MENENTUKAN KRITERIA YANG PALING BERPENGARUH ANTARA INVESTASI, PRODUK, POTENSI KEUNTUNGAN DAN MEREK TERHADAP KEPUTUSAN WIRAUSAHAWAN MEMBELI FRANCHISE (STUDI KASUS FRANCHISE FAFA CHEESE)

Budi Setiawan, Suliawati Suliawati, Mahrani Arfah

Abstract


Pasar kuliner dalam negeri semakin maju dengan kehadiran menu dari luar negeri. Salah satunya, cheese cake ala Jepang. Bolu super lembut dengan rasa keju yang kuat ini menuai banyak penggemar. Faktor potensi keuntungan menjadi faktor utama dalam pembelian franchise. Hal ini disebabkan karena manusia akan memikirkan keuntungan terlebih dahulu dalam membeli franchise Fafa Cheese. Kemudian faktor yang kedua adalah produk yang dijual, dikarenakan setelah memikirkan keuntungan, para investor akan memikirkan jenis produk yang dijual apakah produk tersebut mampu bertahan dalam persaingan 5 tahun kedepan. Kemudian untuk faktor yang ketiga adalah Investasi, hal ini dikarenakan para investor akan memikirkan berapa besar biaya investasi yang akan diberikan akan sesuai dengan keuntungan dan produk yang dijual. Kemudian untuk faktor yang keempat adalah Merek, para investor tentunya juga akan melihat, bagaimana merek yang akan diperjualkan itu mampu bersaing dengan merek-merek ternama lainnya, hal ini juga sebagai pertimbangan dalam membeli sebuah Franchise khususnya pada Fafa Cheese.


Full Text:

PDF

References


. Abdulkadir Muhammad, 2010, Hukum Perusahaan Indonesia, Bandung: PT. Citra Aditya Bakti

. Abdul R. Saliman, 2014, Hukum Bisnis Untuk Perusahaan Teori dan Contoh Kasus, Jakarta: Kencana Prenadamedia Group

. Cut Fiarni, dkk., 2013, Personalized Tourist Recomended Systems Based on Analytic Hierarchy Process (AHP). Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia.

. Falatehan, A. Faroby, 2016, Analytical Hierarchy Process (AHP): Teknik Pengambilan Keputusan Untuk Pembangunan Daerah. Indomedia Pustaka. Yogyakarta.

. Hartimbul Ginting, Nembah F., 2011, Manajemen Pemasaran. Bandung: CV Yrama Widya.

. Jogiyanto, 2003, Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Edisi Ketiga. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

. Karamoy, Amir, 2013, Percaturan Waralaba Indonesia. Jakarta: PT Foresight Asia.

. Rahmayanti, Reni 2010, Analisis Pemilihan Supplier Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret, Surakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Buletin Teknik

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Website : https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but
Email : bultek@ft.uisu.ac.id

Creative Commons License
Buletin Teknik is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License