PEMANFAATAN LIMBAH PLASTIK HDPE (HIGH DENSITY POLYTHYLENE) SEBAGAI BAHAN PEMBUATAN PAVING BLOCK

Kartika Indah Sari, Ahmad Bima Nusa

Abstract


Dewaasa ini, banyak konsumen yang memilih Paving Block dibandingkan perkerasan lain seperti dak beton maupun aspal. Meningkatnya minat konsumen terhadap Paving Block karena konstruksi perkerasan dengan menggunakan Paving Block yang ramah lingkungan dimana Paving Block sangat baik dalam membantu konservasi air tanah, pelaksanaannya lebih cepat, mudah dalam pemasangan dan pemeliharaan, memiliki berbagai macam bentuk yang menambah nilai estetika, dan harganya yang mudah dijangkau. Namun disamping itu ketergantungan penggunaan semen sebagai perekat pada Paving Block masih tinggi. Telah diketahui bersama bahwa penggunaan semen secara berlebihan dapat menyebabkan polusi dan bahan dasar pembuat semen itu sendiri semakin berkurang, ditambah lagi proses produksinya yang tidak ramah lingkungan. Oleh karena itu disini dilakukan penelitian tentang pemanfaatan limbah plastik sebagai bahan pembuatan paving block sekaligus sebagai upaya mengurangi limbah plastik, khususnya plastik kresek atau HDPE (High Density Polythylene),disamping untuk mengurangi limbah plastik yang membutuhkan waktu lama untuk terurai dengan tanah, sifat dari plastik yang mudah meleleh namum apabila sudah dingin atau berada pada suhu normal dapat menjadi sangat keras dan cocok digunakan sebagai bahan pembuat Paving Block. penelitian ini juga akan menguji kuat tekan pada paving blcok berbahan limbah plastik dan membandingkan dengan paving block berbahan dasar semen den pasir.

Kata-Kata Kunci: Conblock, Paving Block, Plastik, HDPE (High Density Polythylene), Kuat Tekan


Full Text:

PDF

References


Arif F, 2013, Pemanfaatan Limbah Botol Plastik Sebagai Bahan Eco Plafie (Economic plastic Fiber) Paving Block Yang Berkonsep Ramah Lingkungan Dengan Uji Tekan, Uji kejut, Serapan Air. Jurnal Teknik Sipil Universitas Sumatera Utara.

Badan Standardisasi Nasional, 1996, Paving Block: SNI 03-0691-1996. Jakarta: BSN.

Hedi S., 2016, Pengaruh Waktu Perendaman Terhadap Uji Kuat Tekan Paving Block Menggunakan Campuran Tanah, Semen Dan Abu Sekam Padi Dengan Alat Pemadat Modifikasi. Skripsi. Universitas Lampung, Bandar Lampung.

SNI T 04–1990–F, Klasifikasi Paving Block, Badan Standarisasi Nasional, Jakarta.

Zulmahdi D. dkk., 2012, Pemanfaatan Blotong Untuk Bahan Baku Pembuatan Paving Block . Jurnal Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Jurusan Teknik Sipil.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Kartika Indah Sari, Ahmad Bima Nusa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Buletin Utama Teknik

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan, Medan 20217

Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but
Email: bultek@ft.uisu.ac.id

Buletin Utama Teknik is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License