PENETAPAN TARIF IDEAL ANGKUTAN PENGIRIMAN BARANG DARI MEDAN KE PADANG MENGGUNAKAN METODE BIAYA OPERASIONAL KENDARAAN DI CV. BUANA TRANS SEJAHTERA

Yusuf Affandi Lubis, Abdurrozzaq Hasibuan, Luthfi Parinduri

Abstract


Transportasi adalah usaha memindahkan, menggerakkan, mengangkut, atau mengalihkan suatu objek dari suatu tempat ke tempat yang lain, dimana tempat yang lain ini objek tersebut lebih bermanfaat atau dapat berguna untuk tujuan-tujuan tertentu. Tarif adalah suatu daftar yang memuat harga-harga untuk para pemakai jasa angkutan yang disusun secara teratur. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penetapan tarif pengiriman barang berdasarkan metode perhitungan biaya operasional kendaraan (BOK) dan menentukan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi besarnya ongkos angkut pengiriman pada CV. Buana Trans Sejahtera. Biaya operasional kendaraan adalah biaya total yang telah dibutuhkan untuk mengoperasikan kendaraan pada suatu kondisi lalu lintas dan jalan untuk satu jenis kendaraan per kilometer jarak tempuh. Metode biaya operasional kendaraan dapat digunakan perusahaan dengan tujuan menghasilkan laba.analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus Biaya Operasional Kendaraan (BOK) dan rumus penentuan tarif dasar. Hasil dari penelitian yang didapatkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi ongkos angkut bio solar ada tiga yaitu jenis kendaraan, jarak tempuh dan kapasitas angkutan. Sesuai dengan perhitungan yang dilakukan berdasarkan Metode Biaya Operasional Kendaraan (BOK) didapatkan Nominal tarif ongkos pengiriman barang dari Medan ke Padang sebesar Rp. 2.705,4/ satu kali pengiriman dengan tujuan yang telah ditentukan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Metode Biaya Operasional Kendaraan (BOK) dapat digunakan sebagai penetapan tarif pengiriman barang pada CV. Buana Trans Sejahtera.


Keywords


Transportasi; Tarif Ideal; Biaya; Opersional; Kendaraan

Full Text:

PDF

References


. Agrista, P., Akhmadali, & Widodo, S., 2018. Transportasi Single-Moda Dan Multimoda (Studi Kasus: Trayek Pontianak-Sintang). JeLAST : Jurnal PWK, Laut, Sipil, Tambang, 5(1), 1–11.

. Algifari, M. I. 2019. Analisis Tarif Kargo Udara Berdasarkan Biaya Operasi Kendaraan ( Bok ) Dan Break Even Point. November, 1–3.

. Andriyanto, A., & Nuraisiyah, N. (2020). Analisis Komparatif Kelayakan Investasi Antara Kendaraan Toyota Avanza Milik Sendiri Dengan Sewa di PT Pindad International Logistics Rute Bandung-Jakarta. Jurnal Logistik Bisnis, 10(1), 61. https://doi.org/10.46369/logistik.v10i1.698

. Asikin, Z. 2013. Hukum Dagang (Kedua). PT. Raja Grafindo Persada.

. Entis Sutisna, S.E., M. M., & Mardianah. 2015, Analisis Penetapan Tarif Ideal Angkutan Pengiriman Beras Raskin Perum Bulog Divre Jabar Berdasarkan Metode Biaya Operasional Kendaraan (BOK). Jurnal Logistik Bisnis Politeknik Pos Indonesia, 6(1), 25–32.

. Giatman, M. 2006. Ekonomi Teknik (A. Aliludin (ed.)). PT. Raja Grafindo Persada.

. Keller, philip kotler, & Lane, K. 2009. Manajemen Pemasaran (Adi Maulana dan Yayat Sri Hayati (ed.); ketiga bel). Penerbit Erlangga.

. Mulyati, E., & Alif, A. I. 2013. Perencanaan Tarif Ideal Pengiriman Barang Berdasarkan Metode Perhitungan Biaya Operasional Kendaraan (BOK). Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 12(54), 213–222.

. Nariendra, P. W., & Rizki., Y. M. 2019. Analisis Tarif Angkutan Barang Rute Deltamas Cikarang - Ciracas Berdasarkan Biaya Operasi Kendaraan. 09(1), 3–6.

. Nasution, M. N. 2004. Manajemen Transportasi (Kedua). Penerbit Ghalia Indonesia.

. Sriastuti, D. A. N., & A. A. Rai Asmani, K. 2015. Biaya Operasional Kendaraan (BOK) Sebagai Dasar Penentuan Tarif Angkutan Umum Penumpang (AUP). Paduraksa, 4(2), 35–40.

. Suliawati, Hernawati, T., & Putri, S. D. 2021. Penentuan Tarif Pengiriman Barang Berdasarkan Metode Perhitungan Biaya Operasional Kendaraan.

. Tjiptono, F. 2014. Pemasaran Jasa. CV. ANDI OFFSET.

. Warokka, R., Pandey, S. V, & Timboeleng, J. A. 2020. Analisa Biaya Operasional Kendaraan (Bok) Angkutan Umum (Studi Kasus: Trayek Manado-Bitung). Jurnal Sipil Statik, 8(2), 191–196.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Yusuf Affandi Lubis, Abdurrozzaq Hasibuan, Luthfi Parinduri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Buletin Utama Teknik

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan, Medan 20217

Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but
Email: bultek@ft.uisu.ac.id

Buletin Utama Teknik is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License