Analisis Kualitas Udara untuk Monitoring Kesehatan Lingkungan Rumah Sakit

Khodijah Amiroh, Oktavia Ayu Permata, Farah Zakiyah Rahmanti

Abstract

Kualitas udara merupakan faktor penting dalam kesehatan sanitasi rumah sakit.Rumah sakit merupakan instasi pelayanan kesehatan dengan inti kegitan promotive, preventif, kuratif, dan rehabilitative. Gas CO dan CO2 merupakan salah satu indikator dalam penilaian kesehatan lingkungan sanitasi rumah sakit sesuai dengan Kepmenkes 1204 tahun 2004. Alat monitoring yang dibuat fokus untuk melihat kondisi gas CO dan CO2 secara real-time. Analisis deskriptif dilakukan dengan menggunakan 10 parameter statistik. Selain analisis deksriptif juga menggunakan analisa histrogram. Hasil pengujian yang dilakukan pada tiga kondisi yakni kamar pasien, area parkir, dan pada ruang tunggu mendapat hasil yang bervariasi. Pada kamar pasien didapatkan hasil kualitas udara yang paling baik. Sedangkan pada area parkir mendapatkan hasil yang paling buruk. Pada area ruang tunggu rumah sakit hasil yang didapatkan kadar CO2 yang buruk. Alat pengukuran berdasarkan hasil kalibrasi mengalami error sebesar 15,11% untuk sensor CO dan 24,08% untuk 24,08%. Hasil pengujian pengiriman informasi dari mikrokontroller ke aplikasi meunjukkan hasil error sebesar 2,3%.

Keywords

Kata Kunci : Kualitas udara, CO, CO2, analisis

Full Text:

PDF

References

Indonesia, M. K. (2004). Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 1204/MENKES/SK/X/2004. Menteri Kesehatan Republik Indonesia.

Jonathan A. Bernstein, M. C. (2004). Health effects of air pollution. Environmental and occupational respiratory disorders, 1116 - 1123.

Lisa Jayanti, S. M. (2016). Kesehatan Lingkungan Udara Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Syekh Yusuf Kabupaten Gowa. HIEGENE, 33-40.

Windi Wulandari, A. H. (2015). Angka Kuman Udara dan Lantai Ruang Ramah Inap Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Jurnal Berkala Kesehatan, 13 - 20.

Wulandari, E. (2013). FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEBERADAAN STREPTOCOCCUS DI UDARA PADA RUMAH SUSUN KELURAHAN BANDARHARJO KOTA SEMARANG TAHUN 2013. Unnes Journal of Public Health, 1-9.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.