PENGARUH VOLUME KENDARAAN TERHADAP TINGKAT KERUSAKAN JALAN PADA PERKERASAN RIGID DI KOTA TEBING TINGGI

Gunawan Tarigan, Jupriah Sarifah, Ryan Hakim Permana

Abstract


Salah satu factor penyebab degradasi jalan adalah volume lalu lintas.Pada umumnya perkerasan kaku digunakan pada jalan dengan banyak lalu lintas. Dengan lebih banyak mobil di jalan, kemungkinan besar jalan akan cepat rusak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara volume jenis kendaraan dengan jumlah kerusakan jalan pada perkerasan kaku serta pengaruh volume jenis kendaraan terhadap tingkat keparahan kerusakan jalan.Sehingga jumlah kerusakan jalan yang dian ti sipasi dapat diramalkan lebih awal.Analisis volume kendaraan dan tingkat kerusakan jalan dengan menggunakan metode regresi merupakan metode yang digunakan dalam penelitian ini.Untuk mendapatkan.Khusus untuk mengetahui bagaimana hubungan tersebut berfungsi dengan menggunakan nilai R2 (koefisien determinasi), yang menggambarkan besarnya pengaruh perubahan volume variasi jenis kendaraan terhadap perubahan nilai kerusakan jalan. Jl. GnLauser, Jl. Soekarno-Hatta, dan Jl. Kutilang merupakan lokasi penelitian ini. Jumlah jenis kendaraan yang berbeda dan biaya kerusakan jalan berkorelasi. Menurut statistic persentase, persentase kerusakan jalan yang diakibatkan oleh gabungan volume kendaraan ringan dan berat adalah sebesar 83,1%, sedangkan persentase yang disebabkan oleh volume kendaraan berat saja sebesar 74,2%. Jumlah kerusakan akan meningkat seiring dengan bertambahnya jumlah kendaraan.


Keywords


Kerusakan Jalan; Perkerasan Rigid; Volume Kendaraan

Full Text:

PDF

References


. Abdillah, S. H., Jansen, F., & Paransa, M. J. 2013. Jurnal Sipil Statik Vol.1 No7. Studi Pengaruh Pengambilan Angka Ekivalen Beban Kendaraan Pada Perhitungan Tebal Perkerasan Kaku, 505-514.

. Abdul, A. 2012. Radial-Jurnal Peradaban Salns, Rekayasa Dan Teknologi Sekolah Tinggi Teknik. Evaluasi Tingkat Kerusakan Perkerasan Jalan Pada Ruas Jalan Madura Kota Gorontalo, 84-96.

. Fadhilah, N. 2013. Skripsi. Pengaruh Volume Kendaraan Terhadap Tingkat Kerusakan Jalan Pada Perkerasan Rigid Di Kota Semarang, 1-92.

. Lubis, I. T. 2018. Tugas Akhir. Pengaruh Volume Kendaraan Dengan Menggunakan Metode Regresi Liner Berganda, 1-52.

. Manuho, J. A. 2016. Laporan Akhir. Perhitungan Lalu Lintas Harian Rata Rata Pada Ruas Jalan Tumpaan-Lopana, 1-18.

. Maps, G. (2022, 10 25). Google Maps. Retrieved from Google Maps: htto://www.googlemaps.com

. MKJI. 1997. Bina Marga. Manual Kapasitas Jalan Indonesia, Wikepedia.

. Ardiansyah, & Sudiboyo, T. 2020. Analisis Perencanaan Tebal Perkerasan Kaku. Jurnal Teknik Sipil Dan Lingkungan, 17-30.

. Ghozali. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

. Nugroho, A. 2012. Metode Analisis. Studi Kasus Ruas Jalan, 1-12.

. Prayogo, Anang, & Budianto, H. 2018. Penentuan Kriteria Dalam Pemilihan Jenis Perkerasan. Journal Of Civil Engineering, 1-27.

. Safitra, Angelia, P., & Pandey, S. V. (2019). Analisa Pengaruh Beban Berlebih Terhadap Umur Rencana. Jurnal Sipil Statik, 319-28.




DOI: https://doi.org/10.30743/but.v19i3.9876

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Gunawan Tarigan, Jupriah Sarifah, Ryan Hakim Permana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Buletin Utama Teknik

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan, Medan 20217

Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but
Email: bultek@ft.uisu.ac.id

Buletin Utama Teknik is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License