Penggunaan Konsep Flat Design pada Markers Semaphore Augmented Reality

Rizky Arif Fauzi, Luky Rafi Anuggilarso, Awal Rafi Hardika, Dhanar Intan Surya Saputra

Abstract


Perkembangan trend desain grafis mulai beralih dari Rich Design menjadi konsep Flat Design, dimana mengusung desain yang minimalis namun tetap mengandung unsur esensial dari desain itu sendiri. Pada penelitian ini menerapkan konsep flat design yang digunakan dalam pembuatan desain markers semaphore augmented reality (SERSAN) dengan harapan tidak hanya objek augmented reality (AR) saja yang mudah dinikmati oleh pengguna, namun informasi yang disajikan melalui desain pada markers juga dapat tersampaikan kepada pengguna secara mudah, informatif dan menarik saat belajar Semaphore. SERSAN merupakan aplikasi media pembelajaran Semaphore yang diperuntukkan sebagai pendukung media pembelajaran saat kegiatan kepramukaan. Proses desain markers SERSAN diawali dari analisis dan pengumpulan data dari para responden yaitu pelatih atau pembina Pramuka, peserta didik ekstrakurikuler Pramuka, hingga programmer SERSAN. Adapun dalam pembuatan desain tetap memperhatikan elemen desain, prinsip desain, filosofi, fungsi dan estetika desain.. Markers akan dibuat sesuai dengan data huruf dalam Semaphore, dari huruf A hingga huruf Z. Hasil akhir desain markers akan diolah hingga tahap produksi markers cetak dan kemasan kartu.


Keywords


augmented realty; flat design; markers; semaphore

Full Text:

PDF

References


B. Irawan and P. Tamara, Dasar-Dasar Desain. Jakarta: Griya Kreasi, 2013.

S. Wang and V. T. Hoa, “An Application of Software Technology towards an Effective Web Design,” Int. J. Eng. Technol., vol. 5, no. 2, 2013.

P. Kotler and G. Armstrong, “Prinsip-prinsip Pemasaran,” in 8, 8th ed., Jakarta: Erlangga, 2012.

A. E. Larasati, “Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Flat Design?,” 2018. [Online]. Available: https://idseducation.com/articles/apa-saja-kelebihan-dan-kekurangan-flat-design/. [Accessed: 03-Jul-2019].

A. L. Turner, “The history of flat design: How efficiency and minimalism turned the digital world flat,” 2014. [Online]. Available: https://thenextweb.com/dd/2014/03/19/history-flat-design-efficiency-minimalism-made-digital-world-flat/. [Accessed: 03-Jul-2019].

S. Fauzia, F. Eka, U. Syaripudin, and Y. Ichsani, “Perancangan Prototype Tampilan Antarmuka Pengguna Aplikasi Web Kamardagang.Com Dengan Teknik Flat Design Pada Pt. Selaras Utama Internasional,” J. Tek. Inform., vol. 9, no. 2, pp. 148–157, 2019.

“Hasil Survei Penetrasi dan Perilaku Pengguna Internet Indonesia 2018,” Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia, 2019. [Online]. Available: https://apjii.or.id/content/read/39/410/Hasil-Survei-Penetrasi-dan-Perilaku-Pengguna-Internet-Indonesia-2018.

R. A. Fauzi, L. R. Anuggilarso, A. R. Hardika, and D. I. S. Saputra, “SERSAN (Semaphore Multi Marker Augmented Reality) : Purwarupa untuk Media Pembelajaran Semaphore,” in Seminar Nasional FKIP Universitas Tidar 2019, 2019.

R. E. Saputro and D. I. S. Saputra, “Pengembangan Media Pembelajaran Mengenal Organ Pencernaan Manusia Menggunakan Teknologi Augmented Reality,” J. Buana Inform., vol. 6, no. 2, 2015.

F. S. Riyadi, A. Sumarudin, and Munengsih Sari Bunga, “Aplikasi 3D Virtual Reality Sebagai Media Pengenalan Kampus Politeknik Negeri Indramayu Berbasis Mobile,” J. Inform. dan Komput., vol. 2, no. 2, pp. 75–82, 2017.

Berlilana, D. I. S. Saputra, and S. W. Widayat, “Mobile Application ‘Pramuka dalam Android’ sebagai Media Pendukung Pembelajaran Materi Pramuka,” in Seminar Nasional Informatika (SEMNASIF) 2015, 2015.

D. I. S. Saputra, E. Utami, and A. Sunyoto, “Penerapan Mobile Augmented Reality Berbasis Cloud Computing Pada Harian Umum Radar Banyumas,” in Seminar Nasional Informatika (SEMNASIF) 2015, 2015.

Buku Panduan Museum Sumpah Pemuda. Jakarta: Museum Sumpah Pemuda, 2009.

A. Zubair, Satya: Ragam Intisari Kepramukaan Super Lengkap. Medan: Perdana Publishing, 2014.

S. Alfino, “Rancang Bangun Alat Peraga Sandi Semaphore dan Sandi Morse Berbasis Mikrokontroler Arduino Mega 2560,” Universitas Lampung, 2018.

Eka, “Kamad Lantik Pramuka Penggalang,” 2018. [Online]. Available: https://kalsel.kemenag.go.id/cetak/518789/Kamad-Lantik-Pramuka-Penggalang. [Accessed: 03-Jul-2019].




DOI: https://doi.org/10.30743/infotekjar.v4i1.1375

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Rizky Arif Fauzi, Luky Rafi Anuggilarso, Awal Rafi Hardika, Dhanar Intan Surya Saputra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

InfoTekJar (Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan)

Program Studi Teknik Informatika - Universitas Islam Sumatera Utara
Website : http://jurnal.uisu.ac.id/index.php/infotekjar/index
Email : infotekjar@ft.uisu.ac.id

InfoTekJar : Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License