Aplikasi Simulasi Deteksi Lokasi Parkir Kosong Menggunakan Ektraksi Ciri Objek

Sayuti Rahman, Haida Dafitri

Abstract


Parkir merupakan bagian yang penting baik bagi masyarakat, pengelola parkir dan negara. Bagian penting dalam parkir adalah aspek kebutuhan parkir, desain area parkir, pengawasan parkir dan pengendalian parkir. Negara telah berupaya untuk mengendalikan parkir melalui aturan-aturan yang telah diberlakukan pada pengelolahan parkir.

penelitian ini merancang miniatur parkir beserta kendaraan mobil  yang dilengkapi dengan kamera, mobil adalah miniatur mobil yang memasuki area parkir. Jika terdapat mobil maka terlihat pada aplikasi android atau browser bahwa parkir telah terisi dan aplikasi akan menunjukkan area parkir yang masih kosong. Dari hasil pengujian aplikasi mampu mendeteksi parkir dengan baik sehingga pengguna dapat melihat informasi melalu browser atau smartphone mereka.

Keywords


Ekstraksi Ciri, Visi Komputer, Aplikasi Parkir

Full Text:

PDF

References


Hasibuan, A. Z., Asih, M. S., & Harahap, H. (2019). Penerapan QR Code dan Vigenere Cipher Dalam Sistem Pelaporan Juru Parkir Ilegal. Query: Journal of Information Systems.

_. (1998). Pedoman Perencanaan dan Pengoperasian Fasilitas Parkir. Jakarta: Direktorat Jendral Perhubungan Darat.

Athiyah, U., Muhimmah, I., & Marfianti, E. (2018). Ekstraksi Ciri Polip dan Pendarahan Berdasarkan Citra Endoskopi Kolorektal. Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT Poltek Tegal, 81–85.

Diansyah, T. M., & Ilyanda, E. (2018). Rancangan Media Penyimpanan Berbasis Mikrokontroler Menggunakan Raspberry Pi sebagai Mini Server Portabel. Jurnal Teknologi dan Ilmu Komputer Prima (JUTIKOMP), 123-128.

P. N, A., Sutojo, T., & Muljono. (2017). Pengolahan Citra Digital. Yogyakarta.

Rahman, S., & Sahira, U. (2019). PENGENALAN IRIS MATA MENGGUNAKAN METODE TEMPLATE MATCHING CORRELATION. JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI, 95-102.

Rahman, S., Siregar, R., damayanti, F., & Meilani, M. (2018). Deteksi Lokasi Parkir Kosong Pada Video Real-Time Menggunakan Metode Background Subtraction. Prosiding Seminar Nasional Era Industri (SNEI) 4.0, 1(1), 328-335.

Singh, H., Anand, C., Kumar, V., & Sharma, A. (2014). Automated Parking System With Bluetooth Access. International Journal Of Engineering And, 5773-5775.

Rinanto, L., Sugiharto, A., & Indriyati. (2013). Aplikasi Pendeteksi Objek Lingkaran Pada Citra Dengan Transformasi Hough. Computer Vision, 2(4), 1–9.

Y. Shih, F. (2010). Image Processing and Pattern Recognition. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc., Hoboken




DOI: https://doi.org/10.30743/infotekjar.v4i1.1327

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Sayuti Rahman, Haida Dafitri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

InfoTekJar (Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan)

Program Studi Teknik Informatika - Universitas Islam Sumatera Utara
Website : http://jurnal.uisu.ac.id/index.php/infotekjar/index
Email : infotekjar@ft.uisu.ac.id

InfoTekJar : Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License