Aplikasi Sistem Pakar Diagnosis Gangguan Perkembangan Pada Anak Usia Dini

Rizal Amegia saputra, Lis Saumi Ramdhani, Rosita Rosita

Abstract


Terdapat banyak jenis gangguan perkembangan pada anak, baik dalam lingkup emosi, kognitif maupun fisik. Selain pengaruh genetik, ternyata lingkungan juga memegang peranan sangat penting. Saat ini banyak sekali ditemukan kasus gangguan perkembangan pada anak akibat terlalu sering terpapar gadget. Gangguan perkembangan pada anak dapat terjadi sementara dalam jangka pendek, jangka panjang atau menetap. Sistem pakar ini dirancang dengan beberapa tahap diantaranya analisa kebutuhan sistem, desain, coding dan testing. Sistem pakar ini direpresentasikan dalam bentuk aturan dan metode penalaran yang digunakan adalah runtut maju (forward chaining) yaitu menarik kesimpulan dari beberapa gangguan yang didapat dari gejala. Hasil keluaran sistem berupa hasil diagnosa gangguan yang diderita dan solusi dari diagnosa.

Keywords


Sistem Pakar, Gangguan Perkembangan Anak Usia Dini, Forward Chaining

Full Text:

PDF

References


Andika, D. (2017). Pengertian Flowchart. Diambil kembali dari Dwiky Andika: https://www.it-jurnal.com/pengertian-flowchart/

Dahria, M., Silalahi, R., & Ramadhan, M. (2013). SISTEM PAKARMETODEDAMSTER SHAFER UNTUK MENENTUKANJENIS GANGGUAN PERKEMBANGAN PADA ANAK. SAINTIKOM.

Daniel, S. (2014, Agustus 05). Unduh Enterprise Architect. Diambil kembali dari Kerjanya: http://www.kerjanya.net/faq/12135-unduh-enterprise-architect-for-uml-gratis-download-enterprise-architect-for-uml.html

Greenit. (2018, Februari 18). Pengertian dan Tipe dari Komponen Diagram. Diambil kembali dari Biar Pinter: www.biarpinter.com/pengetahuan/pengertian-dan-tipe-dari-komponen-diagram/

Hadi, A. F. (2018). ANALISA KETANGKAPAN DAYA INGAT ANAK DENGAN MENGGUNAKAN GAME EDUKASI NON PLAYER CHARACTER “ANI!” BERBASIS ANDROID. Psyche, 55-65.

Hansen, C. &. (2007). Fostering emotional development in early childhood education. Early Childhood Education Journal, 273-278.

Hartati, Sri, & Iswanti, S. (2008). Sistem Pakar & Pengembangannya. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Haryadi, H. B. (2016). Sistem Pakar. Yogyakarta: Deepublish.

Kartono, K. (2007). Psikologi Anak (Psikologi Perkembangan). Bandung: Mandar Maju.

Kusrini. (2008). Aplikasi Sistem Pakar, Menentukan Faktor Kepastian Pengguna dengan Metode Kuantifikasi Pertanyaan. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Lestari, I., & Irawan, H. (2017). ANALISIS DAN DESAIN ELECTRONIC CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (eCRM) BERBASIS WEB GUNA MEMBINA SERTA MENINGKATKAN LOYALITAS PENYEWA .

Mariobd. (2018, Oktober 9). Pengertian dan Komponen Struktur Sistem Pakar. Diambil kembali dari Mariobd: https://www.mariobd.com/2018/09/pengertian-dan-komponen-struktur-sistem-pakar.html

Martani, W. (2012, Juni). Metode Stimulasi dan Perkembangan Emosi Anak Usia Dini. JURNAL PSIKOLOGI, 112-120.

Muhamad, & Oktafianto. (2016). Analisis dan perancangan sistem informasi menggunakan model terstruktur dan UML. Yogyakarta: CV Andi Offset.

N, M., & R, H. (2012). Perancangan Sistem Pakar. Bogor: Ghalia Indonesia.

Nasution, S. W., Hasibuan, N. A., & Ramadhani, P. (2017). SISTEM PAKAR DIAGNOSA ANOREKSIA NERVOSA MENERAPKAN METODE CASE BASED REASONING. Teknik Informatika, 1.

Nurlaela, F. (2013). SISTEM PAKAR UNTUK MENDETEKSI PENYAKIT GIGI PADA MANUSIA.

Rohman, F. F., & Fauzijah, A. (2008). RANCANG BANGUN APLIKASI SISTEM PAKAR UNTUK MENENTUKAN JENIS GANGGUAN PERKEMBANGAN PADA ANAK. Media Informatika, 1-23.

Siswanto. (2010). Buku Kecerdasan tiruan. Graha Ilmu.

Wulandari, T. Y., & Nugroho, G. K. (2012). Sistem Komputerisasi Penggajian Guru Pada Sekolah Menengah Pertama 2 Sambungmacan. 4.

Yesputra, R. (2017). BELAJAR VISUAL BASIC. NET DENGAN VISUAL STUDIO 2010. Kisaran: Royal Asahan Press.




DOI: https://doi.org/10.30743/infotekjar.v3i2.1070

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Rizal Amegia saputra, Lis Saumi Ramdhani, Rosita Rosita

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

InfoTekJar (Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan)

Program Studi Teknik Informatika - Universitas Islam Sumatera Utara
Website : http://jurnal.uisu.ac.id/index.php/infotekjar/index
Email : infotekjar@ft.uisu.ac.id

InfoTekJar : Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License