Layanan e-Surat Berbasis Mobile Application di Desa Waru Barat Pamekasan

Badar Said, Fauzan Prasetyo E.P.

Abstract

Pelayanan publik di tingkat pemerintahan desa sampai saat ini masih banyak yang belum memanfaatkan teknologi secara maksimal. Salah satunya untuk pembuatan surat yang dibutuhkan oleh warga desa. Hal ini juga terjadi di Desa Waru Barat Kecamatan Waru Kabupaten Pamekasan. Sering kali warga harus menunggu satu sampai dua hari untuk proses pembuatan surat. Hal itu disebabkan oleh keterbatasan perangkat, lemahnya keahlian sumber daya manusia, serta ketersediaan data yang kurang akurat untuk proses pembuatan surat tersebut. Pemanfaatan teknologi di Desa Waru Barat Kecamatan Waru Kabupaten Pamekasan hanya sebatas penggunaan aplikasi perkantoran dasar, sedangkang disisi lain mayoritas warga sudah menggunakan teknologi gadget terutama para kaum muda.

Dari fakta diatas maka sangat layak dilakukan penerapan e-surat berbasis mobile applicationdi Desa Waru Barat. Setiap warga dapat melakukan permohonan pembuatan surat dari mana saja dan kapan saja melalui gadget masing-masing. Warga hanya memilih jenis surat dan mengisi NIK dan beberapa keterangan tentang surat yang akan dibuat. Aparatur desa juga dimudahkan karena hanya cukup melakukan validasi dan mencetak surat yang telah diisi oleh warga secara online. Pengembangan aplikasi ini menggunakan slim framework, Angular 6, dan Ionic 3.

Setalah dilakukan ujicoba dan beberapa analisis dapat diketahui bahwa masyarakat sangat dimudahkan dengan fasilitas pelayanan yang diberikan oleh kantor desa waru barat, serta dapat membatu aparatur desa karena tidak perlu membuat file surat untuk masing-masing warga yang mengajukan surat. Dari hasil rekap kuesioner System Usability Scale (SUS)yang diisi oleh warga dan aparatur desa menunjukkan rata-rata nilai sebesar 81,hal ini menunjukkan penilaian sangat baik.

Keywords

e-surat, pelayanan, desa, mobile application

Full Text:

PDF

References

Indonesia. Presiden Republik Indonesia, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa. Indonesia: Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia; 2014.

Indonesia. Presiden Republik Indonesia, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik. Indonesia: Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia; 2008.

Y. Sibaroni, M. Imrona, E. B. Setiawan, danF. A. Dzuhri, “Aplikasi Pelayanan Administrasi Penduduk Desa Berbasis Web Programing" Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATi), Yogyakarta, pp. 1-6, Juni 2015.

D. Purnomo, “Model Prototyping Pada Pengembangan Sistem Informasi" JIMP-Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan, Vol.2 No.2, pp. 54-61, Agustus 2017.

A. W.Syahroni dan Ubaidi, “Implementasi Darurat Keamanan Dan Kesehatan Berbasis Mobile Di Desa Waru Barat Pamekasan" InfoTekJar : Jurnal Nasional Informatika Dan Teknologi Jaringan, vol. 3 no. 2, pp. 71-75, Maret 2019.

E. Susilo,F. D. Wijaya, dan R. Hartanto, “Perancangan dan Evaluasi User Interface Aplikasi Smart Grid Berbasis Mobile Application" JNTETI, Vol. 7, No. 2, , pp. 150-157, Mei 2018.

Ubaidi, “Sistem Informasi Presensi Realtime dengan Menggunakan Fingerprint dan SMS Gateway di Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan Madura" Jurnal SPIRIT Vol. 10 No. 2, pp. 66-71, Nopember 2018.

S. Rachmatullahdan I. Gunawan, “Aplikasi Tracer Study Universitas Madura" Jurnal Insand Comtech, Vol. 1, No. 2, pp. 31-37, September 2016.

F. Prasetyo dan U. Fajri, “Aplikasi Manajemen Proyek dengan Metode Critical Path Method (CPM) pada Dekstop dan Android" SEMNASKIT Politeknik Negeri Jember, pp. 180-183, Desember 2015.

N. H. Hari, F. Prasetyo, Hamdlani, “Optimasi Penjadwalan Menggunakan Metode Algoritma Genetika di Sekolah Menengah Kejuruan Annuqayah - Sumenep" QUERY: Jurnal Sistem Informasi Volume: 02, Number: 02, pp. 66-74, Oktober 2018.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.