Sistem Informasi Peminjaman Dana Pada Koperasi Karyawan Dengan Pendekatan Sekuensial Linier

Nani Agustina, Entin Sutinah, Rizal Gustiar

Abstract

Koperasi Karyawan XL koperasi yang bergerak dibidang simpan pinjam. Selama ini, sistem transaksi pinjaman masih dilakukan secara manual. Memproses data  dengan cara yang manual dilakukan dengan pencatatan dimana rentan akan kesalahan dalam pencatatan dan akan menyebabkan keterlambatan dalam mengambil keputusan oleh pimpinan koperasi. Penelitian ini bertujuan untuk membuat aplikasi peminjaman di PT. XL Axiata. Sistem informasi dibuat berbasis web dengan teknik pemograman terstruktur, menggunakan bahasa pemograman PHP dan basis data MySQL. Sistem informasi ini disiapkan untuk pengurus koperasi karyawan XL  dengan tujuann memberikan kemudahan penyampaian informasi dari pengurus ke anggota mengenai transaksi pinjaman anggota tersebut. Dengan adanya sebuah sistem informasi dapat memberikan sebuah penyelesaian permasalahan dengan cepat, tepat dan akurat dalam proses pengolah data peminjaman sehingga informasi yang dihasilkan optimal.

Keywords

Sistem Informasi, Peminjaman Dana, Koperasi Karyawan, sekuensial linier

Full Text:

PDF

References

R. Taufiq, Sistem Informasi Manajemen; Konsep Dasar, Anlisis dan Metode Pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2013.

Fathansyah, Basis Data. Bandung: Informatika Bandung, 2012.

T. Sutabri, Analisa Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi Ofiset, 2012.

I. P. A. E. Pratama, Sistem Informasi dan Implementasinya. Bandung: informatika Bandung, 2014.

Tukino, “Rancang Bangun Aplikasi e-CRM Alfamart Batam Dengan Metode Extreme,” InfoTekJar J. Nas. Inform. dan Teknol. Jar., vol. 2, no. 2, pp. 21–31, 2019.

D. Puspitasari, “Rancang Bangun Sistem Informasi Koperasi Simpan Pinjam Karyawan Berbasis Web,” J. Pilar Nusa Mandiri, vol. XI, no. 2, pp. 186–196, 2015.

H. K. Wati and K. Siahaan, “Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Koperasi Simpan Pinjam Berbasis Web Pada Mts Negeri Talang Bakung Kota Jambi,” J. Manaj. Sist. Inf., vol. 2, no. 3, pp. 641–660, 2017.

M. Nursaman, K. A. Intan, and F. Matondang, “Aplikasi Sistem Informasi Koperasi Karyawan Pada Pt.Surya Siam Keramik,” Semin. Nas. Teknol. Inf. dan Multimed., p. 2.10-31-2.10-36, 2018.

O. Sarwengga, J. Abdillah, and I. Yuniar, “Sistem Informasi Akuntansi Simpan Pinjam Berbasis Web (Studi Kasus Pada Koperasi Bina Sejahtera Bandung),” J. Rekayasa Sist. Ind., vol. 1, no. 2, pp. 28–33, 2014.

J. Abdilla and O. B. S, “Aplikasi Sistem Informasi Simpan Pinjam Berbasis Web Pada Koperasi Spbni Syariah,” J. LPKIA, vol. 2, no. 1, pp. 13–19, 2013.

R. A. Sukamto and M. Shalahuddin, Rekayasa Perangkat Lunak Tersrtuktur dan Berbasis Objek. Bandung: Informatika Bandung, 2013.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.