EVALUASI KINERJA PERSIMPANGAN AKIBAT ADANYA FLY OVER JAMIN GINTING TERHADAP PERGERAKAN ARUS LALU LINTAS

Marwan Lubis, Alexander Samosir, Nuril Mahda

Abstract


Tingkat pertumbuhan kendaraan yang semakin meningkat di kota Medan akan menimbulkan kemacetan yang sering terjadi pada jam-jam tertentu, terutama disuatu persimpangan, sehingga banyak dari pengguna jalan yang mengeluhkan hal tersebut. Dengan adanya Fly Over diharapkan mampu menjadi solusi masalah kemacetan yang ada. Fly Over adalah perlengkapan jalan beban hambatan untuk mengatasi permasalahan karena konflik dipersimpangan dan menghindari daerah/kawasan yang selalu menghadapi permasalahan kemacetan lalu lintas. Kinerja pada persimpangan Fly Over jalan Jamin Ginting telah mencapai kondisi yang buruk sebagai akibat pertumbuhan arus lalu lintas yang semakin meningkat. Berdasarkan hasil data lapangan didapat nilai derajat kejenuhan (DS) = 1,34 > 0,75, kondisi tersebut menyebabkan tundaan rata-rata persimpangan sebesar 305,42 detik dan tingkat pelayananya F (buruk sekali). Penanganan simpang dilakukan dengan merubah waktu hilang (LTI) dan waktu hijau (g) sesuai dengan standar nilai normal waktu antar hijau di MKJI dimaksudkan agar dapat mempersingkat waktu siklus (c). Dari hasil simulasi dengan waktu siklus (c) = 114 detik, waktu hijau (Σg) = 90 detik, serta waktu hilang 24 detik, didapat nilai Ds = 0.76 dan tundaan sebesar 24,73 detik serta tingkat pelayanannya C (sedang). Dengan hasil perhitungan simulasi tersebut, maka kepadatan lalu lintasnya mulai berkurang dan pengendara cukup aman dalam berlalu-lintas serta menambah kenyamanan untuk pengguna jalan karena waktu siklus yang lebih pendek.

Full Text:

PDF

References


Alamsyah, Alik, 2005, Rekayasa Lalu-lintas, Penerbit UMM, Malang.

Anonimus, 1997, Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI), Departemen Pekerjaan Umum Direktorat Jenderal Bina Marga, Jakarta.

Fidel Miro, 2012, Pengantar Sistem Transportasi, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Abraham Marpaung, Medis Surbakti, Analisis Lalu Lintas Terhadap Kebutuhan Pembangunan Jalan Layang Pada Persmpangan, Departemen Teknik Sipil/Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara.

Lina Hasyyati dan Hera Widyastuti, Studi Kelayakan Pembangunan Fly Over Jalan Akses Pelabuhan Teluk Lamong Ditinjau Dari Segi Lalu Lintas Dan Ekonomi Jalan Raya, Jurusan Teknik Sipil, Universitas Malikussaleh.

Nanang Firmansyah dan Istiar, Studi Kelayakan Pembangunan Fly Over Di Dimpang Gedangan Sidoarjo Ditinjau Dari Segi Lalu Lintas Dan Ekonomi Jalan Raya, Jurusan Teknik Sipil, ITS.

Khisty, C. Jotin and Lall, B. Kent. 2003. Dasar-dasar Rekayasa Transportasi Jilid 3, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Morlok, Edward K, 1995, Pengantar Teknik dan Perencanaan Transportasi, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Peraturan Menteri Perhubungan Nomor KM 14, 2006, Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas, Menteri Perhubungan.

R. Warpani, Suwardjoko, 2002, Pengelolaan Lalu-lintas dan Angkutan Jalan, penerbit ITB, Bandung.

Sukirman, Silvia, 1999, Dasar-Dasar Perencanaan Geometrik Jalan, Nova, Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Buletin Teknik

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Website : https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but
Email : bultek@ft.uisu.ac.id

Creative Commons License
Buletin Teknik is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License