ANALISIS KELAYAKAN DAN SENSITIVITAS: STUDI KASUS UKM MOCHI KECAMATAN MEDAN SELAYANG

Ivo Andika Hasugian, Fionna Ingrid, Khairunisa Wardana

Abstract


Usaha Kecil dan Menengah (UKM) merupakan salah satu bidang yang memberikan kontribusi yang segnifikan dalam memacu pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dikarenakan daya serap UKM terhadap tenaga kerja yang sangat besar dan dekat dengan rakyat kecil. Salah satu produk makanan yang dihasilkan oleh UKM yang berada di kecamatan Medan Selayang yaitu kue mochi. Pada UKM ini akan dilakukan analisis kelayakan dan sensitivitas. Analisis sensitivitas memberikan gambaran sejauh mana suatu keputusan akan cukup kuat berhadapan dengan perubahan faktor-faktor atau parameter-parameter yang mempengaruhi. Analisis ini dilakukan dengan mengubah nilai dari suatu parameter pada suatu saat untuk selanjutnya dilihat pengaruhnya terhadap akseptabilitas suatu alternatif investasi. Adapun perhitungan kriteria investasi yang digunakan yaitu dengan menghitung EAT (Earning After Tax) terlebih dahulu kemudian dilanjutkan dengan perhitungan IRR, PP, NPV dan NET B/C. Analisis sensitivitas yang dilakukan menunjukan bahwa UKM Kue Mochi di Kecamatan Medan Selayang tidak mampu layak diinvestasikan jika terjadi peningkatan total biaya produksi sebesar dan penurunan pendapatan sebesar 10%, 11% dan 12%. Hasil analisis sensitivitas menunjukan bahwa UKM Mochi di Kecamatan Medan Selayang sensitif terhadap peningkatan total biaya produksi dan penurunan pendapatan.

Full Text:

PDF

References


Jauhari, Jaidan, 2010, Upaya Pengembanagan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dengan Memanfaatkan E, Commerce. Jurnal Sistem Informasi (JSI), Vol. 2, No. 1

Priyo, Mandiyo, 2012, Ekonomi Teknik. Yogyakarta : Penerbit LP3M UMY.

Silalahi, R.L.R.Sari, D.P, dan Dewi, I.A., 2017, Pengujian Free Fatty Acid (FFA) dan Colour untuk Menguji Mutu Minyak Goreng Produksi PT. XYZ. Jurnal Teknologi dan Manajemen Agroindustri , 6 (1), 41-50.

Sulastri, Lilis, 2016, Studi Kelayakan Bisnis Untuk Wirausaha. LGM - LaGood's Publishing

Wulandari,Lita, Hermanto Siregar, dan Hendri Tanjung, 2017, Analisis Investasi dan Sensitivitas Unit Usaha Pembiayaan Syariah Menuju Spin Off (Case Study : Adira Finance). Jurnal Al-Muzara’ah. Vol. 5 No. 2.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Buletin Teknik

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Website : https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but
Email : bultek@ft.uisu.ac.id

Creative Commons License
Buletin Teknik is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License