PENERAPAN METODE STATISTICAL PROCESS CONTROL DALAM MENGENDALIKAN KUALITAS KERTAS BOBBIN (Studi Kasus : PT. Pusaka Prima Mandiri)

Yudianto Yudianto, Luthfi Parinduri, Bonar Harahap

Abstract


Permasalahan yang dihadapi perusahaan diantaranya masalah kualitas pada produk kertas bobbin yang tidak memenuhi spesifikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kecacatan yang terjadi pada produk kertas bobbin telah terkendali secara statistik, menganalisa jenis cacat yang paling mendominasi, menemukan penyebab terjadinya cacat dan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kecacatan. Penelitian ini mengamati 3 jenis cacat yaitu cacat cracked, cacat wrinkle dan cacat hole pada produk kertas bobbin. Penelitian ini menggunakan metode Statistical Process Control. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengendalian kualitas produk kertas bobbin pada PT. Pusaka Prima Mandiri masih dalam batas kendali, Jenis kecacatan yang paling banyak terjadi pada kertas bobbin adalah kecacatan wrinkle sebesar 42.11 % dari total produk cacat pada bulan Maret 2018. Dari hasil observasi lapangan dan wawancara, faktor-faktor yang menjadi penyebab kecacatan kertas bobbin adalah karena tidak sesuainya tekanan pada mesin embosser sehingga kertas berkerut, settingan mesin yang tidak sesuai pada dryer, settingan pada wire reel dan hisapan vacuum foil tidak sesuai dan operator kurang memonitor mesin yang sedang beroperasi.


Full Text:

PDF

References


Ariani, Dorothea Wahyu, 2004, Pengendalian Kualitas Statistik (Pendekatan Kuantitatif dalam Manajemen Kualitas). Yogyakarta.

Assauri, 2008, Manajemen Produksi dan Operasi. Jakarta: LPFE-UI Edisi Revisi.

Hasibuan, Abdurrozzaq, 2013, Metodologi Penelitian. Medan : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat Universitas Islam Sumatera Utara.

Ilham, Nur Muhammad, 2012, Analisis Pengendalian Kualitas Produk Dengan Menggunakan Statistical Processing Control (SPC) Pada PT. Bosowa Media Grafika (Tribun Timur). Makassar : Universitas Hasanuddin. Termuat di http://repository.unhas.ac.id/handle/ 123456789/1625. (Diakses pada 10 April 2018).

Irwan dan Didi Haryono, 2015, Pengendalian Kualitas Statistik (Pendekatan Teoritis dan Aplikatif). Bandung : Alfabeta

Nasution, Arman Hakim, 2006, Manajemen Industri. Yogyakarta : Andi.

Nisak, Fitrotun, 2013, Analisis Pengendalian Mutu Produk Menggunakan Statistical Procces Control (SPC) (Studi kasus PT. Mitratani 27 Jember). Jember : Universitas Jember. Termuat dihttp://repository.unej.ac.id/handle/1234 5678/6257. (Diakses pada 10 April 2018).

Syukron, Amin, 2014, Pengantar Manajemen Industri. Yoyakarta: Graha Ilmu.

Tim Dosen Mata Kuliah Teknik Pengendalian Kualitas, 2009, Buku Ajar Teknik Pengendalian Kualitas. Surabaya : Universitas Wijaya Putra.

Tjiptono, Fandy dan Anastasia Diana, 2003, Total Quality Management –Edisi Revisi. Yogyakarta: Andi.

Https://tiosampurno.blogspot.com/2015/02/uji-kecukupan-data kuesioner.html? =1.

(Diakses pada tanggal 19 Juli 2018)

https://ichwandezone.wordpress.com/2014/11/08/pengetahuan-tentang-statistical-process-control-/. (Diakses pada tanggal 19 Juli 2018)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Yudianto Yudianto, Luthfi Parinduri, Bonar Harahap

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Buletin Utama Teknik

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan, Medan 20217

Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but
Email: bultek@ft.uisu.ac.id

Buletin Utama Teknik is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License