ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI KEUNTUNGAN PENGUSAHA VCO DENGAN METODE SATURATION SAMPLING (SS) DI KABUPATEN BATU BARA

Azmi Fadillah, Abdurrozzaq Hasibuan, Siti Rahmah Sibuea

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan seberapa besar pengaruh jumlah tenaga kerja, modal dan jumlah kelapa terhadap keuntungan pengusaha VCO di Kabupaten Batu Bara. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif melalui survei berdasarkan kuisioner dengan menggunakan metode Saturation Sampling (SS). Penelitian ini mengambil seluruh populasi usaha pengusaha VCO di Kabupaten Batu Bara yaitu berjumlah 24 pengusaha. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik dan uji statistik. Hasil analisis data menggunakan regresi linier berganda menunjukkan bahwa variabel independen yaitu modal dan jumlah kelapa mempunyai pengaruh yang signifikan positif pada tingkat keyakinan 95% terhadap besarnya keuntungan usaha VCO di Kabupaten Batu Bara. Sedangkan variabel independen tenaga kerja, tidak mempunyai pengaruh yang signifikan. Berdasarkan hasil analisis diperoleh koefisien determinasi R2 sebesar 0,637338, hal ini berarti bahwa 63,73% variasi perubahan yang terjadi terhadap besarnya keuntungan usaha VCO dipengaruhi oleh semua variabel independen sedangkan 36,09% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain diluar model. Berdasarkan hasil uji F hitung > F tabel semua variabel independen secara bersama-sama mempengaruhi variabel dependen pada tingkat signifikansi 5%. Guna meningkatkan tingkat keuntungan pengusaha VCO. Pengusaha harus menambah modal dan jumlah kelapa , karena terbukti bahwa jumlah kelapa berpengaruh signifikan terhadap keuntungan usaha VCO. Kebijakan pemerintah juga diperlukan untuk memberikan bantuan-bantuan berupa bibit, permodalan melalui (KUR), penyuluhan-penyuluhan, dan pemberian jaminan/asuransi karena kegiatan usaha ini sangat beresiko bagi para pengusaha VCO.


Keywords


Usaha VCO; Keuntungan; Usaha Kecil dan Menengah Saturation Sampling.

Full Text:

PDF

References


. A.H. Hoddi, M.B.Rombe, Fahrul. 2011, Analisis Pendapatan Peternakan Sapi Potong Di Kecamatan Tanete Rilau, Kabupaten Barru. Jurnal Agribisnis. Vol. X (3) September 2011.

. Arianai, D Wahyu, 2009, Manajemen Operasi Jasa. Yogyakarta: Graha Ilmu.

. Arief, Sritua. 1993. Metodologi Penelitian Ekonomi. Jakarta : UI Press.

. Arifin Sitio dan Halomoan, 2001, Koperasi Teori dan Praktek , Jakarta: Erlangga.

. Arsyad, 2004, Industri Kecil dan UKM . Jakarta. PT. Pustaka Utama.

. Asmie Poniwati, 2008, Analisis Faktor-faktor yang Memengaruhi Tingkat Pendapatan Pedagang Pasar Tradisional di Kota Yogyakarta, Jurnal Ekonomi Bisnis Vol. 2 No 2, hal. 197 – 210.

. Badan Pusat Statistik. Banyumas Dalam Angka tahun 2020. Banyumas : Badan Pusat Statistik Kabupaten Batu Bara.

. Bambang Riyanto. 2001. Dasar-dasar Pembelanjaan Perusahaan. BPFE, Yogyakarta.

. Bygrave William, D. 1996, The Portable MBA: Entrepreneurship. Trjm. Dyah Ratna Permatasari. Jakarta : Bina Rupa Aksara.

. Dalrymple, J Douglas, Cron, L William. Decarlo, E Thomas. 2003. Sales Management. Seventh Edition, Jhon Wiley&Sons.

. Damodar, 2003, Ekonometri Dasar. Terjemahan: Sumarno Zain, Jakarta: Erlangga.

. Darmoyuwono, W. 2006. Gaya hidup Sehat Dengan Virgin Coconut Oil. Jakarta: PT. Indeks.

. Dhaneswara APP, 2010. Analisis Faktor Faktor Yang Memengaruhi Keuntungan Coffee Shop di Surakarta. Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

. Disperindag. Industri Virgin Coconut Oil Tahun 2020. Dinas Perindustrian, Perdagangan, (Disperindag) Kabupaten Batu Bara.

. Dwi Argo P. 2012. Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Keuntungan Pengusaha Gula Kelapa, Surakarta. Universitas Sebelas Maret.

. Gujarati, Damodar. 2001. Ekonometrika Dasar. Jakarta: PT. Erlangga

. Griffin, Ricky W. Ronald J. Ebert. 2006. Bisnis. Edisi kedelapan. Erlangga. Jakarta.

. Hakim, M.M. 2018. Analisis Potensi Sektor-sektor Perekonomian Kabupaten Batu Bara Tahun 2013-2017. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Medan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Buletin Teknik

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Website : https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but
Email : bultek@ft.uisu.ac.id

Creative Commons License
Buletin Teknik is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License