EVALUASI EKONOMI TEKNIK PADA USAHA BENGKEL LAS (Studi Kasus Bengkel Las XYZ, Medan, Sumatera Utara)

Ivo Andika Hasugian, Putra Hasiholan Sidauruk, Angandowa Zalukhu

Abstract


Bengkel Las XYZ merupakan salah satu bengkel las di medan yang bergerak dibidang produksi barang seperti pagar rumah, kanopi, jendela, pintu dan sebagainya. Pembuatan produk pada usaha ini sudah menggunakan mesin-mesin produksi seperti mesin gerinda, mesin potong, mesin bor, trafo. Mesin mesin tersebut biasanya akan diganti setiap 5 tahun sekali, sehingga perlu dilakukan evaluasi ekonomi Teknik apakah usaha tersebut layak dijalankan atau tidak. Tujuan dilakukannya kelayakan usaha pada usaha bengkel las ini adalah untuk menhindari resiko kerugian, mempermudah perencanaan, memudahkan pelaksanaan pekerjaan, memudahkan pengawasan serta memudahkan pengendalian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini meliputi biaya produksi, harga pokok produksi, titik impas dan kelayakan usaha yang meliputi Net Present Value (NPV), Benefit Cost Ratio Analysis (Net B/C), dan Payback Period (PBP). Berdasarkan analisis ekonomi pada umur proyek lime tahun didapatkan biaya produksi sebesar Rp. 354.287.866 / bulan, Harga Pokok Produksi (HPP) sebesar Rp. 29.523.988/unit, nilai titik impas sebesar 10 unit produk/bulan, NPV sebesar Rp. 239.227.020/tahun, Net B/C sebesar 1,02 dan PBP selama 4 bulan.

Full Text:

PDF

References


Batubara, Helmina, 2013, Penentuan Harga Pokok Produksi Berdasarkan Metode Full Costing Pada Pembuatan Etalase Kaca dan Alumunium di UD. Istana Alumunium Manado. Jurnal EMBA. Vol. 1 No. 3.

Buata, Nirmala, dkk., 2015, Analisis Perencanaan Laba Perusahaan Melalui Penerapan Break Even Point Pada PT. Tira Austenite Tbk Bitung. Jurnal EMBA.Vol.3 No. 1.

Ginting, Elisabeth, dkk., 2019, Ekonomi Teknik. Medan: Universitas Sumatera Utara.

Kalengkongan, Glenda, 2013, Tingkat Suku Bunga Dan Inflasi Pengaruhnya Terhadap Return On Asset (Roa) Pada Industri Perbankan Yang Go Public Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal EMBA. Vol. 1 No. 4.

Kastaman R., 2004, Ekonomi Teknik Untuk Pengembangan Kewirausahaan. Bandung (ID). Pustaka Giratuna dan ELOC-UNPAD.

Mairuhu, Samuel, 2014, Analisis Penerapan Metode Penyusutan Aktiva Tetap dan Implikasinya Terhadap Laba Perusahaan Pada Perum Bulog Divre Sulut dan Gorontalo. Vol. 2 No. 4.

Nurhayati, Ai, 2017, Ekonomi Teknik. Yogyakarta. ANDI

Tandelilin, Eduardus, 2010, Portofolio dan Investasi. Yogyakarta. Kanisius

Thoriq, Ahmad, dkk., 2018, Analisis Kinerja Dan Kelayakan Finansial Mesin Pengupas Kentang Tipe Silinder Abrasive. Jurnal Ilmiah Rekayasa Pertanian dan Biosistem. Vol. 6 No. 1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Buletin Teknik

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Website : https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but
Email : bultek@ft.uisu.ac.id

Creative Commons License
Buletin Teknik is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License