MINIMALISASI BIAYA TRANSPORTASI DISTRIBUSI PRODUK SUSU ULTRA MILK MENGGUNAKAN METODE SAVING MATRIX DAN METODE NEAREST INSERT DI PT. SUMATRA UTAMA INDAH

Siti Rahmah Sibuea, Tri Hernawati, Ariri Alfandi

Abstract


PT Sumatra Utama Indah adalah gudang distributor di kota Medan yang khusus menyimpan produk susu ultra milk. Langka-langkah pengolahan saving matrix yaitu identifikasi matrix jarak, identifikasi matrix penghemat jarak, alokasi tiap konsumen ke rute yang berbeda dapat digabungkan sampai batas kapasitas truk yang ada dan menghitung total jarak, waktu dan biaya distribusi. Sedangkan metode nearest insert hasil output dari metode saving matrix yang diolah kembali dengan ketentuan memilih toko yang kalau dimasukan ke rute yang sudah ada akan menghasilkan jarak yang lebih minimum. Hasil dari penelitian ini mendapatkan total jarak rute awal sebesar 238,6 km sedangkan untuk jarak rute baru sebesar 115,4 km. Kemudian perbandingan waktu pendistribusian rute awal dan rute baru yaitu 21,21 dan 14,71 dan yang terakhir perbandingan biaya bahan bakar rute awal dan rute baru yaitu Rp. 245.758 dan Rp. 118.862. Rute distribusi yang digunakan oleh perusahaan belum optimal dikarenakan saat pendistribusian produk yang dipilih jarak nya jauh dari gudang dan lokasi tujuan selanjutnya jauh dari lokasi sebelumnya yang akan menambah biaya pendistribusian dan waktu pendistribusian sehinggah metode yang digunakan dapat meminimalisasikan jarak dan biaya yang ditempuh oleh perusahaan.


Keywords


Saving Matrix; Nearest Insert; Rute Distribusi; Transportasi

Full Text:

PDF

References


. Azizah, N., & Oesman, I. 2015. Optimalisasi Biaya Distribusi Produk PT. Madubaru dengan Pendekatan Metode Seving Matrix dan Generalized Assgnment. Jurnal Rekayasa dan Inovasil Teknik Industri (REKAVASI), 3(2), 102-107.

. Link, L. A. 2020, Usulan Jadwal Dan Rute Distribusi Bahan Baku Utama Pada Ukm Yamie. http://e-journal.uajy.ac.id/22647/

. Nurseto, S. 2018. Pengaruh Saluran Distribusi dan Promosi Terhadap Kinerja Pemasaran (Studi Kasus Pada UKM Furniture Kota Semarang). Jurnal Administrasi Bisnis, 7(2), 103. https://doi.org/10.14710/jab.v7i2.22695

. Noer, I., & Ilyas, M. 2013. Penentuan Rute Transportasi Terpendek Untuk Meminimalkan Biaya Menggunakan Metode Saving Matriks. Jurnal Ilmiah Teknik Industri, Vol.12, No.2.

. Siregar1, F. H., Susilawati2, A., Arief, D. S., & 3. 2017. Analisa Performance Mesin Screw Press Menggunakan Metoda Overall Equipment Effectiveness (Studi Kasus: Ptpn V Sei Pagar). Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik Universitas Riau, 4(1), 8.

. Hasryono, M. 2009. Evaluasi Efektivitas Mesin Dengan Penerapan Total Productive Maintenance Di PT. Hadi baru. Medan : Universitas Sumatra Utara.

. Didik Wahjudi, 2009. Studi Kasus Peningkatan Overall Equipment Effectiveness (Oee) Melalui Implementasi Total Productive Maintenance (TPM). Universitas Kristen Petra.

. SUKWADI, (2007). Analisis Perbedaan Antara Faktor-Faktor Kinerja Perusahaan Sebelum Dan Sesudah Menerapkan Strategi Total Productive Maintenance(TPM). Universitas Diponegoro.

. Taisir, Osama. 2010. Total Productive Maintenance Review and Overall Equipment Effectiveness Measurement. Jordan Journal of Mechanical and Industrial Engineering, Vol. 4 No. 4: hal 517-522.

. Nakajima, S. 1988, Introduction to Total Productive Maintenance, Productivity Press Inc, Portland.

. Agus Ahyari. 2002. Manajemen Produksi : Perencanaan Sistem Produksi. Yogyakarta. BPFE.

. AS. Corder. 1988. Teknik Manajemen Pemeliharaan. edisa 2. Erlangga, Jakarta.

. Assauri, S. 1999. Manajemen Produksi dan Operasi : Edisi Revisi, Jakarta : Fakultas, Ekonomi Universitas Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Siti Rahmah Sibuea, Tri Hernawati, Ariri Alfandi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Buletin Utama Teknik

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan, Medan 20217

Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but
Email: bultek@ft.uisu.ac.id

Buletin Utama Teknik is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License