STABILITAS TANAH LEMPUNG MENGGUNAKAN KAPUR (CaO) DITINJAU DARI PENGUJIAN KUAT TEKAN BEBAS (UNCONFINED COMPRESSION TEST)

Kartika Indah Sari

Abstract


Tanah merupakan material yang paling banyak digunakan dalam pembangunan suatu konstruksi, seperti tanah timbunan, bendungan urugan, tanggul sungai, dan timbunan badan jalan. Akan tetapi tidak semua tanah dapat digunakan sebagai bahan konstruksi, tanah haruslah bersifat keras sehingga sesuai dengan persyaratan teknis, apabila tanah tersebut tidak memenuhi persyaratan, maka tanah tersebut perlu di stabilisasi. Stabilisasi yang bisa digunakan adalah compaction dan bahan pencampuran (admixture). Pada penelitian ini digunakan bahan campuran kapur. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan kuat daya dukung tanah yang dicampur dengan kapur  dengan melakukan uji UCT (Unconfined Compression Test). Tanah lempung pada penelitian ini termasuk pada tanah lempung anorganik dengan kadar air 40,49 %, berat spesifik 2,66%, batas cair 51,92% dan indeks plastisitas 27,58%, dan untuk pengujian kuat tekan bebas nilai kuat tekan tanah (qu) asli sebesar 1,365 gr/cm², sedangkan pada tanah remoulded (qu) sebesar 0,492 gr/cm². Dengan penambahan kapur dalam waktu pemeraman 1 hari (curing time) dapat menurunkan batas cair menjadi 45,31% dan indeks plastisitas 13,38%. Sedangkan nilai kuat tekan (qu) yang paling maksimum pada penambahan kapur 10% (1,66 gr/cm²).


Keywords


Lempung; Kapur; Bahan Stabilisasi Tanah.Uct.

Full Text:

PDF

References


. Andreass, D. 2016. Pengaruh Campuran Semen Protland Tipe I Dan Arang Tempurung Kelapa Sebagai Bahan Stabilisasi Pada Tanah Lempung Dengan Uji Kuat Tekan Bebas. Medan: Program Studi Teknik Sipil Universitas Sumatra Utara.

. Bowles, J. E. 1991. Sifat-Sifat dan Geoteknis Tanah (mekanika Tanah). Jakarta: Erlangga.

. Das, B, M. 1991. Mekanika Tanah, Prinsip-Prinsip Rekayasa Geoteknis, Jilid I. Jakarta: Erlangga.

. Das, B, M. 1991. Mekanika Tanah, Prinsip-Prinsip Rekayasa Geoteknis, Jilid II. Jakarta: Erlangga.

. Farras Nasywa, S T. 2018. Stabilisasi Tanah Lempung Menggunakan Semen, Gypsum, Dan Kapur (CaO) Ditinjau Dari pengujian Kuat Tekan Bebas (Unconfined Compression Test). Medan: Program Studi Teknik Sipil Universitas Sumatra Utara.

. Hardiyatmo, H. C. 1992. Mekanika Tanah I. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka.

. Hutagalung, S W. 2016. Kajian Kuat Tekan Bebas Pada Tanah Lempung Dengan Stabilizing Agents. Serbuk kaca dan semen. Medan: Program Studi Teknik Sipil Universitas Sumatra Utara.

. Lambe, T. W & Whitman, R. V. 1969. Soil Mechanics, Massachusetts Instirute of Tecnology.

. Limbong,M N. Stabilisasi Tanah Lempung Menggunakan Kapur (CaO) Ditinjau Dari Nilai CBR Dan Pengujain Kuat Tekan Bebas (Unconfined Compression Test). Medan: Program Studi Teknik Sipil Universitas Sumatra Utara.

. Pusat Litbang Prasarana Transportasi. 2001. Panduan Geoteknik I: Proses Pembentukan dan Sifat-Sifat Dasar Tanah Lunak. Jakarta.

. Seodarmo, G. D. dan Purnomo, S. J. E. 1997. Mekanika Tanah I. Yogyakarta: Penerbit Kanisi.

. Suardi, E. 2005. Kajian Kuat Tekan Bebas Tanah Lempung Yang Distabilisasi Dengan Additive Semen dan Kapur. Jurnal ilmah: Poly Rekayasa Teknik Sipil Politeknik Negeri Padang.

. Sutarman, E. 2013. Konsep & Aplikasi Pengantar Teknik Sipil. Yogyakarta: Andi.

. Simbolon, S H. 2017. Stabilisasi Tanah Lempung Menggunakan Semen, Gypsum, Dan Kapur (CaO) Ditinjau Dari pengujian Kuat Tekan Bebas (Unconfined Compression Test). Medan: Program Studi Teknik Sipil Universitas Sumatra Utara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Kartika Indah Sari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Buletin Utama Teknik

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan, Medan 20217

Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but
Email: bultek@ft.uisu.ac.id

Buletin Utama Teknik is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License