STABILISASI TANAH GAMBUT MENGGUNAKAN CAMPURAN SEMEN TERHADAP NILAI CBR DENGAN UJI LABORATORIUM

Kamaluddin Kamaluddin, Marwan Marwan, Rios Firmansyah, Nela Permtasari

Abstract


Tanah gambut merupakan material organik yang berasal dari tumbuhan dan terbentuk dalam tanah basah yang berubah secara kimia akibat pengaruh cuaca dan kondisi topografi. Material organik yang terkandung didalam tanah gambut mempunyai daya dukung yang relatif rendah dan memiliki kompresibiltas yang sangat besar, sehingga jika menerima atau memikul beban yang besar diatasanya akan terjadi penurunan yang besar dalam waktu yang relatif pendek, maka masalah penurunan yang besar menjadi masalah utama bagi struktur kontruksi jalan yang akan dibangun diatasnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penambahan daya dukung tanah dari segi nilai California Bearing Ratio (CBR). Penelitian ini dilakukan dilaboraturium, dengan melakukan pengujian sifat fisis tanah dan sifat mekanis tanah. Dalam hal ini untuk mengatasi permasalahan tersebut perlu dilakukan metode stabilisasi tanah dengan semen terhadap nilai California Bearing Ratio sebagai nilai yang menyatakan kualitas tanah dan juga salah satu parameter dalam menentukan kemampuan tanah dalam memikul beban struktur kontruksi jalan. Dari hasil penelitian didapat nilai California Bearing Ratio (CBR) untuk tanah asli 0% sebesar 11,78%. Untuk tanah asli + 2% semen sebesar 16,14%. Untuk tanah asli + 6% semen sebesar 13,72%. Untuk tanah asli + 10% semen sebesar 12,89%. Kesimpulan  bahwa kenaikan nilai CBR unsoaked tertinggi terjadi pada penambahan variasi campuran 2% semen.


Keywords


Tanah Gambut; Stabilisasi Semen; CBR

Full Text:

PDF

References


Ajie, Norseta S, Dan Respati Rida, 2018, Stabilisasi Tanah Gambut Palangka Raya Dengan BahanCampuran Non Organik Dan Kapur. Media IlmiahTeknik Sipil, Volume 6, Nomor 2, Juni 2018: 124.131.

B. Mochtar Indrasurya, Noor Endah dan Braja M.Das. 2017, Mekanika Tanah Prinsip Rekayasa Geoteknis, Erlangga, Surabaya.

Budi Gogot Setyo. 2011, Pengujian Tanah di Laboratorium, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Darwis, H. 2017, Dasar–Dasar Teknik Perbaikan Tanah, Pustaka AQ, Yogyakarta.

Hardiyatmo C. Hary. 2016, Mekanika Tanah, jilid1. Gajah Mada University Press, Yogyakarta.

Kamaluddin Lubis, 2019, Enhance Land Support Layer Road Pavement Subgrade Soil Plant Stability Based on Geotextile, International´ Jurnal Of Scientific Engineering and Science (IJSES) Volume : Volume 3, Nomor 10.

Luhur, Beni, Anton Ariyanto, dan Rismalindah, 2016, Stabilisasi Tanah Gambut Dengan Campuran Portland Cemant Di Tinjau Dari Nilai California Bearing Ratio (CBR). UPP, 1-7. Jurnal JurusanTeknik Sipil.

Rahayu Cindy, Kamaluddin Lubis, 2019, Analisa Pengaruh Campuran Kapur Pada Tanah Lempung Ekspansif Terhadap Nilai CBR. Jurnal JEBT sipil Skripsi Program Studi Universitas Medan Area.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Kamaluddin Kamaluddin, Marwan Marwan, Rios Firmansyah, Nela Permtasari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Buletin Utama Teknik

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan, Medan 20217

Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but
Email: bultek@ft.uisu.ac.id

Buletin Utama Teknik is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License