PENERAPAN MANAGEMEN LALU LINTAS PADA JARINGAN JALAN DI KOTA KISARAN KABUPATEN ASAHAN

Fri Adek Arisandi, Marwan Lubis, M. Husni Malik Hasibuan

Abstract


Lalu lintas pada jaringan jalan di Kota Kisaran Kabupaten Asahan menjadi gejala yang perlu diperhatikan dan ditangani secara bijak dan tepat melalui berbagai penanganan terutama penanganan jangka pendek dalam bentuk penanganan seketika (action plant) pada lokasi yang terjadi yang terdapat banyaknya simpang bersinyal dengan jarak pendekatan, salah satu bentuk penanganan yang dilakukan adalah dengan cara mengkoordinasikan beberapa persimpangan yang ada di lokasi studi serta meningkatkan kinerja pada jaringan jalan menuju pusat Kota Kisaran. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan penataan terkait sektor transportasi di beberapa titik utama ruas jalan agar tetap terciptanya kelancaran lalu lintas. Metode pengambilan data yang dilakukan adalah dengan melakukan survei geometrik jalan, lalu lintas harian kendaraan, perilaku pengguna jalan dan parkir pada kawasan kota Kisaran. Data yang diperoleh digunakan untuk mendapatkan kondisi eksisting terjenuh yang akan menjadi acuan dalam merencanakan waktu siklus baru dengan memperhatikan teori koordinasi simpang. Hasil kajian yang diteliti bahwa penerapan managemen lalu lintas dapat memberikan dampak postif berupa tetap terciptanya kelancaran arus lalu lintas dan kenyamanan bagi pengguna jalan. Kajian yang diteliti terdapat 7 (tujuh) penggal jalan dengan tingkat pelayanan A, 15 (lima belas) B dan 2 (dua) penggal jalan memiliki tingkat pelayanan C. Analisis kinerja ruas mengacu pada MKJI 1997, parameter yang digunakan dalam menentukan pertumbuhan lalu lintas di Kota Kisaran.

Full Text:

PDF

References


Anomius, 1997, Manual Kapsitas Jalan Indonesia (MKJI). Departemen Pekerjaan Umum Direktorat Jenderal Bina Marga, Jakarta.

A. Munawar, 2004, Manajemen Lalu Lintas, Perkotaan, Betta offset, Yogyakarta.

Alamsyah, Alik Ansyori, 2008, Rekayasa Lalu Lintas, Edisi Revisi, UUM Press.

Emal Z. M., 2010, Analisa dan Koordinasi Sinyal antar Simpang pada Ruas Jalan

Hobbs, F. D., 1995, Perencanaan dan Teknik Lalu-Lintas, Edisi kedua, Gadjah Mada University Press.

Khiaty, C.J. dan Lall, B. K., 2006, Dasar – dasar Rekayasa Transportasi Jilid 1, Erlangga. Jakarta

Khiaty, C.J. dan Lall, B. K., 2006, Dasar– Dasar Rekayasa Transportasi Jilid 2, Erlangga. Jakarta.

Morlok, Edward K., 1995, Pengantar Teknik dan Perencanaan Transportasi, Erlangga, Jakarta.

Marwan, Lubis, 2007, Studi Manajemen Lalu Lintas Meningkat Kinerja Jaringan Jalan Pada Daerah Lingkar Dalam Kota Medan. Tesis, Program Studi Teknik Sipil (Sub Manajemen Prasana Publik), Universitas Sumatera Utara, Medan.

McShane, W. R and Roess, R. P., 1990, Traffic Engineering, Prentice Hall, Englewood Cliffs, New Jersey.

Oglesby, C.H dan Hicks, R.G., 1999, Teknik Jalan Raya Jilid 1, Erlangga Jakarta.

Sukirman Sylvia, 1992, Perencanaan Geometrik Jalan

Tamin O.Z., 1997, Perencanaan & Pemodelan Transportasi, Edisi Kedua. Bandung: ITB

Tamin, Z. Ofyar, 2008, Perencanaan, Permodelan dan Rekayasa Transportasi, ITB. Bandung.




DOI: https://doi.org/10.30743/but.v15i2.2318

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Fri Adek Arisandi, Marwan Lubis, M. Husni Malik Hasibuan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Buletin Utama Teknik

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan, Medan 20217

Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but
Email: bultek@ft.uisu.ac.id

Buletin Utama Teknik is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License