PENGARUH PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO (PDRB) TERHADAP KEMISKINAN DI KOTA PADANGSIDIMPUAN

Abdul Rahman Suleman, Abdurrozzaq Hasibuan

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Terhadap Kemiskinan Di Kota Padangsidimpuan. Metode digunakan adalah kuantitati, dengan sumber data yang digunakan adalah data sekunder. Populasi dan Sampel terdiri dari data jumlah penduduk miskin dan data Produk Domestik Regional Bruto Provinsi (PDRB) pada tahun 2007 sampai dengan tahun 2016 yang berjumah 10 tahun data. Analisis data penelitian ini adalah analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan diperoleh bahwa Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) mempunyai pengaruh yang positif terhadap kemiskinan di Kota Padangsidimpuan dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,287, hal ini menyatakan bahwa setiap penambahan 1% tingkat Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kota Padangsidimpuan maka akan menyebabkan peningkatan jumlah penduduk miskin sebesar 28,7% dan begitu juga sebaliknya. Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) berpengaruh signifikan terhadap kemiskinan di Kota Padangsidimpuan, hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan uji t-Statistik (Uji Parsial) yang diperoleh yaitu nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,004 < lebih kecil 0,05 dan nilai thitung sebesar 3,134 lebih besar dari > ttabel 2,262. Besarnya pengaruh Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) terhadap kemiskinan di Kota Padangsidimpuan sebesar 49,5% Sedangkan sisanya sebesar 50,5% dijelaskan oleh variabel lain di luar model estimasi penelitian ini.


Keywords


PDRB; Kemiskinan; Kota Padangsidimpuan

Full Text:

PDF

References


. Hermanto Siregar, 2010, Dampak Pertumbuhan Ekonomi Terhadap Penurunan Jumlah Penduduk Miskin. IPB. http://pustaka. blog.mb.ipb.ac.id/files/2010/06/dampak-ptbmbhn-ek_hermanto.pdf.

. Mudrajad Kuncoro, 1997, Ekonomi Pembangunan: Teori, Masalah Dan Kebijakan. 2nd ed. Yogyakarta : UPP AMP YKPN, 2000. http://pustakamaya.lan.go.id/ opac/detail-opac?id=11342.

. MUHAMMAD TEGUH. 2010. Ekonomi Industri. Jakarta: Rajawali Pers. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=874884.

. Subhana. 2005. Dasar-Dasar Penelitian Ilmiah. 1st ed. Bandung: Pustaka Setia bandung. http://opac.ut.ac.id/detail-opac? id=16015.

. Tarigan, Robinson, 2005, Ekonomi Regional : Teori Dan Aplikasi. 2nd ed. Jakarta: Bumi Aksara. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=349200#.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Abdul Rahman Suleman, Abdurrozzaq Hasibuan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Buletin Utama Teknik

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan, Medan 20217

Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but
Email: bultek@ft.uisu.ac.id

Buletin Utama Teknik is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License