ANALISIS PENENTUAN HARGA POKOK PRODUKSI DAN HARGA JUAL TEMPE DENGAN MENGGUNAKAN METODE FULL COSTING PADA HOME INDUSTRY

Dwi Narullita Dini, Tri Hernawati, Siti Rahmah Sibuea

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis perbandingan antara perhitungan harga pokok produksi dengan menggunakan metode full costing yang dilakukan peneliti dan perhitungan harga pokok produksi dan harga jual yang dilakukan oleh Home Industry tempe di Desa Rebah. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di Home Industry tempe Desa Rebah, Dusun II, Kecamatan Dolok Merawan, Kabupaten Serdang Bedagai. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode dokumentasi, wawancara, dan analisis menggunakan metode full costing untuk menentukan harga pokok produksi dan harga jual. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada perbedaan, dalam perhitungan harga pokok produksi tempe menurut metode full costing adalah Rp. 9.894,20,-/kg, sedangkan harga pokok produksi menurut perusahaan adalah Rp. 8.959,83/kg dan harga jual menurut perusahaan adalah Rp.12.000,-kg. 


Full Text:

PDF

References


. Mulyadi, 2000. Akuntansi Biaya. Edisi Kelima, Cetakan Kedelapan. Penerbit Aditya Media, Yogyakarta.

. Bayu Nugroho, 2018. Analisis Penentuan Harga Pokok Produksi Jamu Dengan Menggunakan Metode Full Costing Pada Usada Jamu Bu Tini.Skripsi. Universitas Sanata Dharma.Yogyakarta. Diakses pada tanggal 03 September 2019 melalui(https://repository.usd.ac.id).

. Eprilianta, Silvania, 2011. Analisi Perhitungan Harga Pokok Produksi Tahu dengan Metode Full Costing Pada Industri Kecil. CV Laksa Mandiri, Skripsi. Institut Pertanian Bogor. Bogor. Diakses pada tanggal 26 Agustus 2019 melalui (https://repository.ipb.ac.id).

. Nolik Tripramujo, 2014. Analisis Perhitungan Harga Pokok Produksi Menggunakan Metode Full Costing dan Variabel Costing Sebagai Dasar Penentuan Harga Jual. E-journal Jurusan Akuntansi fakultas Ekonomi. Universitas Islam Majapahit. Diakses pada tanggal 04 September 2019 melalui(https://repository.unim.ac.id).

. Nur Sarifillah, 2019. Analisis Perhitungan Harga Pokok Produksi Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah Tahu Bapak Paiman. Skripsi. Surakarta. Diakses pada tanggal 26 Agustus 2019 melalui (http://eprints.iain-surakarta.ac.id/3883/1/Skripsi).

. Rina Hasyim, 2017. Analisisi Penentuan Harga Pokok Produksi dan Harga Jual Dengan Menggunakan Metode Full Costing Pada Home Industry Khoiriyah. E-journal jurusan pendidikan ekonomi. Universitas Pendidikan Ganesha. Taman Sari, Singaraja. Diakses pada tanggal 26 Agustus 2019 melalui (https://docplayer.info/amp/63504305.html).

. Zainal Aripin, 2014. Analisis Harga Pokok Produksi Tahu dan Tempe Pada Home Industry Lela Jaya Manna. Skripsi. Universitas Bengkulu. Bengkulu Selatan. Diakses pada tanggal 27 Agustus 2019 melalui (https://repository.unib.ac.id).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Dwi Narullita Dini, Tri Hernawati, Siti Rahmah Sibuea

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Buletin Utama Teknik

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan, Medan 20217

Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but
Email: bultek@ft.uisu.ac.id

Buletin Utama Teknik is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License