ANALISIS PERBANDINGAN STRUKTUR KOLOM BULAT DAN KOLOM PERSEGI TERHADAP KEKUATAN DAN BIAYA

Irfan Erwansyah, Gunawan Tarigan, Ronal H.T Simbolon

Abstract


Kolom merupakan elemen vertikal suatu struktur yang berfungsi menahan beban aksial dan momen sebagai akibat dari beban gravitasi dan beban lateral yang bekerja pada struktur. Oleh karena itu, kolom memegang peranan penting pada keutuhan struktur, apabila kolom mengalami kegagalan akan berakibat pada keruntuhan struktur bangunan atas gedung. Perbedaan yang ada pada kolompersegi dan kolom bulat sangat mendasar. Jika ditinjau dari tulangan dan sengkang, kolom bulat berpenampang spiral memilik jarak sengkang yang berdekatan dibandingkan dengan kolom persegi yang mempunyai bentuksengkang tunggal dan jarak antara yang relatif besar. Sehingga akan berpengaruh pada hasil perbandingan keduanya nanti. Kolom persegi dan kolom bulat masing - masing menghasilkan kapasitas penampang, gaya - gaya dalam seperti gaya aksial; gaya geser; gaya momen. yang berbeda. Hasil yang diperoleh dari perencanaan struktur gedung dengan programbantu SAP 2000 pada kolom persegi dan kolom bulat, ditinjau dari kapasitas penampang dengan luas dan mutu beton yang sama kolom persegi menghasilkan Pn (Aksial nominal) = 127,769 kN , Mn (Momen nominal) = 16.553,94 KNm, dan Vn (Geser nominal) = 8,073 KN sedangkan kolom bulat menghasilkan Pn (Aksial nominal) = 128,126 KN, Mn (Momen nominal) = 16.438,60 KNm dan Vn (Geser nominal) = 8,027 KN. Sehingga Kolom bulat memiliki kapasitas penampang yang lebih besar daripada kolom persegi. Ditinjau dari rasio perbandingan terhadap gaya – gaya dalam struktur, kolom persegi dengan kolombulat memiliki rasio perbandingan gaya aksial = 0,28 %, rasio perbandingan gaya geser = 0,569% dan rasio perbandingan gaya momen = 0,576 %.


Keywords


Kolom; Persegi; Bulat; Gaya Aksial; Momen

Full Text:

PDF

References


. Badan Standarisasi Nasional. 2019. Tata Cara Perencanaan Ketahanan Gempa Untuk Bangunan Gedung, SNI 1726-2019, Jakarta.

. Badan Standarisasi Nasional. 2013. Persyaratan Beton Struktural Untuk Bangunan Gedun, SNI 2847-2013, Jakarta.

. Badan Standarisasi Nasional. 2013. Beban Minimum Untuk Perancangan Bangunan Gedung dan Struktur Lain, SNI 1727-2013, Jakarta

. Direktorat Penyelidikan Masalah Bangunan, 1987. Peraturan Pembebanan Indonesia Untuk Gedung, Stensil : Bandung.

. Faris,M. Lukman. 2012. Perbandingan Efisisen bahan Kolom Persegi dan Kolom Bulat Pada Struktur Gedung Empat Lantai. Skripsi, Jember : Fakultas Teknik Universitas Jember.

. Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, 2016. Analisa Harga Satuan Pekerjaan Bidang Pekerjaan Umum, AHSP 2016, Jakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Buletin Teknik

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Website : https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but
Email : bultek@ft.uisu.ac.id

Creative Commons License
Buletin Teknik is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License