Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Mahasiswa Penerima Beasiswa menggunakan Metode Fuzzy Multiple Attribute Decision Making (FMADM) dan Simple Additive Weighting (SAW)

Laurentinus Laurentinus

Abstract

Dalam menempuh pendidikan di perguruan tinggi Indonesia, mahasiswa dapat menempuh jalur reguler atau jalur beasiswa. Menurut data PDDIKTI terdapat yang jumlahnya 4.687 perguruan tinggi di Indonesia, salah satunya yaitu STMIK Atma Luhur yang memberikan beasiswa menggunakan kriteria yang berbeda-beda setiap beasiswa. Masalah yang di hadapi saat ini yaitu belum tersedianya sistem yang terkomputerisasi yang dapat menentukan pemberian beasiswa kepada mahasiswa yang berhak mendapatkan mahasiswa. Penelitian ini membahas 2 beasiswa yaitu beasiswa tidak mampu dan beasiswa mahasiswa berprestasi. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu Metode FMADM dalam melakukan pembobotan dan Metode simple additive weighting untuk melakukan perankingan terhadap setiap alternatif sehingga penilaian beasiswa yang lebih akurat dan efisien. Sistem dirancang berbasis web dan android menggunakan bahasa pemrograman opensource sehingga dapat diterapkan diseluruh perguruan tinggi. Hasil dari penelitian ini yaitu bagian kemahasiswaan dapat lebih akurat, efektif dan efisien dalam memberikan beasiswa agar yang mendapatkan beasiswa adalah mahasiswa yang paling layak.

Keywords

Sistem Pendukung Keputusan, Beasiswa, SAW, FMADM, android

Full Text:

PDF Supp

References

Surya, Candra. (2015). Sistem Pendukung Keputusan Rekomendasi Penerima Beasiswa Menggunakan Fuzzy Multi Attribut Decision Making (FMADM) dan Simple Additive Weighting (SAW). Jurnal Rekayasa Elektrika. 11. 149. 10.17529/jre.v11i4.2364.

Arizza Candra, Galih & Rawansyah, Rawansyah & Setyo Astuti, Elly. (2017). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Dengan Metode Fuzzy Multi-Attribute Decision Making Saw. Jurnal Informatika Polinema. 1. 18. 10.33795/jip.v1i3.108.

Yani, Fitri & Yuranda, Yuranda & Pajarini, Peti & Rosmawati, Rosmawati. (2018). Penentuan Beasiswa Pada SMPN 6 Pangkalpinang Menggunakan Metode SAW dan Fuzzy Multi Attribute Decision Making. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi). 2. 437-443. 10.29207/resti.v2i1.325.

Mukhtar, Mukhtar & Munawir, Munawir. (2018). Aplikasi Decision Support System (DSS) dengan Metode Fuzzy Multiple Attribute Decission Making (FMADM) Studi Kasus : AMIK Indonesia Dan STMIK Indonesia. Jurnal JTIK (Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi). 2. 57. 10.35870/jtik.v2i1.54.

Safii, M. (2017). Sistem Pendukung Keputusan Penerima Beasiswa PPA Dan BBM Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW). Jurasik (Jurnal Riset Sistem Informasi dan Teknik Informatika). 2. 75. 10.30645/jurasik.v2i1.21.

Aditya Agassi V, Yoga & Dharma W, Indra & Romlah, Romlah. (2014). SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMAAN BEASISWA DENGAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) DI POLITEKNIK NEGERI MALANG. Jurnal Informatika Polinema. 1. 53. 10.33795/jip.v1i1.91.

Kusumadewi., Sri, Hartati., Sri, Harjoko., Agus, dan

Wardoyo., Retantyo, 2006. Fuzzy Multi Attributte Decision Making (Fuzzy MADM). Graha Ilmu, Yogyakarta.

Deni, Widayanti, Sudana, Oka, dan Sasmita, Arya,

, Analysis and Implementation Fuzzy Multi-Attribute Decision Making SAW Method for Selection of High Achieving Students in Faculty Level. IJCSI International Journal of Computer Science Issues, No 2, Vol. 10, Issue 1.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.