Filtering Sinyal Suara Gitar Menggunakan Band Pass Filter

Adhif Rayana AR, Wiwid Andriani

Abstract


Pada bidang komunikasi bahwa sinyal suara asli tanpa derau (noise) dikatakan penting dikarenakan memberikan informasi dengan jelas, jika sinyal suara asli telah tercampur derau (noise) maka sinyal suara tersebut menjadi lemah dan akhirnya hilang/tidak berguna. Sehingga untuk mengatasi sinyal suara yang telah berderau (noise) tersebut perlu dilakukan penapisan (filtering) terhadap sinyal suara asli agar sinyal suara asli dapat diterima dengan baik oleh di pendengar/penerima informasi. Maka dari itu penelitian ini dilakukan untuk penapisan (filtering) terhadap sinyal suara asli gitar yang telah tercampur derau (noise) menggunakan metode band pass filter. Dimana metode band pass filter berfungsi untuk meloloskan sinyal terhadap range frekuensi diatas frekuensi batas bawah (fL) dan dibawah frekuensi batas atas (fH). Pada penelitian tersebut metode band pass filtering diterapkan pada file suara gitar berextensi .wav, kemudian hasil filtering dilakukan pembangkitan pada suara asli gitar. Dan dalam proses enkripsi, sinyal informasi yang berupa sinyal analog (domain waktu) dikonversikan kedalam domain frekuensi menggunakan algoritma Fast Fourier Transform (FFT). Dan penapisan (filter) dilakukan dengan filter band pass. Hasil penapisan diperoleh suatu ‘Grafik’ maupun ‘Suara’ yang mendekati Grafik dan Suara asli. Namun demikian perbandingan suara asli dan hasil filtering (penapisan).

 

 


Full Text:

PDF

References


Azhar, K. (2018). IMPLEMENTASI PERBEDAAN SINGNAL OUTPUT DAN INPUT TERHADAP RESPON FREKUENSI PADA, 7.

Hanggarsari, P. N., Fitriawan, H., & Yuniati, Y. (2012). SIMULASI SISTEM PENGACAKAN SINYAL SUARA SECARA REALTIME BERBASIS FAST FOURIER TRANSFORM ( FFT ), (3), 192–198.

Ii, B. A. B., & Pustaka, T. (1989). No Title, 6–22.

Jaringan, P., & Ghz, W. (2016). DESIGN BAND PASS FILTER UNTUK MENGATASI INTERFERENSI, 4, 52–60.




DOI: https://doi.org/10.30743/infotekjar.v4i1.1194

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Adhif Rayana AR, Wiwid Andriani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

InfoTekJar (Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan)

Program Studi Teknik Informatika - Universitas Islam Sumatera Utara
Website : http://jurnal.uisu.ac.id/index.php/infotekjar/index
Email : infotekjar@ft.uisu.ac.id

InfoTekJar : Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License