PENGARUH ROTASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI PT CITRA KENCANA INDUSTRI

Mulkan Yahya Nasution, Wirda Novarika AK, Siti Rahmah Sibuea

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh rotasi kerja (X1) terhadap kinerja karyawan (Y). Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan produksi  Citra Kencana Industri dengan jumlah 150 karyawan. Sampel yang digunakan sebagai objek dalam penelitian ini sejumlah 42 karyawan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah yaitu teknik sampling yang memberikan peluang yang sama bagi seluruh anggota populasi untuk dipilih menjadi anggota sampel. Metode pengumpulan data dilakukan dengan angket/kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah uji statistik melalui uji ttest, spss Berdasarkan hasil penelitian diperoleh persamaan regresi linear berganda Y= 3.361>2.021+0.05. Hasil uji t-test menunjukkan bahwa variabel rotasi kerja mempunyai pengaruh positif dan signifika terhadap kinerja karyawan, variabel motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan dan variabel kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan Hasil kinerja karyawan. Hasil uji F-test menunjukkan bahwa rotasi kerja, motivasi kerja dan kepuasan kerja secara bersama-sama berpengaruh terhadap kinerja karyawan. Sedangkan hasil koefisien determinasi (R2) sebesar 87,8%ini berarti kontribusi variabel independen (rotasi ke) mempengaruhi variabel dependen (kinerja karyawan)  sedangkan sisanya 12,2 % dipengaruhi variabel lain di luar model penelitian.


Keywords


Rotasi Kerja; Kinerja; Karyawan; Populasi; Uji T-Test

Full Text:

PDF

References


. Al Rosyid, Harun. 1996. Teknik Penarikan Sampel dan Penyusunan Skala. Bandung: Universitas Padjadjaran.

. Ambarita. 2015. Pengaruh Mutasi terhadap Semangat Kerja Pegawai Negeri Sipil pada Kantor Pelayanan Pajak Pertama Kota Pemantang Siantar. Sumatra Utara: Universitas Sumatra Utara. ISSN : 2085-0328.

. Amrun, A. 2008, Produktivitas dan Budaya Kerja. Retrieved Oktober Rabu, 2015, fromhttp://ahmadiamrun.multiply.com/journal/item/18/090106. Html

. Aris Baharuddin. 2010, Pengaruh Pelatihan, Kompensasi dan Disiplin Kerja terhadap Prestasi Kerja Karyawan pada Kantor PT. PLN (Persero) Area Pelayanan dan Jaringan.

. Karyawan (Studi pada Karyawan PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Cabang Tuban). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 27 No.2 Oktober 2015. Malang: Universitas Brawijaya.

. Kandar, 2011, Penrotasian Pada Karyawan: Jakarta

. Malang indra I. Nandy dan Mac Donald Walangita. 2015, Pengaruh Penilaian Prestasi Kerja dan Bekerja Karyawan terhadadp Pengembangan Karir pada PT. Pegadaian Kanwil V Manado. Jurnal EMBA.Vol. 3 No.1. Hal 984-993.ISSN 2303- 1174

. Pepi Mulita sari, Endang Siti Astuti dan Gunawan Eko Nurtjahjono, 2015, Pengaruh Konflik dan Stres Kerja terhadap Motivasi dan Kinerja.

. Rianto. 2004, Metode Penelitian Sosial dan Hukum. Jakarta: Granit.

. Rivai, 2004, Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan : Dari Teori Ke Praktik. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

. Sarwolo, 1981, Dasar – Dasar Organisasi Dan Manajemen, Jakarta:ghalia Indonesia.

. Sarwoto. 1997, Dasar-Dasar Manajemen Organisasi. Jakarta: Ghalia.

. Sedarmayanti, 2001, Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung: Ilham Jaya.

. Susilawati, 2013, Pengaruh Rotasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Perpustakaan di UPT Perpustakaan Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Skripsi. Fakultas Adab dan Ilmu Budaya. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

. Sutrisno, Edy, 2009, Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana Prenada Media Grub

. Sumarwanto, Antonius, 2011, Analisa Pengembangan Literature Fisip UI Depok

. Sukanto Reksohadiprojo dan Indriyo Gitosudarmo, 2000, Manajemen Produksi. Yogyakarta: BPFE UGM.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Mulkan Yahya Nasution, Wirda Novarika AK, Siti Rahmah Sibuea

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Buletin Utama Teknik

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan, Medan 20217

Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but
Email: bultek@ft.uisu.ac.id

Buletin Utama Teknik is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License