scientific Journal of Nursing, 2021, 2(1)

Nikmathul, Rizky. (2020). Pengaruh Tehnik Relaksasi Genggam Jari Terhadap Perubahan Skala Nyeri Pada Ibu Post Seksio Sesarea di RSUD DR.M.M Dunda Limboto. Jurnal Ilmiah Media Publikasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Volume 9 nomor 2 tahun 2020.

Novita, Nesi. 2022. Pengaruh Teknik Benson Relaxation Terhadapintensitas Nyeri Pada Ibu Post Sectio Caesareadi RSUD Dr. H.M. Rabain Muara Enim. (JPP) Jurnal Kesehatan Poltekkes Palembang Vol. 17, No. 1

Prasetia, Indra Sri Nurabdiah Pratiwi Akrim,. (2022). Lecturer Competency Development Model in Designing a Line Learning Resources in University of Muhammadiyah Sumatera Utara. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal). Vol 3 (4).

Prasetia, Indra, Frank Endang Sari, Elfrianto. 2021. Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru (Studi Di Sma Negeri 2 Pematang Siantar). Jurnal pendidikan Rokania vol 6 (3).

Rajeti, Busni. 2023. Pola Manajemen Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru (Studi Kasus Pada SMP Swasta Pondok Pesantren Al-Husna Desa Marindal I Kecamatan Patumbak Kabupaten Deli Serdang. Journal of Science and Research vol 3 (1)Perawat. Jurnal Keperawatan Silampari, 2(2)

Wijayanti, 2020. Effektifitas Teknik Relaksasi Genggam Jari (Finger Hold) Terhadap Penurunan Intensitas Nyeripada Pasien 6 Jam Postoperasi Sectio Caesaria Di Rsud Dr Kanujoso Djatiwibowo Balikpapan Tahun 2020. Journal Of Midwifery Vol. 10 No. 1.




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v7i2.9927

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License