ANALISA RPN (RISK PRIORITY NUMBER) TERHADAP KEANDALAN KOMPONEN MESIN KOMPRESORDOUBLE SCREW MENGGUNAKAN METODE FMEA DI PABRIK SEMEN PT. XYZ

M. Rinoza, Junaidi Junaidi, Fadly Ahmad Kurniawan

Abstract


PT. XYZ merupakan perusahaan manufaktur yang bergerak dalam proses produksi semen XXX. PT. XYZ belum menerapkan sistem pemeliharaan secara efektif. Sistem pemeliharaan yang sudah diterapkan adalah predictive maintenance, yaitu melakukan perbaikan mesin dengan jadwal yang tidak ditentukan. Dalam mempertahankan mutu dan meningkatkan produktivitas, salah satu faktor penting yang harus diperhatikan adalah masalah perawatan mesin dan fasilitas produksi. Kompresor double screw merupakan salah satu yang paling banyak di gunakan dalam perindustrian terutama di pabrik semen PT. XYZ, jika produksi terus menerus meningkat maka diperlukan perawatan khusus pada mesin kompresordouble screwyang efektif dan efisien dengan menggunakan metode failure mode and effects analysis (FMEA) di pabrik semen PT. XYZ. Metode failure mode and effects analysis (FMEA) adalah sebagai suatu proses yang digunakan untuk menentukan tindakan yang seharusnya dilakukan untuk menjamin setiap item fisik atau suatu sistem dapat berjalan dengan baik sesuai dengan fungsi yang diinginkan oleh penggunanya. Berdasarkan hasil analisa diperoleh perawatan yang digunakan untuk mesin komponen dari kompresor double screw yaitu pada komponen  unloader kit dan non retur valve sebesar 84 sedangkan nilai RPN rata-rata terendah komponen dari kompresor double screw yaitu pada komponen oil filter dan penambahan oli sebesar 30. Ketersediaan (availability) dari seluruh komponen kompresor double screw diketahui dengan nilai availability sebesar 99%.


Keywords


Effects Analysis; Kompresor Double Screw; Ketersediaan; Maintenance

Full Text:

PDF

References


R. A. Kurniawan and H. M. Kholik, 2017, Usulan Perawatan Mesin Stitching Dengan Metode Reliability Centered Maintenance, J. Tek. Ind., vol. 16, no. 2, p. 83, doi: 10.22219/jtiumm.vol16.no2.83-91.

N. Budi Puspitasari, G. Padma Arianie, and P. Adi Wicaksono, 2017, Analisis Identifikasi Masalah Dengan Menggunakan Metode Failure Mode And Effect Analysis (Fmea) Dan Risk Priority Number (Rpn) Pada Sub Assembly Line (Studi Kasus : PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia),” J@ti Undip J. Tek. Ind., vol. 12, no. 2, p. 77, doi: 10.14710/jati.12.2.77-84.

A. Surya, S. Agung, and P. Charles, “Penerapan Metode FMEA (Failure Mode And Effect Analysis) Untuk Kualifikasi Dan Pencegahan Resiko Akibat Terjadinya Lean Waste,” J. Online Poros Tek. Mesin, vol. 6, no. 1, pp. 45–57, 2017, [Online]. Available: https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/poros/article/download/14864/14430.

ade hery Sumantri, 2013, Kompresor Udara Menggunakan Metode Fmea Di Pt . Pertamina ( Persero ) Refinery Unit Ii Dumai Kompresor Udara Menggunakan Metode Fmea Di Pt . Pertamina ( Persero ) Refinery Unit Ii,” vol. 48–96, no. 5, p. 16.

A. D. Susanto and H. H. Azwir, 2018, Perencanaan Perawatan Pada Unit Kompresor Tipe Screw Dengan Metode RCM di Industri Otomotif,” J. Ilm. Tek. Ind., vol. 17, no. 1, p. 21, doi: 10.23917/jiti.v17i1.5380.

M. B. Anthony, “Analisis Penyebab Kerusakan Hot Rooler Table dengan Menggunakan Metode Failure Mode And Effect Analysis (FMEA),” J. INTECH Tek. Ind. Univ. Serang Raya, vol. 4, no. 1, p. 1, 2018, doi: 10.30656/intech.v4i1.851.

A. B. P. Di and K. Batanghari, 2017, Peningkatan Mutu Pemeliharaan Mesin Pengaruhnya Terhadap Proses Produksi Pada Pt. Aneka Bumi Pratama,” vol. 17, no. 3, pp.

N. Y. H. Noor Ahmadi, 2017, Analisis Pemeliharaan Mesin Blowmould Dengan Metode RCM Di PT. CCAI,” J. Optimasi Sist. Ind., vol. 16, no. 2, pp. 167–176.

I. B. Suryaningrat, W. Febriyanti, and W. Amilia, 2019, Identifikasi Risiko Pada Okra Menggunakan Failure Mode and Effect Analysis (Fmea) Di Pt. Mitratani Dua Tujuh Di Kabupaten Jember,” J. Agroteknologi, vol. 13, no. 01, p. 25, doi: 10.19184/j-agt.v13i01.8265.

I. Pendahuluan and K. Steel, Analysis Of Compressor Isentropic Efficiency Type Sullair Case Study In PT . Krakatau Steel ( Persero ) Cilegon by Using menunjukkan seberapa kuat pembangunan dan kekuatan pembangunan dan kekuatan industri baja nasional.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 M. Rinoza, Junaidi Junaidi, Fadly Ahmad Kurniawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Buletin Utama Teknik

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan, Medan 20217

Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but
Email: bultek@ft.uisu.ac.id

Buletin Utama Teknik is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License