ANALISIS PERCEPATAN WAKTU DENGAN METODE FAST-TRACK PADA PELAKSANAAN PEMBANGUNAN IRIAN SUPERMARKET SETIABUDI OLEH PT. MITRA MANDIRI ASETINDO

Kriston Darwin Sidabutar, Yusrizal Lubis

Abstract


Manajemen kegiatan konstruksi selalu melibatkan perencanaan, penentuan jadwal konstruksi dan pengendalian. Pelaksanaan suatu proyek konstruksi sering kaliakan mendapat masalah yang tidak di rencanakan, sehingga keterlambatan tersebut akan membuat waktu pelaksanaan proyek yang telah direncanakan didalam kontrak awal akan mengalami perubahan. Sering kali saat pelaksanaan proyek di lapangan tidak sesuai dengan perencanaan awal, sehingga banyak penyimpangan yang terjadi termasuk keterlambatan proyek. Resiko keterlambatan proyek tersebut dapat diperkecil dengan menggunakan berbagai macam metode percepatan waktu pelaksanaan proyek, salah satunya adalah metode Fast Track. Fast Track merupakan suatu metode penjadwalan yang waktu penyelesaian proyek yang lebih cepat dari pada waktu yang sudah direncanakan dengan menggunakan cara-cara yang lebih efesien sehingga dapat mereduksi waktu pelaksanaan proyek. Tujuan dari penelitian ini ialah mengetahui penghematan waktu dan pekerjaan apa saja yang menjadi lebih singkat setelah diterapkan penjadwalan dengan metode Fast Track pada proyek pembangunan Irian Supermarket Setiabudi Medan. Dari hasil penelitian didapatkan hasil bahwa waktu pelaksanaan awal adalah 455 hari dan setelah dilakukan percepatan dengan metode Fast Track didapatkan hasil 431 hari, Maka dengan menggunakan metode Fast Track terjadi percepatan waktu selama 24 hari dari waktu pelaksanaan awal atau terjadi percepatan sebesar 5,27% dari perencanaan awal. Dari semua item pekerjaan, ada beberapa item pekerjaan yang dipercepat, antara lain: pekerjaan struktur bawah dipercepat sebanyak 4 hari, pekerjaan lantai ground dipercepat sebanyak 10 hari, pekerjaan pasangan dinding bata dipercepat sebanyak 10 hari, pekerjaan keramik lantai dipercepat sebanyak 10 hari.


Keywords


Metode Fast Track; Percepatan waktu; Manajemen proyek

Full Text:

PDF

References


. Hemalia, N. P. P. K., Dewi, I., & Rani, N. M. S. 2023. Analisi Perencanaan Percepatan Waktu Penyelesaian Proyek Dengan Metode Fast-Track Dan Dampaknya Terhadap Biaya Proyek Keseluruhan (Doctoral Dissertation, Politeknik Negeri Bali).

. Warsika, P. D. 2016. Analisa Biaya Dan Waktu Dengan Metode Fast Track Pada Pelaksanaan Proyek Konstruksi (Studi Kasus: Proyek Pembangunan Gedung Dikabupaten Badung) (Tesis). Bali: Fakultas Teknik, Universitas Udayana.

. Rahayu, A. P., Mulyani , E., & Arpan, B. 2018. Analisa Percepatan Waktu Dengan Metode Fast Track Pada Proyek Konstruksi. JeLast: Jurnal Teknik Kelautan, Pwk, Sipil, Dan Tambang, 5(3).

. Krisnathania, P. D., Sudiarsa, M., &Sukarmawati, Y. 2023. Analisis Kinerja Proyek Menggunakan Metode Earned Value Management Serta Penerapan Fast Tracking Pada Proyek Villa House Carlos (Doctoral Dissertation, Politeknik Negeri Bali).

. Basuki, C. N. 2017 Analisis Percepatan Waktu Pada Pelaksanaan Pembangunan Gedung Graha Mojokerto Service City Dengan Metode Fast-Track (Doctoral dissertation, ITN Malang).

. Tjaturono. dan Mochtar, Indrasurya B. 2008: Pengembangan Metode Fast-Track Untuk Mereduksi Waktu Dan Biaya Pelaksanaan Proyek, (Studi Kasus: Rumah Menengah di Malang, Jawa Timur), Media Komunikasi Teknik Sipil.

. Soeharto, Iman. 1999. Manajemen Proyek: Dari Konseptual Sampai Operasional. Jakarta: Erlangga.

. Kusnaedi, I Made. 2016. Penerapan Metode Fast Track Terhadap Efisiensi Biaya Dan Efektivitas Waktu Pada Pelaksanaan Proyek Konstruksi (Studi Kasus: Proyek Hatten Wines Bali). Bali: Skripsi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Udayana.




DOI: https://doi.org/10.30743/but.v20i1.10027

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Kriston Darwin Sidabutar, Yusrizal Lubis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Buletin Utama Teknik

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan, Medan 20217

Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but
Email: bultek@ft.uisu.ac.id

Buletin Utama Teknik is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License