Implementasi Metode Weighted Product Untuk Penentuan Mustahiq Zakat

Kunti Eliyen, Fery Sofian Efendi

Abstract


Tujuan dari paper ini adalah untuk mengimplementasikan metode Weighted Product dalam pengambilan keputusan penerima zakat. Zakat merupakan bagian dari harta seseorang, yang menurut agama Islam jika harta tersebut sudah melampaui batas nishab maka diwajibkan kepada pemiliknya untuk diserahkan kepada seseorang yang berhak menerimanya dengan persyaratan tertentu atau disebut dengan mustahiq zakat. Dalam perhitungan Weighted Productdigunakan beberapa kriteria acuan untuk seluruh alternatif dengan melakukan perkalian untuk menghubungkan rating atribut, di mana rating setiap atribut harus dipangkatkan dahulu dengan bobot atribut yang bersangkutan. Hasil akhir perhitungan Weighted Product adalah nilai vektor V, di mana alternatif yang mendapat nilai V tertinggi merupakan alternatif yang diprioritaskan sebagai penerima zakat.


Keywords


mustahiq zakat; weighted product

Full Text:

PDF

References


Didin Hafhiduddin, Zakat dalam Perekonomian Modern, Jakarta: Gema Insani Press, 2002, hlm. 7.

Sholikhah, F., Satyareni, D. H., & Anugerah, C. S. (n.d.). Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Pelanggan Terbaik Menggunakan Metode Simple Additive Weighting ( SAW ) Pada Bravo Supermarket Jombang. 2, 40–50.

Furoida, A., & Sutikno, S. (2018). Sistem Pendukung Keputusan Penerima Zakat Dengan Metode Simple Additive Weighting. InfoTekJar (Jurnal Nasional Informatika Dan Teknologi Jaringan), 2(1), 73–78. https://doi.org/10.30743/infotekjar.v2i1.160

Basri. (2017). Metode Weightd Product (Wp) Dalam Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Beasiswa Prestasi. Jurnal INSYPRO (Information System and Processing), 2(1), 1–6. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/insypro.v2i1.2474.g2610

Ahmadi, A., & Wiyanti, D. T. (2014). Implementasi Weighted Product (WP) dalam Penentuan Penerima Bantuan Langsung Masyarakat PNPM Mandiri Perdesaan. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi, 19–22.

Mubarok, A.H. 2017. Fiqh Idola (1) Terjemah Fathul Qarib. Kediri: Mukjizat.

Kusumadewi, dkk. 2006. Fuzzy Multi-Attribute Decision Making: (Fuzzy MADM). Yogyakarta: Graha Ilmu.

Ahmadi, A., & Wiyanti, D. T. (2014). Implementasi Weighted Product ( WP ) dalam Penentuan Penerima Bantuan Langsung Masyarakat PNPM Mandiri Perdesaan. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI), 19–22.

Roni, Sumijan & Santony, J. (2019). Metode Weighted Product dalam Pemilihan Penerima Beasiswa Bagi. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi), 87–93.




DOI: https://doi.org/10.30743/infotekjar.v4i1.1476

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Kunti Eliyen, Fery Sofian Efendi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

InfoTekJar (Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan)

Program Studi Teknik Informatika - Universitas Islam Sumatera Utara
Website : http://jurnal.uisu.ac.id/index.php/infotekjar/index
Email : infotekjar@ft.uisu.ac.id

InfoTekJar : Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License