ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS DENGAN MENGGUNAKAN METODE SIX SIGMA (Studi Kasus : PT. Growth Sumatra Industry)

Bonar Harahap, Luthfi Parinduri, An Ama Lailan Fitria

Abstract


PT. Growth Sumatra Industry merupakan perusahaan yang menggunakan scrap (besi tua) sebagai bahan baku dalam bidang peleburan (melting) dan penggilingan (rolling) baja, perusahaan ini berlokasi di jalan K.L. Yos Sudarso Km.10 Medan-Belawan. Dalam era globalisasi saat ini, perkembangan dalam dunia industri baik dari sector manufaktur dan jasa telah mengalami perubahan dan perkembangan. Tiap perusahaan saling berkompetisi untuk memenangkan persaingan dan mendapatkan pangsa pasar. Dalam pencapaian visi dan misi, perusahaan terus berupaya untuk meningkatkan produksi dan peningkatan kualitas baik dari system manajemen mutu yang diterapkan maupun kualitas dari produk yang dihasilkan. Six sigma merupakan suatu metode dan teknik pengendalian dan  peningkatan kualitas menuju target 3,4 kegagalan per sejuta kesempatan (DPMO) untuk setiap transaksi produk barang dan jasa. Jadi six sigma merupakan suatu metode atau teknik pengendalian dan peningkatan kualitas dramatik yang merupakan terobosan baru dalam bidang manajemen kualitas.Dengan menggunakan metode six sigma dapat diketahui bagaimana kualitas besi baja yang diproduksi oleh PT Growth Sumatra Industry. Pedekatan six sigma pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada tiga penyebab produk defect tertinggi yaitu: cacat kuping sebanyak 43,5%, cacat cerna sebanyak 34,52 % , dan cacat retak 21,98 %.


Full Text:

PDF

References


Grant.L.E dan Leavenworth.R.S., 2013, Pengendalian Kualitas: Edisi kelima Jilid 1, Erlangga, Jakarta.

Harmando, 2013, Pendekatan Six Sigma untuk Menganalisis kualitas Produk. Palembang, temuat di: Pendekatan Six Sigma untuk Menganalisis kualitas Produk (diakses pada 8 Januari 2018)

Hidayat, Ridwan Asep, 2011, Analisis Masalah Kualitas Produk Air Mineral Pada Perusahaan Air Minum Menggunakan Metode Six Sigma termuat di: http://Jurnal SixSixma.com. (diakses pada 7 Januari 2018)

Maman, 2011, Lean Six Sigma ,termuat di: http:// maman6366.files.wordpress.com. (diakses pada 7 Januari 2018)

Muhaemin, Achmad, 2012, Analisis Pengendalian Kualitas Produk dengan Metode Six Sigma pada Harian Tribun Timur. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Manajemen, Universitas Hasanuddin. Makassar, termuat di: http://repository.unhas.ac.id/handle/1234567 89/1198

(Diakses pada 7 Januari 2018)

Saludin, 2016, Desain Untuk Six Sigma: Cara Efektif membangun Kinerja Produk dan proses Prima Dari Tahap Awal, Mitra Wacana Media, Jakarta.

Samadhi, A., Opit, P.F. dan Singal, Y.M.I., 2008, Penerapan Six Sigma untuk Peningkatan Kualitas Produk Bimoli Classic. Manado: Jurnal Teknik Industri UNDIP, Vol III, No 1, termuat di: https://ejournal.undip.ac.id/ index.php/1514 (diakses pada 8 Januari 2018)

Wahyuni, H.C., Sulistiyowati, W., dan Khamim, M., 2015, Pengendalian Kualitas: Aplikasi padaIndustri Jasa dan Manufaktur dengan Lean, Six Sigma dan Servqual. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Parinduri, L., & Sulaiman, O. K. (2018, April). Biomass analysis at palm oil factory as an electric power plant. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1007, No. 1, p. 012053). IOP Publishing.

Hasibuan, A., Arfah, M., Parinduri, L., Hernawati, T., Harahap, B.,

Sibuea, S. R., & Sulaiman, O. K. (2018, April). Performance analysis of Supply Chain Management with Supply Chain Operation reference model. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1007, No. 1, p. 012029). IOP Publishing.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Bonar Harahap, Luthfi Parinduri, An Ama Lailan Fitria

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Buletin Utama Teknik

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan, Medan 20217

Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but
Email: bultek@ft.uisu.ac.id

Buletin Utama Teknik is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License