PENGUJIAN TURBIN ANGIN DARRIEUS DI PANTAI MATEMATIK DELI SERDANG DENGAN VARIASI JUMLAH BLADE

Muslih Nasution, M. Rafiq Yanhar, Rusdian Tri Putra

Abstract


Salah satu faktor yang mempengaruhi efisiensi energi yang dibangkitkan adalah jumlah bilah angin. Penelitian ini dapat memberikan reverensi kepada masyarakat secara umum dan khususnya kepada peerancang turbin angin darrieus dengan rumitnya perhitungan dari konstruksi turbin tersebut, mereka dapat memilih konstruksi yang tepat. Dari penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa dperhitungan didapat bahwa turbin dengan sudu 3 buah mampu menghasilkan efisiensi yang lebih baik dibandingkan dengan turbin dengan sudu berjumlah 2 dan 4. Maka dapat dilihat bahwa semakin banyak jumlah sudu turbin tidak menjadi acuan besarnya tingkat efisiensi yang dihasilkan, sebab semakin banyak sudu, maka aliran angina juga dapat terganggu, serta massa dari sudu turbin tersebut juga akan mempengaruhi putaran poros ke generator.Pada grafik Performa Turbin Darrius 2 sudu memperoleh daya masikum sebesar 11,32 watt, pada turbin performa turbin darrius 3 sudu memperoleh daya maksimum sebesar 65 watt, dan pada turbin performa turbin darrius 4 sudu memperoleh daya sebesar 11,92 watt. Pada perbandingan performa turbin Darrius berdasarkan besar kuat arus yang dihasilkan. Kuat arus maksimum ihasilkan oleh turbin Darrius dengan sudu berjumlah 3 buah, dan kuat arus minimum dihasilkan oleh turbin Darrius dengan sudu berjumlah 4 buah. Perbandingan performa turbin Darrius berdasarkan besar voltase yang dihasilkan. Voltase maksimum ihasilkan oleh turbin Darrius dengan sudu berjumlah 4 buah, dan voltase minimum juga dihasilkan oleh turbin Darrius dengan sudu berjumlah 4 buah.Namun dapat dilihat performa turbin yang menghasilkan voltase rata-rata terendah adalah turbin Darrius dengan 2 sudu. Perbandingan performa turbin Darrius berdasarkan besar daya yang dihasilkan. Daya maksimum dihasilkan oleh turbin Darrius dengan sudu berjumlah 3 buah, dan daya minimum juga dihasilkan oleh turbin Darrius dengan sudu berjumlah 4 buah.


Keywords


Energi; Turbin; Angin Darrieus; Sudu; Efisiensi Turbin

Full Text:

PDF

References


. Cut Yana Usmaniar , Desi Ayu,dan Zuryatina Razak, 2009, Studi Eksperimental Perancangan Turbin Angin Multi Blade Sebagai sumber Energi Alternatif ’’ . program Studi Pendidikan Fisika, FKIP Universitas Malikuasaleh.

. Daniel Teguh Rudianto, 2016, Program Studi Teknik Mesin,SekolahTinggi Teknologi Adisutjipto(2016)‘’ Rancang Bangun Turbin Angin Savonius’’Program Studi Teknik Mesin, Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto

. Chamdani Irwan Saputra, Cecep E. Rustana, Hadi Nasbey, 2014, ’Pengembangan Turbin Angin SumbuVertikal Tipe Triple-Stage Savonius Dengan Poros Ganda, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta.

. Firman Aryanto, I Made Mara, Made Nuarsa, 2013, Pengaruh Kecepatan Angin Dan Variasi Jumlah Sudu Terhadap Unjuk Kerja Turbin Angin Poros Horizontal’’Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Mataram.

. Ismail, ErlandaPane Triyanti, 2012, Optimasi Perancangan Turbin Angin Vertikal Tipe Darrieus Untuk Penerangan DiJalan Tol ’’ Jurusan Teknik Mesin, Universitas Pancasila.

. Kaprawi, Fajri Prawira, 2015, Rekayasa Mesin Studi Ekperimental Turbin Darrieus Dengan Sudu JurnalJurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Sriwijaya, Palembang, Sumatera Selatan, Indonesia.

. Nur Aklis, H’mim Syafi’i, Yunika Cahyo Prastiko, 2016, Studi Eksperimen Pengaruh Sudut Pitch Terhadap Performa Turbin Angin Darrieus-H Sumbu Vertikal NACA 0012, Bima Mega Sukmana Teknik Mesin, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

. Sando Krisna Wardani, 2017, Pengaruh Jumlah Blade Terhadap Kinerja Turbin Angin Darrieus Tipe-H Influence Amount Blade To Performance Wind Turbine Darrieus Type-H ’’), Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Nusantara PGRI Kediri .

. Yeni Yusuf Tonglolangi, 2010, Analisis Kinerja Kincir Angin Sederhana Dengan Dua Sudu PorosHorizontal, Fakultas Teknik,Uki Toraja.

. Zaenal Abidin, Heris Syamsuri, 2018 , Uji Eksperimental Pengaruh Lengath Pada Daya Putar Sistem Konversi Energi Turbin Angin Vertical. Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Galuh Ciamis.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Muslih Nasution, M. Rafiq Yanhar, Rusdian Tri Putra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Buletin Utama Teknik

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan, Medan 20217

Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but
Email: bultek@ft.uisu.ac.id

Buletin Utama Teknik is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License