Efektivitas Kepemimpinan Instruksional Kepala Sekolah Di Sekolah Negeri (Studi Di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Simpang Kanan Aceh Singkil)

Ana Fitiana, Emilda Sulasmi, Tutik Sugesti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Kepemimpinan Instruksional Kepala Sekolah Di Sekolah Negeri (Studi di Sekolah Menengah Atas 1 Simpang Kanan Aceh Singkil). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode mixed methods jenis jenis  Multiphase design Analysis Interactive. Penelitian ini merupakan suatu langkah penelitian dengan menggabungkan dua bentuk  penelitian yang telah ada sebelumnya yaitu penelitian kualitatif dan penelitian kuantitatif. Lokasi penelitian di SMAN 1 Simpang Kanan dengan menggunakan tekhnik analisis data observasi wawancara, dokumentasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kepemimpinan instruksional kepala sekolah terlaksana dengan baik. Gambaran kepemimpinan instruksional Kepala SMAN 1 Simpang Kanan meliputi Kepemimpinan yang kuat, hadir dan disiplin, memiliki harapan tinggi untuk guru dan peserta didik.  Kepemimpinan instruksional kepala sekolah SMAN1 Simpang Kanan merupakan penggerak dalam pengembangan organisasi untuk suatu tujuan yang ingin di capai. Tanpa adanya inovasi yang  mendukung kegiatan  suatu lembaga pendidikan maka,  tujuan organisasi tidak tercapai, untuk itu kepala sekolah SMAN1 Simpang Kanan dalam meningkat kinerja guru menerapkan kepemimpinan Instruksional. Faktor penghambat Kepemimpinan instruksional Kepala SMAN 1 Simpang kanan berupa Kurangnya perhatian orangtua kepada anak ini disebabkan karena orang tua masih banyak beranggapan bahwa pendidikan cukup diberikan disekolah saja dan kemajuan IPTEK memberikan dampak yang negatif pada perkembangan anak karena minat belajarnya menjadi kurang,kelemahan – kelemahan  pada tataran guru terkait dengan standar nasional karena mereka kurang peka terhadap perubahan –perubahan yang cepat dari model-model perangkat yang harus dibuat oleh guru.

Keywords


Efektivitas, Kepemimpinan Instruksional, Kepala Sekolah

References


Aslam. (2022). Kepemimpinan Instruksional Kepala sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Basicedu Vol 6 No 3

Buana Chandro Sihotang, Elfrianto, Salim Aktar. 2022. pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru Smpn 24 Medan. Jurnal guru Kita vol 6 (4

Emilda Sulasmi, RitaEliyawati Br Sinaga, Indra Prasetia. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Instruksional, Budaya Akademik dan Motivasi berprestasi terhadap Kinerja Dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Simalungun Pematang Siantar. Jurnal Pendidikan Rokania. Vo,7 (1).

Emrinawati Hasibuan, Rifma, Syahril. (2022). Kepemimpinan Instruksional Yang EfektifSebagaiKepala sekolah. Journal of Education and Social Analysis vol 3 (3)

Permadani, Singgihintan. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Instruksional Kepala Sekolah, Motivasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru SMA Negeri Kecamatan Pujud, Kabupaten Rokan Hilir, Riau. Thesis. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Prasetia, I., Akrim, A., & Sulasmi, (2020). E. EfectiveCompentency Based School Model. JurnalTarbiyah, 27(1).

Prasetia, I., Akrim, A., & Sulasmi, (2020). E. EfectiveCompentency Based School Model. JurnalTarbiyah, 27(1).

Yudo Dwiyono, Warman Warman, Dydik Kurniawan, A. A. Bagus Surya Atmaja, Lorensius Lorensius. 2022. Kepemimpinan Instruksional Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran.Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme. Vol 4 (3




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v7i1.9977

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License